Berapa Gaji Pramugari Pesawat?


Berapa Gaji Pramugari Pesawat?

Menjadi pramugari pesawat adalah impian banyak orang. Selain karena bisa bepergian ke berbagai tempat, profesi ini juga dianggap glamor dan bergengsi. Namun, tahukah Anda berapa gaji pramugari pesawat sebenarnya? Pada artikel ini, kami akan membahas tentang gaji pramugari pesawat dan faktor-faktor yang memengaruhinya.

Gaji pramugari pesawat berbeda-beda, tergantung pada maskapai tempat mereka bekerja, pengalaman kerja, dan jabatan. Secara umum, gaji pramugari pesawat berkisar antara Rp3.000.000 hingga Rp10.000.000 per bulan bruto. Namun, gaji bersih yang diterima pramugari pesawat bisa lebih tinggi dari itu, karena mereka juga mendapatkan tunjangan seperti uang makan, uang lembur, dan uang transportasi.

Selain gaji dan tunjangan, pramugari pesawat juga mendapatkan fasilitas lain, seperti tiket pesawat gratis untuk diri sendiri dan keluarga, asuransi kesehatan, dan pensiun.

Jika Anda tertarik untuk menjadi pramugari pesawat, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan. Pertama, Anda harus memiliki pendidikan minimal SMA/sederajat. Kedua, Anda harus memiliki tinggi badan minimal 165 cm dan berat badan ideal. Ketiga, Anda harus memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik. Keempat, Anda harus memiliki kepribadian yang ramah dan menyenangkan.

Setelah Anda memenuhi semua persyaratan tersebut, Anda bisa mengikuti seleksi pramugari pesawat yang diadakan oleh maskapai penerbangan. Seleksi pramugari pesawat biasanya meliputi tes tertulis, tes kesehatan, dan tes wawancara. Jika Anda lulus seleksi, Anda akan menjalani pelatihan pramugari pesawat selama beberapa bulan. Setelah pelatihan selesai, Anda akan resmi menjadi pramugari pesawat.

berapa gaji pramugari pesawat

Berapa gaji pramugari pesawat?

  • Berkisar Rp3.000.000 – Rp10.000.000
  • Ditambah tunjangan
  • Fasilitas: tiket pesawat gratis, asuransi, pensiun
  • Syarat: pendidikan minimal SMA/sederajat
  • Tinggi badan minimal 165 cm, berat badan ideal
  • Bahasa Inggris baik, kepribadian ramah
  • Seleksi: tes tertulis, kesehatan, wawancara
  • Pelatihan pramugari beberapa bulan

Setelah memenuhi syarat dan lulus seleksi, Anda bisa menjadi pramugari pesawat dan menikmati gaji dan fasilitas yang ditawarkan.

Berkisar Rp3.000.000 – Rp10.000.000

Gaji pramugari pesawat di Indonesia berkisar antara Rp3.000.000 hingga Rp10.000.000 per bulan bruto. Namun, gaji bersih yang diterima pramugari pesawat bisa lebih tinggi dari itu, karena mereka juga mendapatkan tunjangan seperti uang makan, uang lembur, dan uang transportasi.

Besaran gaji pramugari pesawat tergantung pada beberapa faktor, antara lain:

  • Maskapai tempat bekerja: Gaji pramugari pesawat di maskapai penerbangan swasta biasanya lebih tinggi daripada di maskapai penerbangan milik negara.
  • Pengalaman kerja: Semakin lama pramugari pesawat bekerja, semakin tinggi gajinya.
  • Jabatan: Pramugari pesawat yang menduduki jabatan tertentu, seperti kepala pramugari atau instruktur, biasanya mendapatkan gaji yang lebih tinggi daripada pramugari pesawat biasa.

Selain gaji pokok dan tunjangan, pramugari pesawat juga mendapatkan fasilitas lain, seperti tiket pesawat gratis untuk diri sendiri dan keluarga, asuransi kesehatan, dan pensiun.

Jika Anda tertarik untuk menjadi pramugari pesawat, sebaiknya Anda mencari informasi tentang gaji dan fasilitas yang ditawarkan oleh maskapai penerbangan tempat Anda ingin bekerja. Anda juga bisa berkonsultasi dengan pramugari pesawat yang sudah berpengalaman untuk mengetahui lebih lanjut tentang pekerjaan ini.

Ditambah tunjangan

Selain gaji pokok, pramugari pesawat juga mendapatkan tunjangan. Tunjangan ini diberikan sebagai bentuk penghargaan atas pekerjaan pramugari pesawat yang tidak mudah. Berikut ini adalah beberapa tunjangan yang biasanya diterima oleh pramugari pesawat:

  • Tunjangan makan: Tunjangan makan diberikan untuk membantu pramugari pesawat memenuhi kebutuhan makan selama bekerja. Besaran tunjangan makan tergantung pada maskapai tempat bekerja dan lama penerbangan.
  • Tunjangan lembur: Tunjangan lembur diberikan kepada pramugari pesawat yang bekerja lembur. Besaran tunjangan lembur tergantung pada maskapai tempat bekerja dan lama lembur.
  • Tunjangan transportasi: Tunjangan transportasi diberikan kepada pramugari pesawat untuk membantu memenuhi biaya transportasi dari dan ke tempat kerja. Besaran tunjangan transportasi tergantung pada maskapai tempat bekerja dan jarak tempuh dari rumah ke tempat kerja.
  • Tunjangan kesehatan: Tunjangan kesehatan diberikan kepada pramugari pesawat untuk membantu memenuhi biaya pengobatan jika sakit atau kecelakaan. Besaran tunjangan kesehatan tergantung pada maskapai tempat bekerja dan jenis asuransi kesehatan yang diberikan.
  • Tunjangan pensiun: Tunjangan pensiun diberikan kepada pramugari pesawat setelah mereka pensiun. Besaran tunjangan pensiun tergantung pada maskapai tempat bekerja dan lama bekerja.

Tunjangan-tunjangan tersebut dapat menambah pendapatan pramugari pesawat secara signifikan. Oleh karena itu, tidak heran jika gaji pramugari pesawat bisa mencapai Rp10.000.000 per bulan.

Fasilitas: tiket pesawat gratis, asuransi, pensiun

Selain gaji pokok dan tunjangan, pramugari pesawat juga mendapatkan fasilitas lain, seperti tiket pesawat gratis, asuransi kesehatan, dan pensiun.

Tiket pesawat gratis

Pramugari pesawat mendapatkan tiket pesawat gratis untuk diri sendiri dan keluarga. Fasilitas ini sangat menguntungkan, terutama bagi pramugari pesawat yang sering bepergian ke luar kota atau luar negeri.

Asuransi kesehatan

Pramugari pesawat juga mendapatkan asuransi kesehatan. Asuransi ini menanggung biaya pengobatan jika pramugari pesawat sakit atau kecelakaan. Fasilitas ini sangat penting, mengingat pramugari pesawat sering bekerja dalam kondisi yang tidak menentu.

Pensiun

Pramugari pesawat juga mendapatkan fasilitas pensiun. Fasilitas ini diberikan setelah pramugari pesawat pensiun. Besaran pensiun tergantung pada maskapai tempat bekerja dan lama bekerja.

Fasilitas-fasilitas tersebut menambah daya tarik profesi pramugari pesawat. Tidak heran jika banyak orang yang bercita-cita untuk menjadi pramugari pesawat.

Syarat: pendidikan minimal SMA/sederajat

Salah satu syarat untuk menjadi pramugari pesawat adalah memiliki pendidikan minimal SMA/sederajat. Hal ini karena pramugari pesawat harus memiliki pengetahuan dan keterampilan dasar yang cukup untuk dapat menjalankan tugasnya dengan baik. Pengetahuan dan keterampilan tersebut meliputi:

  • Bahasa Inggris: Pramugari pesawat harus memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik, baik lisan maupun tulisan. Hal ini karena pramugari pesawat sering berkomunikasi dengan penumpang dari berbagai negara.
  • Pelayanan pelanggan: Pramugari pesawat harus memiliki keterampilan pelayanan pelanggan yang baik. Hal ini karena pramugari pesawat harus dapat melayani penumpang dengan ramah dan profesional.
  • Keselamatan penerbangan: Pramugari pesawat harus memiliki pengetahuan tentang keselamatan penerbangan. Hal ini karena pramugari pesawat bertanggung jawab untuk memastikan keselamatan penumpang selama penerbangan.
  • Penanganan darurat: Pramugari pesawat harus memiliki keterampilan penanganan darurat. Hal ini karena pramugari pesawat harus dapat menangani situasi darurat dengan cepat dan tepat.

Selain itu, pramugari pesawat juga harus memiliki tinggi badan minimal 165 cm dan berat badan ideal. Hal ini karena pramugari pesawat harus dapat menjangkau tempat-tempat tinggi di dalam pesawat dan harus dapat bergerak dengan cepat dan lincah.

Bagi Anda yang bercita-cita menjadi pramugari pesawat, sebaiknya Anda mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Pastikan Anda memiliki pendidikan minimal SMA/sederajat, kemampuan berbahasa Inggris yang baik, keterampilan pelayanan pelanggan yang baik, pengetahuan tentang keselamatan penerbangan, keterampilan penanganan darurat, serta tinggi badan minimal 165 cm dan berat badan ideal.

Tinggi badan minimal 165 cm, berat badan ideal

Selain pendidikan minimal SMA/sederajat, pramugari pesawat juga harus memiliki tinggi badan minimal 165 cm dan berat badan ideal. Kedua syarat ini sangat penting karena berkaitan dengan keselamatan dan kenyamanan penumpang.

  • Tinggi badan minimal 165 cm

    Tinggi badan minimal 165 cm diperlukan agar pramugari pesawat dapat menjangkau tempat-tempat tinggi di dalam pesawat, seperti rak bagasi di atas kepala penumpang. Selain itu, tinggi badan minimal 165 cm juga membuat pramugari pesawat terlihat lebih profesional dan berwibawa.

  • Berat badan ideal

    Berat badan ideal diperlukan agar pramugari pesawat dapat bergerak dengan cepat dan lincah saat melayani penumpang. Berat badan ideal juga membuat pramugari pesawat terlihat lebih sehat dan bugar.

  • Tubuh yang sehat

    Tubuh yang sehat diperlukan agar pramugari pesawat dapat menjalankan tugasnya dengan baik. Pramugari pesawat harus mampu bekerja dalam kondisi yang tidak menentu, seperti saat pesawat mengalami turbulensi atau saat harus menangani penumpang yang sakit.

  • Penampilan yang menarik

    Penampilan yang menarik diperlukan agar pramugari pesawat dapat memberikan kesan yang baik kepada penumpang. Pramugari pesawat harus selalu terlihat rapi dan bersih, serta memiliki sikap yang ramah dan profesional.

Jika Anda bercita-cita menjadi pramugari pesawat, sebaiknya Anda mulai mempersiapkan diri sejak dini. Pastikan Anda memiliki tinggi badan minimal 165 cm, berat badan ideal, dan tubuh yang sehat. Selain itu, Anda juga harus menjaga penampilan agar selalu terlihat rapi dan bersih.

Bahasa Inggris baik, kepribadian ramah

Selain memenuhi persyaratan fisik, pramugari pesawat juga harus memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik dan kepribadian yang ramah.

  • Bahasa Inggris baik

    Pramugari pesawat harus memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik, baik lisan maupun tulisan. Hal ini karena pramugari pesawat sering berkomunikasi dengan penumpang dari berbagai negara. Selain itu, pramugari pesawat juga harus dapat membaca dan memahami instruksi keselamatan penerbangan yang ditulis dalam bahasa Inggris.

  • Kepribadian ramah

    Pramugari pesawat harus memiliki kepribadian yang ramah dan menyenangkan. Hal ini karena pramugari pesawat harus dapat melayani penumpang dengan baik dan membuat penumpang merasa nyaman selama penerbangan. Pramugari pesawat juga harus dapat bekerja sama dengan baik dengan rekan kerja lainnya.

  • Penampilan menarik

    Pramugari pesawat harus memiliki penampilan yang menarik. Hal ini karena pramugari pesawat merupakan wajah maskapai penerbangan. Pramugari pesawat harus selalu terlihat rapi dan bersih, serta memiliki sikap yang ramah dan profesional.

  • Sikap yang baik

    Pramugari pesawat harus memiliki sikap yang baik. Hal ini karena pramugari pesawat sering berinteraksi dengan penumpang dari berbagai latar belakang. Pramugari pesawat harus dapat bersikap sabar, sopan, dan profesional dalam menghadapi penumpang yang sulit.

Jika Anda bercita-cita menjadi pramugari pesawat, sebaiknya Anda mulai mempersiapkan diri sejak dini. Pastikan Anda memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik, kepribadian yang ramah, penampilan yang menarik, dan sikap yang baik.

Images References :

Check Also

karir mahfud md

Karier Mahfud MD: Dari Aktivis hingga Menteri

Mahfud MD merupakan salah satu tokoh hukum dan politik Indonesia yang paling dikenal. Ia pernah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *