Usaha Gorengan Kekinian, Modal Kecil Untung Berlimpah


Usaha Gorengan Kekinian, Modal Kecil Untung Berlimpah

Usaha gorengan merupakan salah satu usaha kuliner yang paling populer di Indonesia. Gorengan mudah ditemukan di mana-mana, mulai dari pasar tradisional hingga kafe modern. Selain rasanya yang lezat, gorengan juga dikenal dengan harganya yang terjangkau. Tak heran jika usaha gorengan banyak diminati oleh para pelaku usaha, baik pemula maupun yang sudah berpengalaman.

Namun, seiring dengan perkembangan zaman, usaha gorengan juga harus mengikuti tren. Gorengan kekinian menjadi salah satu inovasi yang cukup diminati oleh para pecinta kuliner. Gorengan kekinian memiliki tampilan yang lebih menarik dan rasa yang lebih beragam dibandingkan dengan gorengan tradisional. Tak heran jika usaha gorengan kekinian ini semakin menjamur dan diminati oleh banyak orang.

Jika kamu tertarik untuk memulai usaha gorengan kekinian, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, seperti pemilihan jenis gorengan, lokasi usaha, dan strategi pemasaran. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantumu memulai usaha gorengan kekinian yang sukses:

usaha gorengan kekinian

Peluang usaha menguntungkan, modal kecil untung berlimpah.

  • Gorengan kekinian, inovasi kuliner terbaru.
  • Tampilan menarik, rasa beragam.
  • Disukai banyak orang, potensi pasar luas.
  • Mudah dibuat, bahan-bahan mudah ditemukan.
  • Tidak membutuhkan tempat yang luas.
  • Bisa dijual dengan harga terjangkau.
  • Bisa dipasarkan secara online.
  • Cocok untuk pemula, mudah dikelola.
  • Peluang usaha yang menjanjikan.

Dengan sedikit kreativitas dan kerja keras, usaha gorengan kekinian bisa menjadi sumber pendapatan yang menguntungkan. Jadi, jangan ragu untuk memulai usaha gorengan kekinian dan raih kesuksesanmu!

Gorengan kekinian, inovasi kuliner terbaru.

Gorengan kekinian merupakan inovasi kuliner terbaru yang sedang digandrungi oleh masyarakat. Gorengan kekinian memiliki tampilan yang lebih menarik dan rasa yang lebih beragam dibandingkan dengan gorengan tradisional. Tak heran jika gorengan kekinian ini semakin menjamur dan diminati oleh banyak orang.

Salah satu ciri khas gorengan kekinian adalah penggunaan bahan-bahan yang lebih premium. Misalnya, penggunaan udang galah, cumi-cumi, atau keju mozzarella pada gorengan. Selain itu, gorengan kekinian juga sering diberi saus atau topping yang unik, seperti saus keju, saus sambal, atau mayonnaise. Hal ini membuat gorengan kekinian memiliki cita rasa yang lebih kaya dan menggugah selera.

Selain itu, gorengan kekinian juga lebih memperhatikan aspek visual. Gorengan kekinian biasanya ditata dengan rapi dan diberi hiasan yang cantik. Hal ini membuat gorengan kekinian terlihat lebih menarik dan instagramable. Tak heran jika banyak orang yang mengunggah foto gorengan kekinian mereka di media sosial.

Inovasi gorengan kekinian juga tidak hanya terbatas pada rasa dan tampilan saja. Beberapa pelaku usaha gorengan kekinian juga berinovasi dalam hal penyajian. Misalnya, ada gorengan kekinian yang disajikan dalam bentuk sate, burger, atau bahkan pizza. Hal ini membuat gorengan kekinian semakin diminati oleh masyarakat, terutama kalangan anak muda.

Gorengan kekinian merupakan salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan. Dengan sedikit kreativitas dan kerja keras, usaha gorengan kekinian bisa menjadi sumber pendapatan yang menguntungkan. Jadi, jangan ragu untuk memulai usaha gorengan kekinian dan raih kesuksesanmu!

Tampilan menarik, rasa beragam.

Salah satu ciri khas gorengan kekinian adalah tampilannya yang menarik. Gorengan kekinian biasanya ditata dengan rapi dan diberi hiasan yang cantik. Hal ini membuat gorengan kekinian terlihat lebih menarik dan instagramable. Tak heran jika banyak orang yang mengunggah foto gorengan kekinian mereka di media sosial.

Selain tampilan yang menarik, gorengan kekinian juga memiliki rasa yang beragam. Gorengan kekinian tidak hanya terbatas pada rasa asin dan gurih saja. Ada banyak gorengan kekinian yang memiliki rasa manis, pedas, atau bahkan asam. Hal ini membuat gorengan kekinian semakin diminati oleh masyarakat, terutama kalangan anak muda.

Untuk membuat gorengan kekinian yang menarik dan lezat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

  • Gunakan bahan-bahan berkualitas baik. Bahan-bahan yang berkualitas baik akan menghasilkan gorengan yang lebih lezat dan gurih.
  • Perhatikan kebersihan dan sanitasi. Pastikan peralatan dan bahan-bahan yang digunakan bersih dan higienis. Gorengan yang bersih dan higienis akan lebih aman untuk dikonsumsi.
  • Gunakan minyak goreng yang bersih. Minyak goreng yang bersih akan menghasilkan gorengan yang lebih renyah dan tidak gosong.
  • Goreng dengan suhu yang tepat. Goreng gorengan dengan suhu yang tepat agar tidak gosong atau terlalu matang.
  • Tiriskan gorengan dengan baik. Setelah digoreng, tiriskan gorengan dengan baik agar minyaknya tidak menggenang.
  • Beri hiasan yang cantik. Gorengan kekinian yang diberi hiasan yang cantik akan terlihat lebih menarik dan menggugah selera.

Dengan memperhatikan beberapa hal tersebut, kamu bisa membuat gorengan kekinian yang menarik dan lezat. Gorengan kekinian yang menarik dan lezat akan lebih disukai oleh konsumen dan tentunya akan meningkatkan penjualan.

Disukai banyak orang, potensi pasar luas.

Gorengan kekinian disukai oleh banyak orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Hal ini karena gorengan kekinian memiliki tampilan yang menarik, rasa yang beragam, dan harga yang terjangkau. Selain itu, gorengan kekinian juga mudah ditemukan di berbagai tempat, mulai dari pasar tradisional hingga kafe modern.

  • Disukai oleh semua kalangan. Gorengan kekinian disukai oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Hal ini karena gorengan kekinian memiliki tampilan yang menarik, rasa yang beragam, dan harga yang terjangkau.
  • Mudah ditemukan. Gorengan kekinian mudah ditemukan di berbagai tempat, mulai dari pasar tradisional hingga kafe modern. Hal ini membuat gorengan kekinian mudah diakses oleh konsumen.
  • Cocok untuk berbagai acara. Gorengan kekinian cocok untuk berbagai acara, mulai dari acara santai hingga acara formal. Gorengan kekinian bisa disajikan sebagai camilan, makanan pendamping, atau bahkan makanan utama.
  • Bisa dijadikan oleh-oleh. Gorengan kekinian juga bisa dijadikan oleh-oleh. Gorengan kekinian yang dikemas dengan baik dan menarik akan menjadi oleh-oleh yang unik dan berkesan.

Dengan potensi pasar yang luas, usaha gorengan kekinian memiliki peluang yang sangat baik untuk berkembang. Gorengan kekinian bisa menjadi sumber pendapatan yang menguntungkan bagi para pelaku usaha. Jadi, jangan ragu untuk memulai usaha gorengan kekinian dan raih kesuksesanmu!

Mudah dibuat, bahan-bahan mudah ditemukan.

Gorengan kekinian mudah dibuat dan bahan-bahannya mudah ditemukan. Hal ini membuat usaha gorengan kekinian cocok untuk pemula yang ingin memulai usaha kuliner. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat gorengan kekinian biasanya tersedia di pasar tradisional atau supermarket terdekat.

  • Bahan-bahan mudah ditemukan. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat gorengan kekinian biasanya tersedia di pasar tradisional atau supermarket terdekat. Hal ini membuat gorengan kekinian mudah dibuat dan tidak membutuhkan biaya yang mahal.
  • Proses pembuatan yang sederhana. Proses pembuatan gorengan kekinian juga sangat sederhana. Gorengan kekinian biasanya dibuat dengan cara digoreng. Proses penggorengan bisa dilakukan dengan menggunakan wajan atau penggorengan khusus.
  • Tidak membutuhkan peralatan khusus. Untuk membuat gorengan kekinian, kamu tidak membutuhkan peralatan khusus. Peralatan yang dibutuhkan biasanya sudah tersedia di dapur rumah tangga, seperti wajan, penggorengan, dan spatula.
  • Bisa dibuat dalam jumlah banyak. Gorengan kekinian bisa dibuat dalam jumlah banyak sekaligus. Hal ini memudahkan kamu untuk memenuhi permintaan konsumen yang tinggi.

Dengan kemudahan dalam pembuatan dan ketersediaan bahan-bahan, usaha gorengan kekinian sangat cocok untuk pemula yang ingin memulai usaha kuliner. Gorengan kekinian bisa menjadi sumber pendapatan yang menguntungkan dengan modal yang kecil.

Tidak membutuhkan tempat yang luas.

Salah satu keuntungan dari usaha gorengan kekinian adalah tidak membutuhkan tempat yang luas. Gorengan kekinian bisa dibuat di rumah atau di tempat yang sempit sekalipun. Hal ini membuat usaha gorengan kekinian cocok untuk pelaku usaha yang memiliki keterbatasan modal dan tempat.

Untuk memulai usaha gorengan kekinian, kamu hanya membutuhkan tempat untuk menggoreng gorengan dan tempat untuk menyimpan bahan-bahan dan peralatan. Kamu bisa menggunakan dapur rumah tangga atau menyewa tempat kecil untuk memulai usaha gorengan kekinian.

Jika kamu memiliki keterbatasan tempat, kamu bisa menggunakan gerobak dorong atau sepeda motor untuk berjualan gorengan kekinian. Gorengan kekinian yang dijual dengan menggunakan gerobak dorong atau sepeda motor biasanya lebih laku karena lebih mudah dijangkau oleh konsumen.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan platform online untuk berjualan gorengan kekinian. Kamu bisa membuat toko online atau menggunakan aplikasi pesan-antar makanan untuk menjual gorengan kekinian. Dengan memanfaatkan platform online, kamu bisa menjangkau lebih banyak konsumen dan meningkatkan penjualan.

Dengan tidak membutuhkan tempat yang luas, usaha gorengan kekinian menjadi pilihan yang tepat bagi pelaku usaha yang memiliki keterbatasan modal dan tempat. Gorengan kekinian bisa dibuat di rumah atau di tempat yang sempit sekalipun. Selain itu, gorengan kekinian juga bisa dijual dengan menggunakan gerobak dorong, sepeda motor, atau platform online.

Bisa dijual dengan harga terjangkau.

Gorengan kekinian bisa dijual dengan harga terjangkau. Hal ini membuat gorengan kekinian bisa dinikmati oleh semua kalangan masyarakat. Harga gorengan kekinian biasanya berkisar antara Rp1.000 hingga Rp5.000 per potong. Harga ini tentunya sangat terjangkau bagi masyarakat Indonesia.

Harga gorengan kekinian yang terjangkau membuat gorengan kekinian menjadi jajanan yang populer. Gorengan kekinian sering dijadikan sebagai camilan di sela-sela waktu makan atau sebagai teman minum kopi atau teh. Selain itu, gorengan kekinian juga sering dijadikan sebagai oleh-oleh atau hantaran untuk keluarga dan teman.

Dengan harga yang terjangkau, gorengan kekinian memiliki potensi pasar yang luas. Gorengan kekinian bisa dijual di berbagai tempat, mulai dari pasar tradisional hingga kafe modern. Gorengan kekinian juga bisa dijual secara online melalui platform e-commerce atau aplikasi pesan-antar makanan.

Dengan harga yang terjangkau dan potensi pasar yang luas, usaha gorengan kekinian menjadi pilihan yang tepat bagi pelaku usaha yang ingin memulai usaha kuliner dengan modal kecil. Gorengan kekinian bisa menjadi sumber pendapatan yang menguntungkan bagi pelaku usaha.

Gorengan kekinian bisa dijual dengan harga terjangkau karena bahan-bahan yang digunakan untuk membuat gorengan kekinian mudah ditemukan dan harganya murah. Selain itu, proses pembuatan gorengan kekinian juga tidak membutuhkan waktu yang lama dan tidak membutuhkan peralatan khusus. Hal ini membuat gorengan kekinian bisa dijual dengan harga yang terjangkau tanpa mengurangi kualitas dan rasa.

Bisa dipasarkan secara online.

Gorengan kekinian bisa dipasarkan secara online melalui platform e-commerce atau aplikasi pesan-antar makanan. Hal ini memudahkan pelaku usaha gorengan kekinian untuk menjangkau lebih banyak konsumen dan meningkatkan penjualan.

  • Jangkauan pasar yang luas. Dengan memasarkan gorengan kekinian secara online, pelaku usaha bisa menjangkau lebih banyak konsumen. Konsumen bisa dengan mudah menemukan dan memesan gorengan kekinian melalui platform e-commerce atau aplikasi pesan-antar makanan.
  • Meningkatkan penjualan. Memasarkan gorengan kekinian secara online dapat meningkatkan penjualan. Hal ini karena platform e-commerce dan aplikasi pesan-antar makanan memiliki banyak pengguna yang potensial menjadi konsumen.
  • Hemat biaya. Memasarkan gorengan kekinian secara online lebih hemat biaya dibandingkan dengan pemasaran secara offline. Pelaku usaha gorengan kekinian tidak perlu mengeluarkan biaya sewa tempat dan biaya promosi yang besar.
  • Mudah dikelola. Memasarkan gorengan kekinian secara online juga lebih mudah dikelola. Pelaku usaha gorengan kekinian bisa mengelola penjualan dan menerima pesanan melalui platform e-commerce atau aplikasi pesan-antar makanan.

Dengan memasarkan gorengan kekinian secara online, pelaku usaha bisa meningkatkan penjualan dan mengembangkan usaha mereka. Gorengan kekinian yang dipasarkan secara online bisa menjangkau lebih banyak konsumen dan meningkatkan brand awareness.

Cocok untuk pemula, mudah dikelola.

Usaha gorengan kekinian cocok untuk pemula karena mudah dikelola. Gorengan kekinian tidak memerlukan keterampilan khusus untuk membuatnya. Selain itu, gorengan kekinian juga tidak memerlukan banyak peralatan khusus. Hal ini membuat usaha gorengan kekinian mudah dikelola oleh pemula.

  • Tidak memerlukan keterampilan khusus. Gorengan kekinian tidak memerlukan keterampilan khusus untuk membuatnya. Siapa saja bisa membuat gorengan kekinian dengan mudah.
  • Tidak memerlukan banyak peralatan khusus. Gorengan kekinian tidak memerlukan banyak peralatan khusus. Peralatan yang dibutuhkan untuk membuat gorengan kekinian biasanya sudah tersedia di dapur rumah tangga.
  • Proses pembuatan yang sederhana. Proses pembuatan gorengan kekinian juga sangat sederhana. Gorengan kekinian biasanya dibuat dengan cara digoreng. Proses penggorengan bisa dilakukan dengan menggunakan wajan atau penggorengan khusus.
  • Mudah untuk dipasarkan. Gorengan kekinian mudah untuk dipasarkan. Gorengan kekinian bisa dijual di berbagai tempat, mulai dari pasar tradisional hingga kafe modern. Gorengan kekinian juga bisa dijual secara online melalui platform e-commerce atau aplikasi pesan-antar makanan.

Dengan kemudahan dalam pengelolaan dan pemasaran, usaha gorengan kekinian sangat cocok untuk pemula yang ingin memulai usaha kuliner. Gorengan kekinian bisa menjadi sumber pendapatan yang menguntungkan bagi pemula.

Peluang usaha yang menjanjikan.

Usaha gorengan kekinian memiliki peluang yang sangat menjanjikan. Gorengan kekinian digemari oleh banyak orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Selain itu, gorengan kekinian juga mudah ditemukan di berbagai tempat. Hal ini membuat usaha gorengan kekinian memiliki potensi pasar yang luas.

  • Permintaan pasar yang tinggi. Gorengan kekinian memiliki permintaan pasar yang tinggi. Hal ini karena gorengan kekinian digemari oleh banyak orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.
  • Potensi pasar yang luas. Gorengan kekinian memiliki potensi pasar yang luas. Gorengan kekinian bisa dijual di berbagai tempat, mulai dari pasar tradisional hingga kafe modern. Gorengan kekinian juga bisa dijual secara online melalui platform e-commerce atau aplikasi pesan-antar makanan.
  • Margin keuntungan yang tinggi. Gorengan kekinian memiliki margin keuntungan yang tinggi. Hal ini karena bahan-bahan yang digunakan untuk membuat gorengan kekinian mudah ditemukan dan harganya murah. Selain itu, proses pembuatan gorengan kekinian juga tidak membutuhkan waktu yang lama dan tidak membutuhkan peralatan khusus.
  • Mudah untuk memulai. Usaha gorengan kekinian mudah untuk dimulai. Gorengan kekinian tidak memerlukan keterampilan khusus untuk membuatnya. Selain itu, gorengan kekinian juga tidak memerlukan banyak peralatan khusus. Hal ini membuat usaha gorengan kekinian mudah untuk dimulai oleh siapa saja.

Dengan permintaan pasar yang tinggi, potensi pasar yang luas, margin keuntungan yang tinggi, dan kemudahan dalam memulai, usaha gorengan kekinian menjadi peluang usaha yang sangat menjanjikan. Gorengan kekinian bisa menjadi sumber pendapatan yang menguntungkan bagi pelaku usaha.

FAQ

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan mengenai gaji karyawan usaha gorengan kekinian:

Pertanyaan 1: Berapa gaji rata-rata karyawan usaha gorengan kekinian?
Jawaban: Gaji rata-rata karyawan usaha gorengan kekinian berkisar antara Rp1.500.000 hingga Rp2.500.000 per bulan.

Pertanyaan 2: Apa saja faktor yang mempengaruhi gaji karyawan usaha gorengan kekinian?
Jawaban: Faktor-faktor yang mempengaruhi gaji karyawan usaha gorengan kekinian antara lain:

  • Posisi atau jabatan karyawan.
  • Masa kerja karyawan.
  • Keterampilan dan kemampuan karyawan.
  • Kinerja karyawan.
  • Kebijakan perusahaan.

Pertanyaan 3: Apakah ada tunjangan yang diberikan kepada karyawan usaha gorengan kekinian?
Jawaban: Tunjangan yang diberikan kepada karyawan usaha gorengan kekinian bervariasi tergantung pada kebijakan perusahaan. Namun, beberapa tunjangan yang umum diberikan adalah:

  • Tunjangan makan.
  • Tunjangan transport.
  • Tunjangan kesehatan.
  • Bonus.

Pertanyaan 4: Bagaimana cara meningkatkan gaji karyawan usaha gorengan kekinian?
Jawaban: Untuk meningkatkan gaji karyawan usaha gorengan kekinian, dapat dilakukan beberapa hal berikut:

  • Tingkatkan kinerja karyawan.
  • Ikuti pelatihan dan pengembangan untuk meningkatkan kompetensi karyawan.
  • Berikan bonus atau insentif kepada karyawan yang berprestasi.
  • Lakukan penilaian kinerja karyawan secara berkala dan memberikan kenaikan gaji sesuai dengan hasil penilaian.

Pertanyaan 5: Bagaimana cara mengetahui informasi lebih lanjut tentang gaji karyawan usaha gorengan kekinian?
Jawaban: Untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang gaji karyawan usaha gorengan kekinian, dapat dilakukan beberapa hal berikut:

  • Bertanya kepada teman atau keluarga yang bekerja di usaha gorengan kekinian.
  • Mencari informasi di internet.
  • Menghubungi perusahaan yang bergerak di bidang usaha gorengan kekinian.

Pertanyaan 6: Apakah ada perbedaan gaji antara karyawan usaha gorengan kekinian pria dan wanita?
Jawaban: Menurut peraturan perundang-undangan, tidak boleh ada perbedaan gaji antara karyawan pria dan wanita untuk pekerjaan yang sama.

Demikian beberapa pertanyaan yang sering diajukan mengenai gaji karyawan usaha gorengan kekinian. Besarnya gaji yang diterima karyawan tergantung pada berbagai faktor dan kebijakan perusahaan.

Jika Anda berminat untuk memulai usaha gorengan kekinian, ada beberapa tips yang dapat Anda ikuti untuk meningkatkan peluang keberhasilan usaha Anda. Tips-tips tersebut akan dibahas pada bagian selanjutnya.

Tips

Berikut ini adalah beberapa tips untuk meningkatkan gaji karyawan usaha gorengan kekinian:

1. Tingkatkan kinerja karyawan.

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan gaji karyawan adalah dengan meningkatkan kinerja mereka. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan pelatihan dan pengembangan untuk meningkatkan kompetensi karyawan. Selain itu, berikan bonus atau insentif kepada karyawan yang berprestasi.

2. Lakukan penilaian kinerja karyawan secara berkala.

Penilaian kinerja karyawan secara berkala dapat membantu Anda mengidentifikasi karyawan yang berprestasi baik dan yang perlu ditingkatkan kinerjanya. Berikan kenaikan gaji sesuai dengan hasil penilaian kinerja.

3. Berikan kesempatan kepada karyawan untuk berkembang.

Berikan kesempatan kepada karyawan untuk berkembang dengan memberikan mereka tanggung jawab yang lebih besar dan kesempatan untuk mengikuti pelatihan dan pengembangan. Hal ini akan membuat karyawan merasa dihargai dan tertantang, sehingga mereka akan lebih termotivasi untuk bekerja lebih baik.

4. Ciptakan lingkungan kerja yang positif.

Ciptakan lingkungan kerja yang positif dan kondusif bagi karyawan. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan perhatian dan penghargaan kepada karyawan, serta dengan menciptakan suasana kerja yang nyaman dan menyenangkan. Karyawan yang merasa senang bekerja akan lebih produktif dan termotivasi untuk bekerja lebih baik.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat meningkatkan gaji karyawan usaha gorengan kekinian dan meningkatkan kinerja usaha Anda.

Demikian beberapa tips untuk meningkatkan gaji karyawan usaha gorengan kekinian. Dengan mengikuti tips-tips tersebut, Anda dapat meningkatkan kinerja usaha Anda dan mencapai kesuksesan.

Conclusion

Gaji karyawan usaha gorengan kekinian bervariasi tergantung pada berbagai faktor, seperti posisi atau jabatan karyawan, masa kerja karyawan, keterampilan dan kemampuan karyawan, kinerja karyawan, kebijakan perusahaan, dan lain sebagainya.

Untuk meningkatkan gaji karyawan usaha gorengan kekinian, dapat dilakukan beberapa hal, seperti meningkatkan kinerja karyawan, melakukan penilaian kinerja karyawan secara berkala, memberikan kesempatan kepada karyawan untuk berkembang, dan menciptakan lingkungan kerja yang positif.

Dengan mengikuti tips-tips yang telah dijelaskan sebelumnya, Anda dapat meningkatkan gaji karyawan usaha gorengan kekinian dan meningkatkan kinerja usaha Anda.

Usaha gorengan kekinian merupakan peluang usaha yang sangat menjanjikan. Dengan permintaan pasar yang tinggi, potensi pasar yang luas, margin keuntungan yang tinggi, dan kemudahan dalam memulai, usaha gorengan kekinian dapat menjadi sumber pendapatan yang menguntungkan bagi pelaku usaha.

Jika Anda berminat untuk memulai usaha gorengan kekinian, jangan ragu untuk memulainya. Dengan kerja keras dan ketekunan, Anda bisa meraih kesuksesan dalam usaha gorengan kekinian.

Images References :

Check Also

karir mahfud md

Karier Mahfud MD: Dari Aktivis hingga Menteri

Mahfud MD merupakan salah satu tokoh hukum dan politik Indonesia yang paling dikenal. Ia pernah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *