Gaji Pramugari Per Bulan: Berapa Penghasilan Pramugari?


Gaji Pramugari Per Bulan: Berapa Penghasilan Pramugari?

Menjadi pramugari adalah salah satu pekerjaan impian banyak orang. Selain karena profesi yang menantang, menjadi pramugari juga identik dengan gaya hidup yang glamorous. Namun, berapa sebenarnya gaji pramugari per bulan? Apakah benar gaji pramugari tinggi?

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara lengkap tentang gaji pramugari per bulan. Kita akan mengulas mulai dari gaji pokok, tunjangan, hingga bonus yang diterima pramugari. Kita juga akan membandingkan gaji pramugari di Indonesia dengan gaji pramugari di luar negeri.

Gaji pramugari per bulan bergantung pada banyak faktor, seperti maskapai tempat bekerja, jam terbang, dan pengalaman. Namun secara umum, gaji pramugari di Indonesia berkisar antara Rp5 juta hingga Rp15 juta per bulan. Selain gaji pokok, pramugari juga menerima berbagai tunjangan, seperti tunjangan makan, tunjangan kesehatan, dan tunjangan transportasi.

gaji pramugari per bulan

Gaji pramugari per bulan bervariasi, tergantung pada banyak faktor.

  • Maskapai tempat bekerja
  • Jam terbang
  • Pengalaman
  • Tunjangan
  • Bonus
  • Perbandingan gaji dalam dan luar negeri
  • Gaji pokok Rp5 juta – Rp15 juta
  • Tunjangan makan, kesehatan, transportasi
  • Bonus tahunan, insentif penerbangan

Secara umum, gaji pramugari di Indonesia cukup kompetitif dibandingkan dengan gaji pekerja lainnya. Namun, gaji pramugari di luar negeri biasanya lebih tinggi daripada gaji pramugari di Indonesia.

Maskapai tempat bekerja

Salah satu faktor yang mempengaruhi gaji pramugari per bulan adalah maskapai tempat bekerja.

  • Maskapai penerbangan nasional

    Gaji pramugari di maskapai penerbangan nasional biasanya lebih tinggi daripada gaji pramugari di maskapai penerbangan swasta. Hal ini karena maskapai penerbangan nasional biasanya memiliki lebih banyak rute penerbangan dan lebih banyak penumpang.

  • Maskapai penerbangan internasional

    Gaji pramugari di maskapai penerbangan internasional biasanya lebih tinggi daripada gaji pramugari di maskapai penerbangan nasional. Hal ini karena maskapai penerbangan internasional biasanya memiliki rute penerbangan yang lebih jauh dan lebih banyak penumpang.

  • Maskapai penerbangan budget

    Gaji pramugari di maskapai penerbangan budget biasanya lebih rendah daripada gaji pramugari di maskapai penerbangan nasional dan maskapai penerbangan internasional. Hal ini karena maskapai penerbangan budget biasanya menawarkan harga tiket yang lebih murah dan memiliki lebih sedikit fasilitas.

  • Maskapai penerbangan carter

    Gaji pramugari di maskapai penerbangan carter biasanya lebih tinggi daripada gaji pramugari di maskapai penerbangan nasional, maskapai penerbangan internasional, dan maskapai penerbangan budget. Hal ini karena maskapai penerbangan carter biasanya menawarkan layanan penerbangan khusus dan memiliki lebih sedikit penumpang.

Selain faktor maskapai tempat bekerja, gaji pramugari per bulan juga dipengaruhi oleh faktor-faktor lain, seperti jam terbang, pengalaman, tunjangan, dan bonus.

Jam terbang

Jam terbang adalah salah satu faktor yang mempengaruhi gaji pramugari per bulan. Semakin banyak jam terbang yang dimiliki seorang pramugari, maka semakin tinggi gajinya.

Hal ini karena pramugari yang memiliki jam terbang tinggi dianggap lebih berpengalaman dan lebih terampil dalam menangani berbagai situasi selama penerbangan. Selain itu, pramugari yang memiliki jam terbang tinggi biasanya juga lebih sering ditugaskan untuk terbang pada rute-rute penerbangan yang jauh dan memiliki lebih banyak penumpang.

Berikut adalah beberapa contoh bagaimana jam terbang mempengaruhi gaji pramugari per bulan:

  • Pramugari dengan jam terbang kurang dari 100 jam per bulan biasanya menerima gaji pokok sekitar Rp5 juta.
  • Pramugari dengan jam terbang antara 100-200 jam per bulan biasanya menerima gaji pokok sekitar Rp7 juta.
  • Pramugari dengan jam terbang antara 200-300 jam per bulan biasanya menerima gaji pokok sekitar Rp9 juta.
  • Pramugari dengan jam terbang lebih dari 300 jam per bulan biasanya menerima gaji pokok sekitar Rp12 juta.

Selain gaji pokok, pramugari juga menerima berbagai tunjangan, seperti tunjangan makan, tunjangan kesehatan, dan tunjangan transportasi. Besarnya tunjangan yang diterima pramugari juga tergantung pada jam terbang.

Jam terbang juga mempengaruhi bonus yang diterima pramugari. Pramugari yang memiliki jam terbang tinggi biasanya menerima bonus yang lebih besar daripada pramugari yang memiliki jam terbang rendah.

Pengalaman

Pengalaman adalah salah satu faktor yang mempengaruhi gaji pramugari per bulan. Semakin banyak pengalaman yang dimiliki seorang pramugari, maka semakin tinggi gajinya.

Hal ini karena pramugari yang berpengalaman dianggap lebih terampil dalam menangani berbagai situasi selama penerbangan. Selain itu, pramugari yang berpengalaman biasanya juga lebih sering ditugaskan untuk terbang pada rute-rute penerbangan yang jauh dan memiliki lebih banyak penumpang.

Berikut adalah beberapa contoh bagaimana pengalaman mempengaruhi gaji pramugari per bulan:

  • Pramugari dengan pengalaman kurang dari 1 tahun biasanya menerima gaji pokok sekitar Rp5 juta.
  • Pramugari dengan pengalaman antara 1-3 tahun biasanya menerima gaji pokok sekitar Rp7 juta.
  • Pramugari dengan pengalaman antara 3-5 tahun biasanya menerima gaji pokok sekitar Rp9 juta.
  • Pramugari dengan pengalaman lebih dari 5 tahun biasanya menerima gaji pokok sekitar Rp12 juta.

Selain gaji pokok, pramugari juga menerima berbagai tunjangan, seperti tunjangan makan, tunjangan kesehatan, dan tunjangan transportasi. Besarnya tunjangan yang diterima pramugari juga tergantung pada pengalaman.

Pengalaman juga mempengaruhi bonus yang diterima pramugari. Pramugari yang berpengalaman biasanya menerima bonus yang lebih besar daripada pramugari yang kurang berpengalaman.

Tunjangan

Tunjangan adalah salah satu komponen gaji pramugari per bulan. Tunjangan yang diterima pramugari biasanya meliputi tunjangan makan, tunjangan kesehatan, dan tunjangan transportasi.

Tunjangan makan diberikan kepada pramugari untuk membantu mereka memenuhi kebutuhan makan selama bertugas. Besarnya tunjangan makan yang diterima pramugari tergantung pada maskapai tempat bekerja. Namun, rata-rata tunjangan makan yang diterima pramugari sekitar Rp1 juta per bulan.

Tunjangan kesehatan diberikan kepada pramugari untuk membantu mereka memenuhi kebutuhan kesehatan. Besarnya tunjangan kesehatan yang diterima pramugari juga tergantung pada maskapai tempat bekerja. Namun, rata-rata tunjangan kesehatan yang diterima pramugari sekitar Rp500 ribu per bulan.

Tunjangan transportasi diberikan kepada pramugari untuk membantu mereka memenuhi kebutuhan transportasi selama bertugas. Besarnya tunjangan transportasi yang diterima pramugari juga tergantung pada maskapai tempat bekerja. Namun, rata-rata tunjangan transportasi yang diterima pramugari sekitar Rp500 ribu per bulan.

Selain tunjangan makan, tunjangan kesehatan, dan tunjangan transportasi, beberapa maskapai penerbangan juga memberikan tunjangan lain kepada pramugarinya, seperti tunjangan seragam, tunjangan asuransi, dan tunjangan pensiun.

Bonus

Bonus adalah salah satu komponen gaji pramugari per bulan yang bersifat tidak tetap. Bonus diberikan kepada pramugari sebagai bentuk penghargaan atas kinerja mereka selama bekerja.

Besarnya bonus yang diterima pramugari tergantung pada beberapa faktor, seperti maskapai tempat bekerja, kinerja individu, dan kinerja perusahaan.

Berikut adalah beberapa contoh bagaimana bonus mempengaruhi gaji pramugari per bulan:

  • Pramugari yang bekerja di maskapai penerbangan yang menguntungkan biasanya menerima bonus yang lebih besar daripada pramugari yang bekerja di maskapai penerbangan yang kurang menguntungkan.
  • Pramugari yang memiliki kinerja individu yang baik, seperti memiliki jam terbang tinggi, tingkat kehadiran yang tinggi, dan tidak pernah melakukan pelanggaran, biasanya menerima bonus yang lebih besar daripada pramugari yang memiliki kinerja individu yang kurang baik.
  • Pramugari yang bekerja di perusahaan yang memiliki kinerja yang baik, seperti perusahaan yang mengalami peningkatan laba atau pangsa pasar, biasanya menerima bonus yang lebih besar daripada pramugari yang bekerja di perusahaan yang memiliki kinerja yang kurang baik.

Bonus biasanya diberikan kepada pramugari pada saat-saat tertentu, seperti pada saat hari raya, pada saat ulang tahun perusahaan, atau pada saat perusahaan mencapai target tertentu.

Perbandingan gaji dalam dan luar negeri

Gaji pramugari per bulan di Indonesia berbeda dengan gaji pramugari per bulan di luar negeri. Secara umum, gaji pramugari di luar negeri lebih tinggi daripada gaji pramugari di Indonesia.

Berikut adalah beberapa contoh perbandingan gaji pramugari per bulan di Indonesia dan di luar negeri:

  • Pramugari di Indonesia biasanya menerima gaji pokok sekitar Rp5 juta hingga Rp15 juta per bulan.
  • Pramugari di Singapura biasanya menerima gaji pokok sekitar SGD3.000 hingga SGD5.000 per bulan.
  • Pramugari di Malaysia biasanya menerima gaji pokok sekitar RM3.000 hingga RM5.000 per bulan.
  • Pramugari di Australia biasanya menerima gaji pokok sekitar AUD4.000 hingga AUD6.000 per bulan.
  • Pramugari di Amerika Serikat biasanya menerima gaji pokok sekitar USD3.000 hingga USD5.000 per bulan.

Perbedaan gaji pramugari per bulan di Indonesia dan di luar negeri disebabkan oleh beberapa faktor, seperti biaya hidup, tingkat permintaan, dan kebijakan pemerintah.

Gaji pokok Rp5 juta – Rp15 juta

Gaji pokok pramugari di Indonesia berkisar antara Rp5 juta hingga Rp15 juta per bulan. Besaran gaji pokok yang diterima pramugari tergantung pada beberapa faktor, seperti maskapai tempat bekerja, jam terbang, dan pengalaman.

  • Maskapai tempat bekerja

    Gaji pokok pramugari di maskapai penerbangan nasional biasanya lebih tinggi daripada gaji pokok pramugari di maskapai penerbangan swasta. Hal ini karena maskapai penerbangan nasional biasanya memiliki lebih banyak rute penerbangan dan lebih banyak penumpang.

  • Jam terbang

    Semakin banyak jam terbang yang dimiliki seorang pramugari, maka semakin tinggi gaji pokok yang diterimanya. Hal ini karena pramugari yang memiliki jam terbang tinggi dianggap lebih berpengalaman dan lebih terampil dalam menangani berbagai situasi selama penerbangan.

  • Pengalaman

    Semakin banyak pengalaman yang dimiliki seorang pramugari, maka semakin tinggi gaji pokok yang diterimanya. Hal ini karena pramugari yang berpengalaman dianggap lebih terampil dalam menangani berbagai situasi selama penerbangan dan lebih mampu memberikan pelayanan yang baik kepada penumpang.

  • Kinerja

    Pramugari yang memiliki kinerja yang baik, seperti memiliki tingkat kehadiran yang tinggi, tidak pernah melakukan pelanggaran, dan selalu mendapatkan penilaian yang baik dari penumpang, biasanya menerima gaji pokok yang lebih tinggi daripada pramugari yang memiliki kinerja yang kurang baik.

Selain gaji pokok, pramugari juga menerima berbagai tunjangan, seperti tunjangan makan, tunjangan kesehatan, dan tunjangan transportasi. Besarnya tunjangan yang diterima pramugari juga tergantung pada beberapa faktor, seperti maskapai tempat bekerja, jam terbang, dan pengalaman.

Tunjangan makan, kesehatan, transportasi

Selain gaji pokok, pramugari juga menerima berbagai tunjangan, seperti tunjangan makan, tunjangan kesehatan, dan tunjangan transportasi.

  • Tunjangan makan

    Tunjangan makan diberikan kepada pramugari untuk membantu mereka memenuhi kebutuhan makan selama bertugas. Besarnya tunjangan makan yang diterima pramugari tergantung pada maskapai tempat bekerja. Namun, rata-rata tunjangan makan yang diterima pramugari sekitar Rp1 juta per bulan.

  • Tunjangan kesehatan

    Tunjangan kesehatan diberikan kepada pramugari untuk membantu mereka memenuhi kebutuhan kesehatan. Besarnya tunjangan kesehatan yang diterima pramugari juga tergantung pada maskapai tempat bekerja. Namun, rata-rata tunjangan kesehatan yang diterima pramugari sekitar Rp500 ribu per bulan.

  • Tunjangan transportasi

    Tunjangan transportasi diberikan kepada pramugari untuk membantu mereka memenuhi kebutuhan transportasi selama bertugas. Besarnya tunjangan transportasi yang diterima pramugari juga tergantung pada maskapai tempat bekerja. Namun, rata-rata tunjangan transportasi yang diterima pramugari sekitar Rp500 ribu per bulan.

  • Tunjangan lainnya

    Selain tunjangan makan, tunjangan kesehatan, dan tunjangan transportasi, beberapa maskapai penerbangan juga memberikan tunjangan lain kepada pramugarinya, seperti tunjangan seragam, tunjangan asuransi, dan tunjangan pensiun.

Tunjangan-tunjangan tersebut diberikan kepada pramugari untuk membantu mereka memenuhi kebutuhan hidup dan untuk meningkatkan kesejahteraan mereka.

Bonus tahunan, insentif penerbangan

Selain gaji pokok dan tunjangan, pramugari juga menerima bonus tahunan dan insentif penerbangan.

Bonus tahunan diberikan kepada pramugari sebagai bentuk penghargaan atas kinerja mereka selama setahun. Besarnya bonus tahunan yang diterima pramugari tergantung pada beberapa faktor, seperti kinerja individu, kinerja perusahaan, dan kebijakan perusahaan.

Insentif penerbangan diberikan kepada pramugari sebagai bentuk penghargaan atas setiap penerbangan yang mereka lakukan. Besarnya insentif penerbangan yang diterima pramugari tergantung pada beberapa faktor, seperti jarak penerbangan, lama penerbangan, dan jenis penerbangan.

Bonus tahunan dan insentif penerbangan merupakan komponen gaji pramugari per bulan yang bersifat tidak tetap. Namun, bonus tahunan dan insentif penerbangan dapat memberikan tambahan penghasilan yang cukup signifikan bagi pramugari.

Berikut adalah beberapa contoh bagaimana bonus tahunan dan insentif penerbangan mempengaruhi gaji pramugari per bulan:

  • Pramugari yang memiliki kinerja yang baik, seperti memiliki jam terbang tinggi, tingkat kehadiran yang tinggi, dan tidak pernah melakukan pelanggaran, biasanya menerima bonus tahunan dan insentif penerbangan yang lebih besar daripada pramugari yang memiliki kinerja yang kurang baik.
  • Pramugari yang bekerja di perusahaan yang memiliki kinerja yang baik, seperti perusahaan yang mengalami peningkatan laba atau pangsa pasar, biasanya menerima bonus tahunan dan insentif penerbangan yang lebih besar daripada pramugari yang bekerja di perusahaan yang memiliki kinerja yang kurang baik.
  • Pramugari yang sering terbang pada rute-rute penerbangan yang jauh dan lama, biasanya menerima insentif penerbangan yang lebih besar daripada pramugari yang sering terbang pada rute-rute penerbangan yang dekat dan pendek.

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang gaji pramugari per bulan:

Question 1: Berapa gaji pokok pramugari per bulan?
Answer 1: Gaji pokok pramugari per bulan di Indonesia berkisar antara Rp5 juta hingga Rp15 juta. Besaran gaji pokok yang diterima pramugari tergantung pada beberapa faktor, seperti maskapai tempat bekerja, jam terbang, dan pengalaman.

Question 2: Apa saja tunjangan yang diterima pramugari?
Answer 2: Tunjangan yang diterima pramugari meliputi tunjangan makan, tunjangan kesehatan, tunjangan transportasi, dan tunjangan lainnya seperti tunjangan seragam, tunjangan asuransi, dan tunjangan pensiun.

Question 3: Apakah pramugari menerima bonus?
Answer 3: Ya, pramugari menerima bonus tahunan dan insentif penerbangan. Besarnya bonus tahunan dan insentif penerbangan yang diterima pramugari tergantung pada beberapa faktor, seperti kinerja individu, kinerja perusahaan, dan kebijakan perusahaan.

Question 4: Berapa gaji pramugari per bulan di luar negeri?
Answer 4: Gaji pramugari per bulan di luar negeri biasanya lebih tinggi daripada gaji pramugari per bulan di Indonesia. Misalnya, gaji pokok pramugari di Singapura berkisar antara SGD3.000 hingga SGD5.000 per bulan, sedangkan gaji pokok pramugari di Australia berkisar antara AUD4.000 hingga AUD6.000 per bulan.

Question 5: Apa saja faktor yang mempengaruhi gaji pramugari per bulan?
Answer 5: Faktor-faktor yang mempengaruhi gaji pramugari per bulan meliputi maskapai tempat bekerja, jam terbang, pengalaman, kinerja, dan kebijakan perusahaan.

Question 6: Bagaimana cara menjadi pramugari?
Answer 6: Untuk menjadi pramugari, Anda harus memenuhi beberapa persyaratan, seperti memiliki tinggi badan minimal 160 cm, berat badan ideal, tidak memiliki tato atau tindikan yang terlihat, dan memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik. Anda juga harus mengikuti pelatihan pramugari yang diselenggarakan oleh maskapai penerbangan.

Question 7: Apa saja kelebihan dan kekurangan menjadi pramugari?
Answer 7: Kelebihan menjadi pramugari meliputi gaji yang tinggi, tunjangan yang lengkap, dan kesempatan untuk bepergian ke berbagai tempat. Kekurangan menjadi pramugari meliputi jam kerja yang tidak teratur, risiko kecelakaan kerja, dan jauh dari keluarga.

Demikian beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang gaji pramugari per bulan. Semoga bermanfaat.

Jika Anda tertarik untuk menjadi pramugari, ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan peluang Anda untuk diterima bekerja, seperti mempersiapkan diri dengan baik untuk mengikuti pelatihan pramugari, menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, dan belajar bahasa Inggris dengan baik.

Tips

Jika Anda tertarik untuk menjadi pramugari dan ingin mendapatkan gaji yang tinggi, ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan:

Tip 1: Pilih maskapai penerbangan yang tepat
Pilihlah maskapai penerbangan yang memiliki reputasi baik dan menawarkan gaji dan tunjangan yang kompetitif. Anda dapat mencari informasi tentang gaji dan tunjangan pramugari di berbagai maskapai penerbangan melalui internet atau dari teman-teman yang bekerja sebagai pramugari.

Tip 2: Tingkatkan jam terbang Anda
Semakin banyak jam terbang yang Anda miliki, semakin tinggi gaji yang akan Anda terima. Oleh karena itu, usahakan untuk meningkatkan jam terbang Anda dengan sering mengajukan diri untuk terbang. Anda juga dapat meminta kepada maskapai penerbangan untuk memberikan Anda lebih banyak jam terbang.

Tip 3: Dapatkan pengalaman
Pengalaman bekerja sebagai pramugari juga akan mempengaruhi gaji yang Anda terima. Oleh karena itu, usahakan untuk mendapatkan pengalaman bekerja sebagai pramugari selama mungkin. Anda dapat memulai dengan bekerja sebagai pramugari magang atau pramugari kontrak. Setelah Anda memiliki cukup pengalaman, Anda dapat melamar pekerjaan sebagai pramugari tetap.

Tip 4: Jaga kinerja Anda
Kinerja Anda sebagai pramugari juga akan mempengaruhi gaji yang Anda terima. Oleh karena itu, usahakan untuk selalu menjaga kinerja Anda dengan baik. Anda dapat melakukannya dengan selalu bersikap ramah dan profesional kepada penumpang, selalu tepat waktu, dan selalu mematuhi peraturan maskapai penerbangan.

Tip 5: Manfaatkan bonus dan insentif
Bonus dan insentif penerbangan merupakan komponen gaji pramugari per bulan yang bersifat tidak tetap. Namun, bonus dan insentif penerbangan dapat memberikan tambahan penghasilan yang cukup signifikan bagi pramugari. Oleh karena itu, usahakan untuk selalu memanfaatkan bonus dan insentif penerbangan yang ditawarkan oleh maskapai penerbangan tempat Anda bekerja.

Demikian beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan gaji pramugari per bulan. Semoga bermanfaat.

Gaji pramugari per bulan dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor, seperti maskapai tempat bekerja, jam terbang, pengalaman, kinerja, dan kebijakan perusahaan. Namun, dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan gaji pramugari per bulan yang tinggi.

Conclusion

Gaji pramugari per bulan dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor, seperti maskapai tempat bekerja, jam terbang, pengalaman, kinerja, dan kebijakan perusahaan. Namun, secara umum, gaji pramugari di Indonesia berkisar antara Rp5 juta hingga Rp15 juta per bulan. Selain gaji pokok, pramugari juga menerima berbagai tunjangan, seperti tunjangan makan, tunjangan kesehatan, dan tunjangan transportasi. Pramugari juga berpeluang untuk mendapatkan bonus tahunan dan insentif penerbangan.

Jika Anda tertarik untuk menjadi pramugari dan ingin mendapatkan gaji yang tinggi, ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan, seperti memilih maskapai penerbangan yang tepat, meningkatkan jam terbang, mendapatkan pengalaman, menjaga kinerja, dan memanfaatkan bonus dan insentif.

Menjadi pramugari adalah pekerjaan yang menantang, tetapi juga menyenangkan. Pramugari memiliki kesempatan untuk bertemu dengan orang-orang baru dari berbagai negara dan bepergian ke berbagai tempat. Jika Anda memiliki minat yang tinggi terhadap dunia penerbangan dan ingin bekerja di bidang jasa, maka pramugari mungkin merupakan pilihan karier yang tepat untuk Anda.

Images References :

Check Also

apa itu welder

Apa Itu Welder dan Teknik Pengelasannya

Welding adalah proses penyambungan logam atau melarutkan logam dengan menggunakan tekanan dan suhu tinggi sehingga …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *