Pentingnya Edukasi Tentang Etika untuk Anak Anda

  • Whatsapp
Pentingnya Edukasi Tentang Etika untuk Anak Anda

Edukasi tentang etika sangat penting untuk anak anda, karena ia menjadi dasar fondasi sikap anak anda. Di negara-negara maju seperti Jepang, masalah etika ini selalu diutamakan lebih dari urusan pengetahuan. Bagi masyarakat negara maju, jika anaknya tidak bisa matematika maka tidak terlalu masalah. Akan tetapi bila mereka tidak tahu tentang etika, misalnya tidak tau cara mengantri maka itu akan membuat sang orang tua menjadi panik.

Begitu pentingnya etika ini diajarkan kepada anak-anak sejak usia dini disana. Oleh karena itu, kita perlu mencontoh negara-negara maju tentang hal tersebut. Sayangnya, di negara kita ini justru seringkali etika anak dianggap remeh. Banyak sekali orang tua yang membiarkan anaknya berperilaku tidak sopan. Mereka justru akan merasa marah ke anak apabila nilai pelajaran mereka jelek. Tentu itu bukanlah sesuatu yang baik untuk dilakukan.

Penyebab Pentingnya Edukasi Etika

Mengajarkan ilmu pengetahuan ke anak memang penting, akan tetapi sebaiknya itu tidak dijadikan prioritas orang tua di rumah. Hal itu dikarenakan etika jauh lebih penting, sehingga perlu didahulukan sebelum kita mengajarkan ilmu pengetahuan kepada anak. Anak yang tidak pintar dalam ilmu pengetahuan belum tentu masa depannya tidak sukses, bisa jadi dia pandai di bidang lainnya misalnya menggambar. Berbeda jika anak anda tidak paham etika, ia akan kesulitan dalam bergaul sehingga masa depannya terancam. Berikut ini adalah beberapa penyebab pentingnya edukasi etika untuk anak anda.

1. Menjamin Masa Depan Anak Lebih Baik
Dalam setiap lowongan pekerjaan, salah satu hal yang biasanya dicantumkan dalam syaratnya adalah kemampuan bekerja sama dalam tim. Dalam bekerja sama dalam tim ini tentunya anak anda perlu diajari etika dari kecil sehingga saat sudah besar ia dapat beretika dengan baik sehingga menjadi pribadi yang mudah bergaul. Anda jangan memarahi anak anda ketika nilai salah satu pelajarannya jelek, misalnya saja pelajaran matematika mendapatkan nilai merah. Belum tentu juga di masa depan anak anda berkecimpung di dunia yang berhubungan dengan matematika, karena banyak sekali pekerjaan yang tidak berhubungan dengan matematika.

Oleh karena itu anda tidak perlu menomorsatukan pendidikan dasar anda, jangan suruh anak anda belajar terus di rumah. Hal itu akan menyebabkan kemampuannya bersosialisasi dengan lingkungan menjadi tidak terasah Itu malah justru lebih berbahaya daripada anak anda tidak mengerti tentang pelajaran. Ketika anak anda nantinya pandai menjaga hubungan baik dengan orang lain maka ia akan mempunyai relasi yang banyak. Relasi ini merupakan suatu hal yang penting bagi orang dewasa, dengannya ia akan lebih dimudahkan dalam menjalankan pekerjaanya. Jadi pendidikan etika dan moral tetaplah menjadi paling penting dibandingkan pelajaran-pelajaran di sekolah agar nantinya masa depan anak anda lebih baik.

2. Menghasilkan Kepribadian Anak yang Lebih Baik
Dengan mengajari etika kepada anak, ia akan menjadi tahu cara menghargai orang lain sehingga organ lain pun akan membalas dengan cara yang sama. Ketika anak anda tahu bagaimana cara menghormati orang yang lebih tua, maka orang yang lebih tua tersebut akan menjadi menyayanginya. Ketika anak anda telah mengerti tentang hal tersebut, anda pun tidak perlu lagi khawatir apabila ia akan pergi menempuh pendidikan di kota lain. Hal itu dikarenakan anda telah yakin bahwa anak anda bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat tinggal barunya tersebut.

3. Ia akan Selalu Bersikap Hormat terhadap Orang Tuanya
Tidak akan terjadi yang namanya kenakalan remaja apabila setiap anak dididik dengan benar. Mendidik dengan benar disini artinya berhasil membuat anak anda menerapkan etika yang baik di dalam kehidupan sehari-harinya. Dengan dasar pendidikan etika dan moral yang baik maka anak anda tidak akan mudah dipengaruhi pergaulan buruk di lingkungannya. Anak anda pun akan menjadi hormat kepada anda, meskipun sesekali anda pasti memarahinya ketika ia melakukan kesalahan.

Memarahi anak ini juga harus dilakukan dengan benar, utamakan mengarahkan dengan lemah lembut terlebih dahulu dan jelaskan apa kesalahan dan mengapa itu tidak boleh dilakukan. Biasanya anak yang telah mengenal etika akan mengerti saat diarahkan dengan lemah lembut, tidak perlu anda membentak-bentaknya apalagi sampai menggunakan kekerasan. Biasanya memarahi dengan membentak dan kekerasan ini justru akan membuat jiwa pembangkang anak menjadi bangkit sehingga justru ia akan mengulangi kesalahannya.

4. Tidak Mengecewakan Anda di Masa Tua
Di Dalam pendidikan etika anak anda akan diajarkan bagaimana harus merawat orang tua di hari tuanya. Hal itu dikarenakan pada saat orang tua telah berusia uzur, ia sudah tidak mampu lagi melakukan segala sesuatunya sendirian. Orang tua sudah membutuhkan bantuan anak ketika ia telah memasuki usia yang produktif. Karena anda telah menanamkan pelajaran tentang etika kepada anak sejak kecil, anak pun pasti mengingat masalah ini dengan jelas sehingga ketika anda sudah tua anak anda akan merawat anda dengan benar. Itulah salah satu wujud terima kasih anak kepada orang tua yang telah membesarkannya dengan benar dan penuh kasih sayang ketika ia masih kecil.

Sebaliknya, ketika anda mengutamakan pelajaran sekolah dan tidak mengajarkan tentang etika sejak kecil. Apalagi ketika anda mendidiknya dengan membentak-bentak dan kekerasan maka bisa jadi ketika anda sudah tua anak anda tidak mau mengurus anda lagi. Kita lihat saja bahwa saat ini banyak anak yang tidak peduli dengan orang tuanya, mereka lebih mementingkan karir daripada masa tua orang tuanya. Berapa banyak orang tua yang tinggal sendirian di rumah karena anaknya sibuk mencari harta.

Sebenarnya itu salah satunya juga karena kesalahan pendidikan orang tuanya. Saat masih kecil, sang anak di didik untuk sekolah yang benar agar pandai dan pintar mencari uang. Saat masih kecil sang anak di didik bahwa orang sukses adalah orang yang kaya, sehingga menjadi wajar sekali apabila ketika dewasanya ia menjadi mengutamakan harta. Orang tuanya pun tidak mau diurusin sehingga akhirnya merekalah yang menderita sendiri. Oleh sebab itu, sekali lagi anda perlu lebih mengutamakan etika daripada pelajaran sekolah apalagi harta karena etika dan agama merupakan pondasi untuk menjadi manusia yang sukses dunia dan akhirat.

5. Menjadi Manusia yang Sukses Dunia dan Akhirat
Mengajari etika kepada anak tidak bisa dilepaskan dari agama, karena etika ini sendiri merupakkan salah satu bagian dalam agama. Di agama diajarkan bagaimana kita harus berbuat baik kepada sesama dan menjauhi perbuatan yang tercela. Dengan memadukan agama dan etika maka anak anda tentunya akan tumbuh menjadi pribadi yang baik sesuai dengan ketentuan Allah swt. Percayalah jika tindakan anak anda sudah sesuai dengan apa yang diajarkan oleh agama maka dia akan menjadi pribadi yang sukses dunia dan akhirat. Jika sudah demikian, maka anda sebagai orang tuanya akan juga mendapatkan berkah dari tingkah laku anak anda tersebut.

Itulah beberapa penyebab pentingnya edukasi tentang etika untuk anak anda, jangan menganggap remeh masalah ini karena jika anda menyepelekannya bisa fatal akibatnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *