Memanfaatkan Alam untuk Kecantikan Anda

  • Whatsapp
Memanfaatkan Alam untuk Kecantikan Anda

Alam memang menyediakan banyak sumber daya untuk bisa dimanfaatkan oleh manusia. Salah satu manfaat bahan-bahan yang ada di alam adalah untuk kecantikan anda. Tentu sebagai wanita, anda ingin memiliki kulit yang putih, bersih, sehat dan cerah sehingga penampilan anda terlihat mempesona. Mungkin untuk mendapatkan hal tersebut, banyak wanita yang membeli kosmetik berbahan kimia sehingga dapat membuat kulit glowing dalam waktu cepat.

Namun, kita harus sadar bahwa menggunakan produk berbahan kimia tersebut secara jangka panjang akan membahayakan tubuh anda. Stabilisator, pengawet, agen aromatik dan pewarna buatan yang terdapat di dalam kosmetik ternyata justru akan menyebabkan kerusakan kulit dalam jangka panjang. Oleh sebab itu sebaiknya kita mengambil manfaat dari bahan yang disediakan oleh alam untuk menghindari bahan-bahan kimia. Sejatinya menggunakan bahan-bahan yang berasal dari alam ini justru dapat memberikan hasil yang lebih bagus bagi kulit anda.

Bahan-Bahan dari Alam yang Memberi Manfaat Bagi Kecantikan Anda

Menurut Grahams Natural Alternatives,beberapa bahan yang mudah di dapatkan dari alam dibawah ini dapat digunakan untuk mempercantik tampilan anda secara alami.

1. Minyak Kelapa
Minyak kelapa merupakan salah satu bahan dari alam yang bisa dimanfaatkan untuk kecantikan anda. Cara penggunaannya sangat mudah, anda hanya perlu mengoleskannya ke kulit anda atau bisa juga dengan mengkonsumsinya. Jika dioleskan secara langsung, minyak kelapa dapat membersihkan sel-sel kulit yang telah mati, memperkuat jaringan kulit dan melindungi kulit dari sengatan sinar matahari. Minyak kelapa juga dapat membunuh bakteri, jamur dan virus yang menempel di kulit anda. Selain itu, ia juga bisa digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit kulit, misalnya saja dermatitis.

2. Minyak Pohon Teh
Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa minyak pohon teh dapat digunakan untuk mempercantik wajah. Hal tersebut dikarenakan ia dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat di muka, kemerahan serta peradangan di kulit. Cara penggunaannya tinggal dioleskan saja pada bagian kulit yang mengalami masalah. Penggunaan minyak pohon teh ini juga tidak memiliki efek samping lho bagi kulit kita, sehingga sangat aman digunakan secara rutin. Ia juga mengandung berbagai senyawa yang berfungsi sebagai anti bakteri, jamur dan inflamasi.

3. Minyak Biji Anggur
Cara mendapatkan minyak ini dengan cara memeras air rebusan biji anggur. Di dalam minyak ini terkandung senyawa anti oksidan dan kaya akan asam linoeat. Kedua senyawa ini dapat dimanfaatkan untuk mengurangi jerawat serta mempertahankan kelembaban kulit. Minyak biji anggur ini bersifat non-komedogenik sehingga ia tidak menyumbat pori-pori yang ada pada kulit sehingga aman digunakan pada anda yang memiliki kulit sensitif. Hal tersebut berbeda dengan minyak kelapa yang bisa menyumbat pori-pori yang dapat menyebabkan reaksi alergi bagi orang yang memiliki kulit sensitif.

Kelebihan lain dari minyak biji anggur ialah ia tidak meninggalkan residu pada kulit. Hal itu menjadikannya mudah mengering sehingga dapat dijadikan make-up dasar yang bagus. Antioksidan yang ada di dalamnya juga cukup kuat yang dapat menangkap radikal bebas di kulit kita sehingga dapat mencegah terjadinya bintik-bintik penuaan. Di dalam minyak ini juga terdapat Proanthocyanidin (PTO), yang bermanfaat untuk meningkatkan produksi kolagen di kulit sehingga dapat mengurangi garis-garis halus serta stretch mark di wajah anda.

4. Air Mawar
Bahan dari alam lainnya yang memiliki manfaat untuk kecantikan anda adalah air mawar. Ia secara efektif dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat serta menyembuhkan kulit yang mengalami iritasi. Hal itu dikarenakan kandungan yang ada di dalamnya yang mampu menjadi pembersih kulit berminyak, mendinginkan kulit serta menjadi pelembab kulit yang kelit. Bahan ini juga tidak memiliki efek samping dan dapat bekerja dengan baik pada semua jenis kulit manusia.

Masyarakat Eropa sering menggunakan air mawar ini sebagai obat anti penuaan. Hal itu dikarenakan ia juga dapat mengencangkan, merevitalisasi dan melembutkan kulit sehingga anda akan terlihat cantik alami. Semua manfaat yang disebabkannya dikarenakan adanya kandungan vitamin dan antioksidan yang lumayan tinggi.

5. Minyak Argan
Minyak argan banyak dianggap sebagai sebagai obat super untuk merawat kulit. Hal ini dikarenakan ia kaya akan kandungan vitamin E, asam lemak esensial dan antioksidan. Ketiga kandungan tersebut sangat ampuh digunakan untuk menghilangkan keriput dan garis-garis halus yang diakibatkan penuaan. Minyak argan juga bisa digunakan untuk menghilangkan bekas luka bakar sehingga anda akan kembali tampil cantik. Minyak argan juga memiliki fungsi proteksi terhadap sinar matahari sehingga kulit anda akan tetap terlihat cerah dan elastis.

6. Cendana India Timur
Kayu cendana India timur mengandung minyak esensial yang dapat digunakan untuk menghilangkan proliferasi bakteri yang ada di kulit. Ia juga dapat digunakan untuk mengurangi peradangan yang terjadi di kulit. Penggunaan minyak ini sebaiknya dilakukan dengan mencampurnya dengan minyak almond dengan perbandingan 3 tetes minyak cendana dimasukkan ke dalam 180 ml minyak almond. Setelah itu, campuran kedua minyak ini di oleskan ke seluruh wajah anda. Efek positif yang dihasilkan dari penggunaan minyak ini juga relatif cepat, dalam waktu sekitar 3 hari biasanya sudah terlihat perbedaannya.

7. Cuka Sari Apel
Cuka sari apel telah sejak lama digunakan untuk merawat kulit. Telah banyak orang yang membuktikan khasiat bahan alami ini, entah itu dengan mengkonsumsinya ataupun mengoleskannya. Manfaat bahan alam ini untuk kecantikan anda didapatkan karena adanya senyawa asam asetat dan asam sitrat. Asam asetat merupakan senyawa antimikroba sehingga dengan mengoleskannya di kulit wajah anda, cuka sari apel mampu membunuh bakteri yang menjadi penyebab penyakit kulit termasuk salah satunya adalah jerawat. Sedangkan asam sitrat yang ada di dalam cuka sari apel dapat membantu mempercepat pergantian sel kulit mati dan mengatasi keriput serta bintik di wajah anda.

8. Garam
Garam merupakan bahan yang sangat mudah di dapatkan di alam khususnya yang berada di dekat laut. Di dalam garam terkandung berbagai jenis mineral seperti kalsium, kalium, magnesium dan natrium yang sangat dibutuhkan sel-sel kulit kuta. Pengunaan garam ini dapat dilakukan dengan mencampurkannya dengan madu dan alpukat untuk dijadikan lulur. Oleskan lulur yang dibuat dengan bahan-bahan tersebut dan biarkan beberapa saat. Kulit anda akan terasa lebih muda dalam waktu sekitar sebulan apabila anda menggunakannya secara teratur setiap hari.

9. Lidah buaya
Lidah buaya merupakan bahan alam yang mempunyai manfaat untuk kecantikan anda. Ia sudah sering digunakan untuk merawat kulit wajah sejak ratusan tahun yang lalu. Pengaplikasiannya sangat mudah,anda hanya perlu mengoleskan cairan lidah buaya ke wajah anda untuk dijadikan masker. Cairan yang ada di lidah buaya akan membantu produksi dan pelepasan kolagen serta membunuh mikroba sehingga kulit wajah anda akan terlihat lebih lembut. Lidah buaya juga sangat ampuh untuk menyembuhkan luka, baik yang disebabkan oleh goresan ataupun akibat terbakar.

Itulah 9 bahan alam yang memiliki manfaat untuk kecantikan anda. Penggunaan bahan alami diatas untuk merawat kulit anda sangatlah baik untuk dilakukan. Hal itu dikarenakan selain aman untuk jangka panjang serta tanpa efek samping, ia juga sangat ramah lingkungan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *