Gaji Kereta Api: Panduan Lengkap untuk Karir yang Menarik


Gaji Kereta Api: Panduan Lengkap untuk Karir yang Menarik

Kereta api telah menjadi bagian integral dari kehidupan kita, menyediakan moda transportasi andal dan terjangkau bagi jutaan orang di seluruh dunia. Jika Anda tertarik dengan karier di bidang transportasi, kereta api mungkin menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara rinci tentang gaji kereta api, termasuk besaran gaji rata-rata, faktor-faktor yang memengaruhi gaji, dan prospek karier di bidang ini. Jadi, jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang gaji kereta api, jangan lewatkan artikel ini!

Sekarang, mari kita menyelami lebih dalam dan mempelajari lebih lanjut tentang gaji kereta api, mulai dari besaran gaji rata-rata hingga faktor-faktor yang memengaruhi gaji.

gaji kereta api

Berikut ini adalah 8 poin penting tentang gaji kereta api:

  • Rata-rata kompetitif
  • Variasi tergantung posisi
  • Pengalaman dan keterampilan
  • Lokasi dan perusahaan
  • Tunjangan dan bonus
  • Potensi kenaikan gaji
  • Prospek karier yang baik
  • Stabilitas pekerjaan

Itulah 8 poin penting tentang gaji kereta api. Jika Anda tertarik dengan karier di bidang ini, jangan ragu untuk mencari informasi lebih lanjut dan mengejar impian Anda!

Rata-Rata Kompetitif

Salah satu aspek yang paling menarik dari gaji kereta api adalah sifatnya yang kompetitif. Rata-rata gaji untuk pekerja kereta api di Indonesia berada di atas rata-rata gaji pekerja di sektor lainnya. Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS), pada tahun 2021, rata-rata gaji pekerja kereta api di Indonesia mencapai Rp6.000.000 per bulan. Angka ini jauh lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata gaji pekerja di sektor formal lainnya, yang hanya sekitar Rp4.500.000 per bulan.

Selain itu, gaji pekerja kereta api juga cenderung lebih stabil dibandingkan dengan gaji pekerja di sektor lainnya. Hal ini disebabkan karena kereta api merupakan sektor yang sangat penting bagi perekonomian Indonesia. Oleh karena itu, pemerintah selalu memastikan bahwa pekerja kereta api mendapatkan gaji yang layak dan kompetitif.

Namun, perlu dicatat bahwa rata-rata gaji pekerja kereta api dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor tertentu, seperti jabatan, lokasi kerja, dan perusahaan tempat bekerja. Sebagai contoh, pekerja kereta api yang bekerja di wilayah Jabodetabek cenderung mendapatkan gaji yang lebih tinggi dibandingkan dengan pekerja kereta api yang bekerja di wilayah lainnya. Selain itu, pekerja kereta api yang bekerja di perusahaan swasta cenderung mendapatkan gaji yang lebih tinggi dibandingkan dengan pekerja kereta api yang bekerja di perusahaan pemerintah.

Meskipun demikian, rata-rata gaji pekerja kereta api secara keseluruhan masih dapat dikatakan kompetitif. Oleh karena itu, jika Anda tertarik dengan karier di sektor ini, jangan ragu untuk mengejar impian Anda!

Demikian penjelasan secara rinci mengenai rata-rata gaji kompetitif di sektor kereta api. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk bertanya. Salam sukses!

Variasi Tergantung Posisi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, gaji pekerja kereta api dapat bervariasi tergantung pada posisi yang mereka jabat. Berikut ini adalah beberapa contoh posisi pekerjaan di sektor kereta api beserta kisaran gaji yang umum ditawarkan:

  • Masinis

    Masinis adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengoperasikan lokomotif kereta api. Gaji rata-rata untuk masinis di Indonesia berkisar antara Rp7.000.000 hingga Rp10.000.000 per bulan.

  • Asisten Masinis

    Asisten masinis adalah orang yang membantu masinis dalam mengoperasikan lokomotif kereta api. Gaji rata-rata untuk asisten masinis di Indonesia berkisar antara Rp5.000.000 hingga Rp7.000.000 per bulan.

  • Kondektur

    Kondektur adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengawasi penumpang dan memastikan keselamatan mereka selama perjalanan kereta api. Gaji rata-rata untuk kondektur di Indonesia berkisar antara Rp4.000.000 hingga Rp6.000.000 per bulan.

  • Petugas Stasiun

    Petugas stasiun adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengelola stasiun kereta api dan memastikan kelancaran perjalanan kereta api. Gaji rata-rata untuk petugas stasiun di Indonesia berkisar antara Rp3.000.000 hingga Rp5.000.000 per bulan.

Perlu dicatat bahwa kisaran gaji yang disebutkan di atas hanyalah rata-rata. Gaji yang sebenarnya dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti pengalaman, keterampilan, lokasi kerja, dan perusahaan tempat bekerja.

Pengalaman dan Keterampilan

Pengalaman dan keterampilan memainkan peran penting dalam menentukan gaji pekerja kereta api. Semakin banyak pengalaman dan keterampilan yang dimiliki, semakin tinggi pula gaji yang dapat diperoleh. Hal ini disebabkan karena pekerja kereta api yang berpengalaman dan memiliki keterampilan yang tinggi cenderung lebih produktif dan efisien dalam pekerjaannya.

Sebagai contoh, masinis yang berpengalaman dan memiliki keterampilan yang tinggi dapat mengoperasikan lokomotif kereta api dengan lebih aman dan efisien. Hal ini dapat mengurangi risiko kecelakaan dan keterlambatan perjalanan kereta api. Selain itu, masinis yang berpengalaman dan memiliki keterampilan yang tinggi juga dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada penumpang.

Oleh karena itu, jika Anda ingin mendapatkan gaji yang tinggi sebagai pekerja kereta api, sangat penting untuk terus meningkatkan pengalaman dan keterampilan Anda. Anda dapat memperoleh pengalaman dengan bekerja di sektor kereta api selama bertahun-tahun. Selain itu, Anda juga dapat mengikuti pelatihan dan pendidikan untuk meningkatkan keterampilan Anda.

Berikut ini adalah beberapa keterampilan yang penting bagi pekerja kereta api:

  • Keterampilan teknis, seperti pengetahuan tentang mesin dan peralatan kereta api.
  • Keterampilan komunikasi, seperti kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif dengan penumpang dan rekan kerja.
  • Keterampilan pemecahan masalah, seperti kemampuan untuk mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah yang terjadi selama perjalanan kereta api.
  • Keterampilan kerja sama tim, seperti kemampuan untuk bekerja sama dengan rekan kerja untuk memastikan keselamatan dan kelancaran perjalanan kereta api.

Jika Anda memiliki pengalaman dan keterampilan yang dibutuhkan, Anda dapat yakin bahwa Anda akan mendapatkan gaji yang tinggi sebagai pekerja kereta api.

Lokasi dan Perusahaan

Lokasi dan perusahaan tempat bekerja juga dapat memengaruhi gaji pekerja kereta api. Secara umum, pekerja kereta api yang bekerja di wilayah Jabodetabek cenderung mendapatkan gaji yang lebih tinggi dibandingkan dengan pekerja kereta api yang bekerja di wilayah lainnya. Hal ini disebabkan karena biaya hidup di Jabodetabek lebih tinggi dibandingkan dengan biaya hidup di wilayah lainnya.

  • Perusahaan BUMN

    Pegawai kereta api yang bekerja di perusahaan BUMN, seperti PT Kereta Api Indonesia (Persero), umumnya mendapatkan gaji yang lebih tinggi dibandingkan dengan pegawai kereta api yang bekerja di perusahaan swasta. Hal ini disebabkan karena perusahaan BUMN memiliki skala usaha yang lebih besar dan memiliki lebih banyak sumber daya.

  • Perusahaan Swasta

    Pegawai kereta api yang bekerja di perusahaan swasta, seperti PT Railink, PT KAI Commuter Jabodetabek, dan PT Kereta Api Logistik, umumnya mendapatkan gaji yang lebih rendah dibandingkan dengan pegawai kereta api yang bekerja di perusahaan BUMN. Namun, beberapa perusahaan swasta mungkin menawarkan gaji yang lebih tinggi untuk menarik pekerja yang berkualitas.

  • Lokasi Jabodetabek

    Pegawai kereta api yang bekerja di wilayah Jabodetabek, seperti Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi, umumnya mendapatkan gaji yang lebih tinggi dibandingkan dengan pegawai kereta api yang bekerja di wilayah lainnya. Hal ini disebabkan karena biaya hidup di Jabodetabek lebih tinggi dibandingkan dengan biaya hidup di wilayah lainnya.

  • Lokasi Luar Jabodetabek

    Pegawai kereta api yang bekerja di wilayah luar Jabodetabek, seperti Bandung, Semarang, Surabaya, dan Medan, umumnya mendapatkan gaji yang lebih rendah dibandingkan dengan pegawai kereta api yang bekerja di wilayah Jabodetabek. Namun, beberapa kota besar di luar Jabodetabek mungkin menawarkan gaji yang lebih tinggi untuk menarik pekerja yang berkualitas.

Perlu dicatat bahwa gaji pekerja kereta api dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor lain, seperti posisi, pengalaman, dan keterampilan. Namun, lokasi dan perusahaan tempat bekerja dapat menjadi faktor yang cukup signifikan dalam menentukan gaji pekerja kereta api.

Tunjangan dan Bonus

Selain gaji pokok, pekerja kereta api juga berhak mendapatkan tunjangan dan bonus. Tunjangan dan bonus yang diberikan kepada pekerja kereta api dapat bervariasi tergantung pada perusahaan tempat bekerja dan posisi yang dijabat. Namun, secara umum, tunjangan dan bonus yang diberikan kepada pekerja kereta api meliputi:

  • Tunjangan jabatan

    Tunjangan jabatan adalah tunjangan yang diberikan kepada pekerja kereta api berdasarkan posisi atau jabatan yang dijabat. Besaran tunjangan jabatan dapat bervariasi tergantung pada posisi atau jabatan yang dijabat.

  • Tunjangan transportasi

    Tunjangan transportasi adalah tunjangan yang diberikan kepada pekerja kereta api untuk biaya transportasi pergi dan pulang kerja. Besaran tunjangan transportasi dapat bervariasi tergantung pada jarak tempuh antara rumah dan tempat kerja.

  • Tunjangan makan

    Tunjangan makan adalah tunjangan yang diberikan kepada pekerja kereta api untuk biaya makan selama bekerja. Besaran tunjangan makan dapat bervariasi tergantung pada lama waktu kerja.

  • Bonus tahunan

    Bonus tahunan adalah bonus yang diberikan kepada pekerja kereta api pada akhir tahun. Besaran bonus tahunan dapat bervariasi tergantung pada kinerja perusahaan dan kinerja individu pekerja kereta api.

Tunjangan dan bonus yang diberikan kepada pekerja kereta api dapat menjadi tambahan yang cukup signifikan terhadap gaji pokok yang diterima. Oleh karena itu, tunjangan dan bonus dapat menjadi faktor yang menarik bagi pekerja kereta api.

Potensi Kenaikan Gaji

Salah satu keuntungan bekerja di sektor kereta api adalah adanya potensi kenaikan gaji yang cukup baik. Pekerja kereta api yang berprestasi baik dan memiliki kinerja yang tinggi dapat memperoleh kenaikan gaji secara berkala. Kenaikan gaji yang diberikan dapat berupa kenaikan gaji pokok, kenaikan tunjangan, atau keduanya.

  • Kenaikan gaji pokok

    Kenaikan gaji pokok adalah kenaikan gaji yang diberikan kepada pekerja kereta api berdasarkan masa kerja dan kinerja. Besaran kenaikan gaji pokok dapat bervariasi tergantung pada kebijakan perusahaan tempat bekerja.

  • Kenaikan tunjangan

    Kenaikan tunjangan adalah kenaikan gaji yang diberikan kepada pekerja kereta api berdasarkan posisi atau jabatan yang dijabat. Besaran kenaikan tunjangan dapat bervariasi tergantung pada kebijakan perusahaan tempat bekerja.

  • Kenaikan gaji berkala

    Kenaikan gaji berkala adalah kenaikan gaji yang diberikan kepada pekerja kereta api secara berkala, biasanya setiap tahun. Besaran kenaikan gaji berkala dapat bervariasi tergantung pada kebijakan perusahaan tempat bekerja.

  • Kenaikan gaji prestasi

    Kenaikan gaji prestasi adalah kenaikan gaji yang diberikan kepada pekerja kereta api yang berprestasi baik dan memiliki kinerja yang tinggi. Besaran kenaikan gaji prestasi dapat bervariasi tergantung pada kebijakan perusahaan tempat bekerja.

Dengan adanya potensi kenaikan gaji yang cukup baik, pekerja kereta api dapat terus meningkatkan pendapatan mereka seiring dengan bertambahnya pengalaman dan kinerjanya.

Prospek Karier yang Baik

Selain gaji yang kompetitif dan potensi kenaikan gaji yang cukup baik, sektor kereta api juga menawarkan prospek karier yang cerah. Pekerja kereta api yang berprestasi baik dan memiliki kinerja yang tinggi dapat memperoleh promosi jabatan dan tanggung jawab yang lebih besar. Jenjang karier di sektor kereta api sangat jelas dan terstruktur, sehingga pekerja kereta api dapat dengan mudah merencanakan karier mereka.

Berikut ini adalah beberapa contoh jenjang karier di sektor kereta api:

  • Masinis pemula

    Masinis pemula adalah pekerja kereta api yang baru saja lulus dari pendidikan dan pelatihan masinis. Masinis pemula biasanya ditempatkan di lokomotif kecil dan beroperasi di jalur-jalur pendek.

  • Masinis berpengalaman

    Masinis berpengalaman adalah pekerja kereta api yang sudah memiliki pengalaman bekerja sebagai masinis selama beberapa tahun. Masinis berpengalaman biasanya ditempatkan di lokomotif besar dan beroperasi di jalur-jalur panjang.

  • Asisten masinis

    Asisten masinis adalah pekerja kereta api yang membantu masinis dalam mengoperasikan lokomotif kereta api. Asisten masinis biasanya ditugaskan untuk memantau peralatan lokomotif dan membantu masinis dalam mengendalikan kereta api.

  • Kondektur

    Kondektur adalah pekerja kereta api yang bertanggung jawab untuk mengawasi penumpang dan memastikan keselamatan mereka selama perjalanan kereta api. Kondektur biasanya ditugaskan untuk memeriksa tiket penumpang, mengumumkan pemberhentian stasiun, dan membantu penumpang naik dan turun kereta api.

  • Petugas stasiun

    Petugas stasiun adalah pekerja kereta api yang bertanggung jawab untuk mengelola stasiun kereta api dan memastikan kelancaran perjalanan kereta api. Petugas stasiun biasanya ditugaskan untuk mengatur jadwal kereta api, melayani penumpang, dan menangani masalah-masalah yang terjadi di stasiun kereta api.

Dengan adanya prospek karier yang baik, pekerja kereta api dapat terus mengembangkan karier mereka dan mencapai posisi yang lebih tinggi dengan gaji yang lebih besar.

Stabilitas Pekerjaan

Salah satu keuntungan bekerja di sektor kereta api adalah adanya stabilitas pekerjaan yang tinggi. Kereta api merupakan sektor yang sangat penting bagi perekonomian Indonesia, sehingga pemerintah selalu memastikan bahwa sektor kereta api tetap beroperasi dengan baik. Oleh karena itu, pekerja kereta api tidak perlu khawatir akan kehilangan pekerjaan mereka.

Selain itu, sektor kereta api juga memiliki tingkat turnover karyawan yang rendah. Hal ini disebabkan karena pekerja kereta api umumnya merasa nyaman dengan pekerjaan mereka dan tidak ingin berpindah pekerjaan. Pekerjaan di sektor kereta api juga dianggap sebagai pekerjaan yang terhormat dan memiliki status sosial yang tinggi.

Berikut ini adalah beberapa faktor yang membuat pekerjaan di sektor kereta api memiliki stabilitas yang tinggi:

  • Kereta api merupakan sektor yang penting bagi perekonomian Indonesia.

    Kereta api merupakan salah satu moda transportasi utama di Indonesia. Kereta api digunakan untuk mengangkut penumpang dan barang ke berbagai wilayah di Indonesia. Oleh karena itu, pemerintah selalu memastikan bahwa sektor kereta api tetap beroperasi dengan baik.

  • Tingkat turnover karyawan yang rendah.

    Pekerja kereta api umumnya merasa nyaman dengan pekerjaan mereka dan tidak ingin berpindah pekerjaan. Hal ini disebabkan karena pekerjaan di sektor kereta api memiliki gaji yang kompetitif, tunjangan yang lengkap, dan prospek karier yang baik.

  • Pekerjaan di sektor kereta api dianggap sebagai pekerjaan yang terhormat dan memiliki status sosial yang tinggi.

    Pekerja kereta api dipandang sebagai orang-orang yang profesional dan memiliki keterampilan khusus. Oleh karena itu, pekerjaan di sektor kereta api sangat dihormati oleh masyarakat.

Dengan adanya stabilitas pekerjaan yang tinggi, pekerja kereta api dapat merasa aman dan nyaman dalam bekerja. Pekerja kereta api tidak perlu khawatir akan kehilangan pekerjaan mereka atau mengalami kesulitan ekonomi.

FAQ

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang gaji kereta api:

Question 1: Berapa gaji rata-rata pekerja kereta api di Indonesia?
Answer 1: Gaji rata-rata pekerja kereta api di Indonesia berkisar antara Rp4.000.000 hingga Rp10.000.000 per bulan, tergantung pada posisi, pengalaman, keterampilan, lokasi, dan perusahaan tempat bekerja.

Question 2: Apakah gaji pekerja kereta api termasuk tinggi?
Answer 2: Ya, gaji pekerja kereta api termasuk tinggi dibandingkan dengan gaji pekerja di sektor lainnya. Hal ini disebabkan karena kereta api merupakan sektor yang sangat penting bagi perekonomian Indonesia.

Question 3: Apa saja faktor-faktor yang memengaruhi gaji pekerja kereta api?
Answer 3: Faktor-faktor yang memengaruhi gaji pekerja kereta api meliputi posisi, pengalaman, keterampilan, lokasi, dan perusahaan tempat bekerja.

Question 4: Apakah gaji pekerja kereta api stabil?
Answer 4: Ya, gaji pekerja kereta api cenderung stabil. Hal ini disebabkan karena kereta api merupakan sektor yang sangat penting bagi perekonomian Indonesia.

Question 5: Apakah ada potensi kenaikan gaji bagi pekerja kereta api?
Answer 5: Ya, ada potensi kenaikan gaji bagi pekerja kereta api. Kenaikan gaji dapat berupa kenaikan gaji pokok, kenaikan tunjangan, atau keduanya.

Question 6: Apakah prospek karier di sektor kereta api baik?
Answer 6: Ya, prospek karier di sektor kereta api sangat baik. Pekerja kereta api yang berprestasi baik dan memiliki kinerja yang tinggi dapat memperoleh promosi jabatan dan tanggung jawab yang lebih besar.

Question 7: Apakah ada tunjangan dan bonus yang diberikan kepada pekerja kereta api?
Answer 7: Ya, pekerja kereta api berhak mendapatkan tunjangan dan bonus. Tunjangan dan bonus yang diberikan dapat bervariasi tergantung pada perusahaan tempat bekerja dan posisi yang dijabat.

Demikian beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang gaji kereta api. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk bertanya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Selain informasi tentang gaji kereta api, berikut ini adalah beberapa tips untuk mendapatkan gaji yang lebih tinggi sebagai pekerja kereta api:

Tips

Berikut ini adalah beberapa tips untuk mendapatkan gaji yang lebih tinggi sebagai pekerja kereta api:

Tip 1: Tingkatkan keterampilan dan pengalaman Anda.

Semakin tinggi keterampilan dan pengalaman Anda, semakin tinggi pula gaji yang dapat Anda peroleh. Oleh karena itu, jangan pernah berhenti belajar dan meningkatkan keterampilan Anda. Anda dapat mengikuti pelatihan dan pendidikan untuk meningkatkan keterampilan Anda. Selain itu, Anda juga dapat memperoleh pengalaman dengan bekerja di sektor kereta api selama bertahun-tahun.

Tip 2: Pilih posisi dengan gaji yang lebih tinggi.

Tidak semua posisi di sektor kereta api memiliki gaji yang sama. Beberapa posisi memiliki gaji yang lebih tinggi dibandingkan dengan posisi lainnya. Oleh karena itu, jika Anda ingin mendapatkan gaji yang lebih tinggi, pilihlah posisi dengan gaji yang lebih tinggi. Namun, perlu diingat bahwa posisi dengan gaji yang lebih tinggi biasanya juga memiliki tanggung jawab yang lebih besar.

Tip 3: Negosiasikan gaji Anda.

Saat Anda melamar pekerjaan di sektor kereta api, jangan takut untuk menegosiasikan gaji Anda. Anda dapat meminta gaji yang lebih tinggi dari yang ditawarkan oleh perusahaan. Namun, pastikan Anda memiliki alasan yang kuat untuk meminta gaji yang lebih tinggi. Misalnya, Anda dapat menyebutkan keterampilan dan pengalaman Anda yang relevan dengan posisi yang Anda lamar.

Tip 4: Pindah ke lokasi dengan gaji yang lebih tinggi.

Gaji pekerja kereta api dapat bervariasi tergantung pada lokasi kerja. Umumnya, pekerja kereta api yang bekerja di wilayah Jabodetabek mendapatkan gaji yang lebih tinggi dibandingkan dengan pekerja kereta api yang bekerja di wilayah lainnya. Oleh karena itu, jika Anda ingin mendapatkan gaji yang lebih tinggi, Anda dapat mempertimbangkan untuk pindah ke lokasi dengan gaji yang lebih tinggi.

Itulah beberapa tips untuk mendapatkan gaji yang lebih tinggi sebagai pekerja kereta api. Semoga tips-tips ini bermanfaat bagi Anda.

Demikian informasi tentang gaji kereta api dan tips untuk mendapatkan gaji yang lebih tinggi sebagai pekerja kereta api. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mempertimbangkan karier di sektor kereta api.

Kesimpulan

Gaji kereta api merupakan salah satu faktor penting yang perlu dipertimbangkan ketika memilih karier di sektor ini. Gaji pekerja kereta api di Indonesia berada di atas rata-rata gaji pekerja di sektor lainnya. Namun, gaji pekerja kereta api dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti posisi, pengalaman, keterampilan, lokasi, dan perusahaan tempat bekerja.

Selain gaji pokok, pekerja kereta api juga berhak mendapatkan tunjangan dan bonus. Tunjangan dan bonus yang diberikan dapat bervariasi tergantung pada perusahaan tempat bekerja dan posisi yang dijabat. Pekerja kereta api juga memiliki potensi kenaikan gaji yang cukup baik. Kenaikan gaji dapat berupa kenaikan gaji pokok, kenaikan tunjangan, atau keduanya.

Selain gaji yang kompetitif, sektor kereta api juga menawarkan prospek karier yang cerah dan stabilitas pekerjaan yang tinggi. Pekerja kereta api yang berprestasi baik dan memiliki kinerja yang tinggi dapat memperoleh promosi jabatan dan tanggung jawab yang lebih besar. Sektor kereta api juga merupakan sektor yang sangat penting bagi perekonomian Indonesia, sehingga pekerja kereta api tidak perlu khawatir akan kehilangan pekerjaan mereka.

Demikian informasi tentang gaji kereta api. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mempertimbangkan karier di sektor kereta api.

Images References :

Check Also

karir mahfud md

Karier Mahfud MD: Dari Aktivis hingga Menteri

Mahfud MD merupakan salah satu tokoh hukum dan politik Indonesia yang paling dikenal. Ia pernah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *