Teknologi Smartphone Terbaru di Tahun 2020

  • Whatsapp
Teknologi Smartphone Terbaru di Tahun 2020

Hampir di setiap waktu, manusia selalu melakukan penelitian sehingga seiring perkembangan zaman teknologi yang dimiliki manusia semakin maju. Begitu juga dengan teknologi smartphone terbaru yang selalu berubah setiap tahunnya. Tak heran akibat cepatnya perubahan teknologi yang digunakan, membuat harga smartphone yang cukup mahal di tahun ini sudah sangat murah di 3 tahun berikutnya. Hal tersebut dikarenakan teknologi yang digunakan dianggap sudah ketinggalan jaman. Pada artikel ini saya akan mencoba membahas mengenai teknologi smartphone terbaru di 2020.

Teknologi Smartphone Terbaru

Salah satu ajang untuk mengamati teknologi smartphone terbaru adalah dengan melihat pameran, salah satunya adalah pameran teknologi Consumer Electronics Shows. Disini para pabrikan smartphone berupaya memamerkan teknologi terbaru yang mereka miliki. Hal itulah yang sering menjadikan CES sebagai tolak ukur untuk memperkirakan teknologi smartphone seperti apa yang akan tren dalam waktu dekat.

Begitu Pula yang terjadi pada pameran CES tahun ini yang menampilkan sejumlah teknologi anyar kepada publik. Berikut ini beberapa teknologi smartphone terbaru yang ditampilkan pada ajang CES 2020.

1. Smartphone Lipat Berharga Murah
Sebenarnya teknologi smartphone yang layarnya bisa dilipat pertama kali muncul di tahun 2020. Ketika itu samsung dan Huawei sama-sama memperkenalkan teknologi ini, samsung mengeluarkan Galaxy Fold sedangkan Huawei mengeluarkan Huawei Mate X. Sayangnya kedua ponsel tersebut dibanderol dengan harga sangat tinggi, harga keduanya mencapai lebih dari 30 juta rupiah. Dengan harga semahal itu tentu saja tidak semua orang mampu untuk membelinya.

Dengan semakin berkembangnya teknologi yang dimiliki oleh para vendor smartphone, mereka mulai mampu membuat smartphone yang dapat dilipat dengan harga lebih murah. Di ajang CES 2020 ini pabrikan asal Cina TCL memamerkan smartphone layar lipat yang memiliki harga lebih murah yaitu dibawah 20 juta rupiah. Smartphone ini telah didukung tiga kamera beresolusi tinggi dan mendukung konektivitas 5G. Selain TCL, Samsung pun memamerkan smartphone lipatnya yang hanya dibanderol dengan harga 850 dollar Amerika atau jika dirupiahkan sekitar 11 jutaan. Sayangnya belum diketahui secara pasti spesifikasi dari smartphone layar lipat yang dikeluarkan oleh Samsung ini.

2. Teknologi 5G pada Smartphone
Di Indonesia jaringan 5G memang belum tahu kapan akan dibangunnya, akan tetapi di negara-negara maju jaringan ini sudah mulai bisa dipakai. Hal itu mengakibatkan beberapa vendor mulai memamerkan smartphone 5G yang mereka ciptakan. Pada ajang CES 2020 ini, sejumlah vendor mengeluarkan ponsel 5G yang memiliki harga relatif cukup terjangkau.

Beberapa diantaranya adalah TCl Pro dengan harga 500 Dollar AS dan Coolpad Legacy yang akan dibanderol dengan harga 400 dolar AS. Nokia pun tidak mau kalah dengan mengeluarkan Nokia 5.3 yang dibanderol dengan harga 599 Euro. Smartphone keluaran nokia ini memiliki kamera utama yang sangat canggih dengan resolusi 64 MP. Selain dibekali kamera yang sangat canggih dan teknologi jaringan paling modern, dapur pacu smartphone ini menggunakan Snapdragon 765G dan RAM 6 GB serta sistem operasi Android 10.

Smartphone 5G keluaran terbaru ini merupakan penantang Samsung yang saat ini merajai pasar ponsel 5G di negara-negara barat. Ada dua smartphone 5G yang menjadi andalan pabrikan asal Korea tersebut, yaitu Galaxy S20 5G dan Galaxy A90 5G. Pada semester 2020 ini saja, Samsung berhasil menjual kedua ponsel tersebut sebanyak 4 juta unit ke Eropa Barat saja. Jumlah tersebut sekitar 88 persen dari total penjualan seluruh ponsel 5G yang ada di wilayah tersebut.

3. Desain Kamera
Kecanggihan teknologi kamera yang dimiliki oleh sebuah smartphone seringkali menjadi salah satu hal yang mempengaruhi apakah seseorang akan membelinya atau tidak. Selain resolusi kamera yang dimiliki, desain tampilan serta penempatan lensa kamera ini juga menjadi salah satu hal yang dianggap cukup penting. Jika di tahun 2019 lalu banyak vendor yang mengeluarkan ponsel dengan 3 kamera yang ditempatkan sebaris pada CES 2020 ini samsung menampilkan Smartphone dengan 3 kamera belakang yang ditempatkan dalam bentuk segitiga.

Smartphone tersebut adalah Galaxy Note 10 Lite dan Galaxy S10 Lite yang mempunyai 3 kamera belakang yang ditempatkan dalam sebuah wadah kamera persegi yang berwarna hitam. Kamera yang dimiliki smartphone samsung ini dianggap meniru Iphone 11 yang memiliki desain kamera yang sama. Dalam CES 2020 ini ada pula kamera yang dapat menghilang di balik kaca pelindungnya ketika sedang tidak digunakan. Desain kamera yang seperti ini dimiliki oleh Oneplus Concept One yang memiliki kamera belakang sebesar 48 Mp dan 2 kamera beresolusi 16 MP.

4. Ponsel Untuk Gaming
Dunia gaming di seluruh dunia saat ini sedang cukup hangat, sehingga industri ini berkembang dengan cukup besar. Di negara kita saja, bapak presiden Joko Widodo mengadakan kompetisi gaming atau yang lebih dikenal dengan nama E-sport. Adanya pasar ponsel yang dibutuhkan untuk bermain game ini tentunya membuat para vendor smartphone mengincarnya. Pasar ponsel gaming ini diprediksi akan semakin besar akibat semakin boomingnya para game mobile, yang salah satunya diakibatkan oleh adanya pandemi Covid-19. Mereka berusaha menciptakan sebuah ponsel yang memberikan para pecinta game ini pengalaman bermain game yang lebih baik.

Para vendor smartphone ini mulai membekali ponsel mereka dengan layar yang mampu melakukan refresh rate sebesar 120 Hz sehingga akan menampilkan tampilan bermain game yang lebih baik. Selain itu masalah GPU juga menjadi salah satu yang diperlukan oleh sebuah ponsel gaming, banyak vendor yang membekali ponsel harga menengah mereka dengan chipset Snapdragon 765G yang digunakan untuk membuat para gamers mobile menjadi tertarik untuk membelinya.

Beberapa ponsel gaming yang telah menggunakan Snapdragon 765G diantaranya adalah :

  1. Xiaomi Redmi K30 5G
    Ponsel ini memiliki dapur pacu Snapdragon 765 G dengan Ram 6 Gb sehingga sangat nyaman digunakan untuk bermain game. Kamera beresolusi 64 MB dan harganya yang hanya sekitar 4 jutaan menjadikan ponsel ini banyak dipilih para gamers.
  2. Realme X50 5G 12 GB
    Smartphone ini dibanderol di harga 8 jutaan dan telah memiliki ram dengan kapasitas 12 GB.
  3. Vivo Z6
    Ponsel ini dilengkapi dengan Ram 8GB dan dibanderol dengan harga 5 jutaan.

5. Pengisian Daya Baterai Cepat
Masalah pengisian daya baterai ini seringkali menjadi permasalahan para pemilik smartphone. Mereka mengeluhkan lamanya waktu yang dibutuhkan untuk mengisi daya ponsel mereka hingga penuh. Untuk Mengatasi permasalahan ini pabrikan ponsel asal China, Vivo mengeluarkan teknologi Flash Charge yang disematkan pada kedua ponsel terbarunya, yaitu V20 dan V20 SE. Dengan teknologi smartphone terbaru ini, ponsel tersebut mampu mengisi daya baterai dari 0 persen menjadi 65 persen hanya dalam waktu 30 menit saja. Dengan adanya teknologi pengisian daya baterai cepat ini tentunya akan membantu bagi anda yang memiliki aktivitas yang sibuk dan membutuhkan terhubung dengan ponsel anda secara terus menerus. Dengan kapasitas baterai 4.000 mAh maka anda bisa mengisi daya baterai sekitar 2.700 mAh dalam waktu 30 menit. Daya sebanyak itu dapat anda gunakan selama sekitar 1 hari penuh. Untuk harganya, Vivo V20 dibanderol dengan harga 5 juta sedangkan Vivo V20 Se dibanderol dengan harga 4 juta rupiah.

Itulah beberapa teknologi smartphone terbaru yang dipamerkan di dalam pameran CES 2020. Tentunya fitur-fitur baru yang muncul ini akan semakin memanjakan para pengguna telepon pintar.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *