Tugas Inventory Control Indomaret


Tugas Inventory Control Indomaret

Bagi kamu yang bekerja atau tertarik untuk bekerja di Indomaret, mengetahui tugas inventory control menjadi hal yang penting. Pasalnya, posisi ini memiliki tanggung jawab yang besar dalam menjaga ketersediaan dan kualitas produk di gerai Indomaret.

Inventory control adalah bagian dari manajemen gudang yang bertanggung jawab untuk mengelola persediaan barang. Tugas ini meliputi pencatatan, penyimpanan, dan pengelolaan stok barang di gudang. Inventory control bertujuan untuk memastikan bahwa barang tersedia dalam jumlah yang cukup untuk memenuhi permintaan pelanggan, tanpa menimbulkan biaya penyimpanan yang berlebihan.

Dalam konteks Indomaret, inventory control memiliki tugas yang lebih spesifik. Selain memastikan ketersediaan barang, inventory control juga bertanggung jawab untuk menjaga kualitas produk dan meminimalisir kerugian akibat kerusakan atau kadaluarsa. Oleh karena itu, inventory control di Indomaret sangat penting untuk menjaga kelancaran bisnis dan kepuasan pelanggan.

tugas inventory control indomaret

Inventory control di Indomaret memiliki peran penting dalam menjaga ketersediaan barang dan kelancaran bisnis.

  • Mencatat dan memantau stok barang
  • Memastikan ketersediaan barang
  • Menjaga kualitas produk
  • Mencegah kerusakan dan kadaluarsa
  • Mengatur penyimpanan barang
  • Melakukan stock opname secara berkala
  • Menyusun laporan persediaan barang
  • Bekerjasama dengan bagian pembelian untuk memastikan ketersediaan barang

Dengan menjalankan tugas-tugas tersebut, inventory control di Indomaret dapat membantu menjaga kelancaran bisnis dan kepuasan pelanggan.

Mencatat dan memantau stok barang

Mencatat dan memantau stok barang merupakan salah satu tugas utama inventory control di Indomaret. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa barang tersedia dalam jumlah yang cukup untuk memenuhi permintaan pelanggan, tanpa menimbulkan biaya penyimpanan yang berlebihan.

  • Pendataan stok barang

    Inventory control harus mencatat semua barang yang masuk dan keluar dari gudang. Pencatatan ini dapat dilakukan secara manual atau menggunakan sistem komputerisasi.

  • Pemantauan stok barang

    Inventory control harus memantau stok barang secara berkala untuk memastikan bahwa barang tersedia dalam jumlah yang cukup. Pemantauan ini dapat dilakukan dengan melakukan pengecekan fisik stok barang atau menggunakan sistem komputerisasi yang terintegrasi dengan sistem penjualan.

  • Pelaporan stok barang

    Inventory control harus membuat laporan stok barang secara berkala. Laporan ini berisi informasi tentang jumlah stok barang yang tersedia, barang yang laku keras, barang yang lambat laku, dan barang yang rusak atau kadaluarsa. Laporan ini digunakan untuk pengambilan keputusan terkait pembelian dan penyimpanan barang.

  • Penyesuaian stok barang

    Inventory control harus melakukan penyesuaian stok barang secara berkala. Penyesuaian ini dilakukan untuk memastikan bahwa catatan stok barang sesuai dengan stok barang yang sebenarnya. Penyesuaian stok barang dapat dilakukan dengan melakukan stock opname.

Dengan mencatat dan memantau stok barang dengan baik, inventory control dapat membantu Indomaret untuk menjaga ketersediaan barang dan kelancaran bisnis.

Memastikan ketersediaan barang

Memastikan ketersediaan barang merupakan salah satu tugas utama inventory control di Indomaret. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa pelanggan dapat menemukan barang yang mereka cari di gerai Indomaret. Ketersediaan barang yang baik dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan mendorong penjualan.

Ada beberapa hal yang dilakukan oleh inventory control untuk memastikan ketersediaan barang, antara lain:

  • Melakukan peramalan permintaan

    Inventory control harus melakukan peramalan permintaan untuk mengetahui berapa banyak barang yang dibutuhkan pada periode tertentu. Peramalan permintaan dapat dilakukan dengan menggunakan data penjualan historis, data tren, dan faktor-faktor lain yang mempengaruhi permintaan.

  • Menyusun rencana pembelian

    Berdasarkan hasil peramalan permintaan, inventory control menyusun rencana pembelian. Rencana pembelian ini berisi informasi tentang jenis barang, jumlah barang, dan waktu pembelian barang. Rencana pembelian harus dibuat dengan hati-hati untuk menghindari kelebihan stok atau kekurangan stok.

  • Melakukan pembelian barang

    Inventory control melakukan pembelian barang sesuai dengan rencana pembelian yang telah disusun. Pembelian barang dapat dilakukan dari pemasok atau distributor.

  • Menerima dan menyimpan barang

    Inventory control menerima dan menyimpan barang yang dibeli dari pemasok atau distributor. Barang harus disimpan dengan baik untuk menjaga kualitas dan mencegah kerusakan.

Dengan melakukan langkah-langkah tersebut, inventory control dapat memastikan ketersediaan barang di gerai Indomaret. Ketersediaan barang yang baik dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan mendorong penjualan.

Menjaga kualitas produk

Menjaga kualitas produk merupakan salah satu tugas penting inventory control di Indomaret. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa produk yang dijual di gerai Indomaret aman dan layak konsumsi oleh pelanggan.

Ada beberapa hal yang dilakukan oleh inventory control untuk menjaga kualitas produk, antara lain:

  • Memeriksa kualitas produk sebelum diterima

    Inventory control harus memeriksa kualitas produk sebelum diterima dari pemasok atau distributor. Pemeriksaan kualitas produk dapat dilakukan dengan cara visual, pengecekan tanggal kedaluwarsa, atau dengan menggunakan alat khusus.

  • Menyimpan produk dengan baik

    Inventory control harus menyimpan produk dengan baik untuk menjaga kualitas produk. Produk harus disimpan di tempat yang bersih, kering, dan sejuk. Produk juga harus disimpan sesuai dengan petunjuk penyimpanan yang diberikan oleh produsen.

  • Melakukan pengecekan kualitas produk secara berkala

    Inventory control harus melakukan pengecekan kualitas produk secara berkala untuk memastikan bahwa produk tetap dalam kondisi baik. Pengecekan kualitas produk dapat dilakukan dengan cara visual, pengecekan tanggal kedaluwarsa, atau dengan menggunakan alat khusus.

  • Menarik produk yang rusak atau kadaluarsa

    Inventory control harus menarik produk yang rusak atau kadaluarsa dari gerai Indomaret. Produk yang rusak atau kadaluarsa dapat membahayakan kesehatan pelanggan. Penarikan produk juga dilakukan untuk menjaga citra baik Indomaret.

Dengan melakukan langkah-langkah tersebut, inventory control dapat menjaga kualitas produk yang dijual di gerai Indomaret. Kualitas produk yang baik dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan mendorong penjualan.

Mencegah kerusakan dan kadaluarsa

Mencegah kerusakan dan kadaluarsa merupakan salah satu tugas penting inventory control di Indomaret. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa produk yang dijual di gerai Indomaret aman dan layak konsumsi oleh pelanggan.

  • Menyimpan produk dengan baik

    Inventory control harus menyimpan produk dengan baik untuk mencegah kerusakan dan kadaluarsa. Produk harus disimpan di tempat yang bersih, kering, dan sejuk. Produk juga harus disimpan sesuai dengan petunjuk penyimpanan yang diberikan oleh produsen.

  • Melakukan pengecekan kualitas produk secara berkala

    Inventory control harus melakukan pengecekan kualitas produk secara berkala untuk memastikan bahwa produk tetap dalam kondisi baik. Pengecekan kualitas produk dapat dilakukan dengan cara visual, pengecekan tanggal kedaluwarsa, atau dengan menggunakan alat khusus.

  • Melakukan rotasi stok barang

    Inventory control harus melakukan rotasi stok barang untuk mencegah kerusakan dan kadaluarsa. Rotasi stok barang dilakukan dengan cara mengeluarkan barang yang lama dari gudang dan menggantinya dengan barang yang baru. Dengan demikian, barang yang lama tidak akan kadaluarsa sebelum terjual.

  • Menjual produk yang mudah rusak atau kadaluarsa terlebih dahulu

    Inventory control harus menjual produk yang mudah rusak atau kadaluarsa terlebih dahulu. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan diskon atau promosi khusus untuk produk tersebut. Dengan demikian, produk yang mudah rusak atau kadaluarsa tidak akan menumpuk di gudang.

Dengan melakukan langkah-langkah tersebut, inventory control dapat mencegah kerusakan dan kadaluarsa produk yang dijual di gerai Indomaret. Pencegahan kerusakan dan kadaluarsa produk dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan mendorong penjualan.

Mengatur penyimpanan barang

Mengatur penyimpanan barang merupakan salah satu tugas penting inventory control di Indomaret. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa barang disimpan dengan baik dan mudah ditemukan saat dibutuhkan.

  • Menentukan lokasi penyimpanan barang

    Inventory control harus menentukan lokasi penyimpanan barang yang tepat. Lokasi penyimpanan barang harus disesuaikan dengan jenis barang, ukuran barang, dan frekuensi penggunaan barang.

  • Menyusun tata letak gudang

    Inventory control harus menyusun tata letak gudang yang baik. Tata letak gudang harus dirancang sedemikian rupa sehingga memudahkan penyimpanan dan pengambilan barang.

  • Menggunakan sistem penyimpanan barang yang tepat

    Inventory control harus menggunakan sistem penyimpanan barang yang tepat. Sistem penyimpanan barang yang dapat digunakan antara lain sistem penyimpanan rak, sistem penyimpanan palet, dan sistem penyimpanan bin.

  • Melakukan pengecekan stok barang secara berkala

    Inventory control harus melakukan pengecekan stok barang secara berkala untuk memastikan bahwa barang tersedia dalam jumlah yang cukup dan tidak rusak.

Dengan melakukan langkah-langkah tersebut, inventory control dapat mengatur penyimpanan barang dengan baik. Penyimpanan barang yang baik dapat memudahkan pengambilan barang saat dibutuhkan dan mencegah kerusakan barang.

Melakukan stock opname secara berkala

Stock opname merupakan kegiatan menghitung stok barang secara fisik. Stock opname dilakukan untuk memastikan bahwa catatan stok barang sesuai dengan stok barang yang sebenarnya. Stock opname juga dilakukan untuk mengetahui barang-barang yang rusak, kadaluarsa, atau hilang.

Inventory control di Indomaret harus melakukan stock opname secara berkala. Frekuensi stock opname tergantung pada jenis barang dan tingkat penjualan barang. Barang-barang yang mudah rusak atau kadaluarsa harus di stock opname lebih sering daripada barang-barang yang tidak mudah rusak atau kadaluarsa.

Berikut ini adalah langkah-langkah melakukan stock opname:

  • Menentukan waktu stock opname

    Inventory control harus menentukan waktu stock opname yang tepat. Waktu stock opname harus disesuaikan dengan jadwal pengiriman barang dan jadwal tutup toko.

  • Menyiapkan formulir stock opname

    Inventory control harus menyiapkan formulir stock opname yang berisi informasi tentang jenis barang, jumlah barang, dan lokasi penyimpanan barang.

  • Melakukan penghitungan stok barang

    Inventory control harus melakukan penghitungan stok barang secara fisik. Penghitungan stok barang dapat dilakukan dengan menggunakan bantuan alat bantu seperti komputer genggam atau smartphone.

  • Mencatat hasil stock opname

    Inventory control harus mencatat hasil stock opname pada formulir stock opname. Hasil stock opname kemudian dicocokkan dengan catatan stok barang.

  • Menindaklanjuti hasil stock opname

    Inventory control harus menindaklanjuti hasil stock opname. Barang-barang yang rusak, kadaluarsa, atau hilang harus segera dibuang atau diganti. Catatan stok barang juga harus diperbarui sesuai dengan hasil stock opname.

Dengan melakukan stock opname secara berkala, inventory control dapat memastikan bahwa catatan stok barang sesuai dengan stok barang yang sebenarnya. Stock opname juga dapat membantu inventory control untuk mengetahui barang-barang yang rusak, kadaluarsa, atau hilang.

Menyusun laporan persediaan barang

Laporan persediaan barang merupakan laporan yang berisi informasi tentang jenis barang, jumlah barang, dan nilai barang yang tersedia di gudang. Laporan persediaan barang digunakan untuk memantau stok barang dan membuat keputusan terkait pembelian dan penyimpanan barang.

  • Menentukan jenis laporan persediaan barang

    Inventory control harus menentukan jenis laporan persediaan barang yang akan disusun. Jenis laporan persediaan barang yang umum digunakan antara lain laporan persediaan barang berdasarkan jenis barang, laporan persediaan barang berdasarkan lokasi penyimpanan barang, dan laporan persediaan barang berdasarkan nilai barang.

  • Mengumpulkan data persediaan barang

    Inventory control harus mengumpulkan data persediaan barang dari berbagai sumber, seperti catatan stok barang, hasil stock opname, dan data penjualan barang. Data persediaan barang yang dikumpulkan harus akurat dan lengkap.

  • Menyusun laporan persediaan barang

    Inventory control harus menyusun laporan persediaan barang berdasarkan data persediaan barang yang telah dikumpulkan. Laporan persediaan barang harus disusun secara sistematis dan mudah dipahami.

  • Mendistribusikan laporan persediaan barang

    Inventory control harus mendistribusikan laporan persediaan barang kepada pihak-pihak yang berkepentingan, seperti manajemen toko, bagian pembelian, dan bagian gudang. Laporan persediaan barang digunakan untuk pengambilan keputusan terkait pembelian dan penyimpanan barang.

Dengan menyusun laporan persediaan barang secara berkala, inventory control dapat memantau stok barang dan membuat keputusan terkait pembelian dan penyimpanan barang. Laporan persediaan barang juga dapat membantu inventory control untuk mengidentifikasi barang-barang yang lambat laku dan barang-barang yang kelebihan stok.

Bekerjasama dengan bagian pembelian untuk memastikan ketersediaan barang

Inventory control harus bekerja sama dengan bagian pembelian untuk memastikan ketersediaan barang. Kerja sama antara inventory control dan bagian pembelian dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  • Inventory control memberikan informasi tentang permintaan barang

    Inventory control harus memberikan informasi tentang permintaan barang kepada bagian pembelian. Informasi tentang permintaan barang dapat diperoleh dari data penjualan barang, data peramalan permintaan, dan data stok barang.

  • Bagian pembelian melakukan pembelian barang sesuai dengan permintaan inventory control

    Bagian pembelian harus melakukan pembelian barang sesuai dengan permintaan inventory control. Bagian pembelian harus memastikan bahwa barang yang dibeli sesuai dengan spesifikasi yang diminta oleh inventory control.

  • Inventory control menerima dan memeriksa barang yang dibeli oleh bagian pembelian

    Inventory control harus menerima dan memeriksa barang yang dibeli oleh bagian pembelian. Inventory control harus memastikan bahwa barang yang diterima sesuai dengan spesifikasi yang diminta dan dalam kondisi baik.

  • Inventory control menyimpan barang yang diterima dari bagian pembelian

    Inventory control harus menyimpan barang yang diterima dari bagian pembelian dengan baik. Barang harus disimpan di tempat yang bersih, kering, dan sejuk. Barang juga harus disimpan sesuai dengan petunjuk penyimpanan yang diberikan oleh produsen.

Dengan bekerja sama dengan bagian pembelian, inventory control dapat memastikan ketersediaan barang di gerai Indomaret. Ketersediaan barang yang baik dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan mendorong penjualan.

FAQ

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang gaji inventory control di Indomaret:

Question 1: Berapa gaji pokok inventory control di Indomaret?
Answer 1: Gaji pokok inventory control di Indomaret tergantung pada pengalaman dan tingkat pendidikan. Rata-rata gaji pokok inventory control di Indomaret berkisar antara Rp2.500.000 hingga Rp4.000.000 per bulan.

Question 2: Apakah inventory control di Indomaret mendapatkan tunjangan?
Answer 2: Ya, inventory control di Indomaret mendapatkan tunjangan. Tunjangan yang diberikan meliputi tunjangan makan, tunjangan transportasi, dan tunjangan kesehatan.

Question 3: Berapa total gaji inventory control di Indomaret?
Answer 3: Total gaji inventory control di Indomaret tergantung pada gaji pokok, tunjangan, dan bonus. Rata-rata total gaji inventory control di Indomaret berkisar antara Rp3.000.000 hingga Rp5.000.000 per bulan.

Question 4: Apakah ada peluang kenaikan gaji bagi inventory control di Indomaret?
Answer 4: Ya, ada peluang kenaikan gaji bagi inventory control di Indomaret. Kenaikan gaji dapat diberikan berdasarkan kinerja dan masa kerja.

Question 5: Apa saja faktor yang mempengaruhi gaji inventory control di Indomaret?
Answer 5: Faktor-faktor yang mempengaruhi gaji inventory control di Indomaret meliputi pengalaman, tingkat pendidikan, kinerja, dan masa kerja.

Question 6: Apakah gaji inventory control di Indomaret kompetitif?
Answer 6: Ya, gaji inventory control di Indomaret cukup kompetitif dibandingkan dengan gaji inventory control di perusahaan lain.

Demikian beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang gaji inventory control di Indomaret. Semoga informasi ini bermanfaat.

Selain gaji, inventory control di Indomaret juga berkesempatan mendapatkan bonus dan tunjangan lainnya. Besarnya bonus dan tunjangan tergantung pada kinerja dan kebijakan perusahaan.

Tips

Berikut ini adalah beberapa tips untuk meningkatkan gaji inventory control di Indomaret:

1. Tingkatkan kinerja
Cara terbaik untuk meningkatkan gaji inventory control di Indomaret adalah dengan meningkatkan kinerja. Inventory control yang berprestasi baik akan lebih dihargai oleh perusahaan dan berpeluang mendapatkan kenaikan gaji.

2. Kembangkan keterampilan
Inventory control yang memiliki keterampilan yang dibutuhkan oleh perusahaan akan lebih berpeluang mendapatkan gaji yang lebih tinggi. Oleh karena itu, inventory control harus terus mengembangkan keterampilannya, baik melalui pelatihan formal maupun pengalaman kerja.

3. Negosiasikan gaji
Ketika melamar pekerjaan sebagai inventory control di Indomaret, jangan ragu untuk menegosiasikan gaji. Inventory control berhak untuk mendapatkan gaji yang sesuai dengan pengalaman, keterampilan, dan kinerja mereka.

4. Cari peluang promosi
Inventory control yang berprestasi baik memiliki peluang untuk dipromosikan ke posisi yang lebih tinggi. Posisi yang lebih tinggi biasanya memiliki gaji yang lebih tinggi. Oleh karena itu, inventory control harus selalu mencari peluang promosi.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, inventory control dapat meningkatkan gaji mereka dan mencapai kesejahteraan finansial yang lebih baik.

Selain gaji, inventory control di Indomaret juga berkesempatan mendapatkan bonus dan tunjangan lainnya. Besarnya bonus dan tunjangan tergantung pada kinerja dan kebijakan perusahaan.

Conclusion

Gaji inventory control di Indomaret cukup kompetitif dibandingkan dengan gaji inventory control di perusahaan lain. Rata-rata total gaji inventory control di Indomaret berkisar antara Rp3.000.000 hingga Rp5.000.000 per bulan.

Inventory control yang berprestasi baik memiliki peluang untuk mendapatkan gaji yang lebih tinggi. Oleh karena itu, inventory control harus terus meningkatkan kinerja dan mengembangkan keterampilan mereka.

Selain gaji, inventory control di Indomaret juga berkesempatan mendapatkan bonus dan tunjangan lainnya. Besarnya bonus dan tunjangan tergantung pada kinerja dan kebijakan perusahaan.

Dengan demikian, inventory control di Indomaret memiliki potensi untuk mendapatkan kesejahteraan finansial yang baik.

Demikian artikel tentang gaji inventory control di Indomaret. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Images References :

Check Also

karir mahfud md

Karier Mahfud MD: Dari Aktivis hingga Menteri

Mahfud MD merupakan salah satu tokoh hukum dan politik Indonesia yang paling dikenal. Ia pernah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *