Gaji Sales Mobil: Besaran dan Cara Menghitungnya


Gaji Sales Mobil: Besaran dan Cara Menghitungnya

Bekerja sebagai sales mobil dapat menjadi pilihan yang menarik bagi mereka yang ingin terjun ke dalam dunia otomotif. Selain berpotensi mendapatkan gaji yang besar, profesi ini juga menawarkan kesempatan untuk bertemu dengan banyak orang dan mempelajari tentang berbagai jenis mobil.

Namun, sebelum memutuskan untuk menjadi sales mobil, ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu sistem gaji yang berlaku di profesi ini. Pada umumnya, gaji sales mobil terdiri dari gaji pokok, komisi, dan bonus. Gaji pokok biasanya dihitung berdasarkan jam kerja atau jumlah hari kerja, sedangkan komisi dihitung berdasarkan jumlah mobil yang berhasil dijual.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang besaran gaji sales mobil dan cara menghitungnya, simak penjelasan berikut ini.

gaji sales mobil

Berikut ini adalah 7 poin penting tentang gaji sales mobil:

  • Komisi penjualan
  • Bonus penjualan
  • Gaji pokok
  • Tunjangan
  • Insentif
  • Potongan
  • Pajak

Itulah beberapa poin penting yang perlu Anda ketahui tentang gaji sales mobil. Semoga informasi ini bermanfaat.

Komisi penjualan

Komisi penjualan adalah salah satu komponen utama dari gaji sales mobil. Komisi ini dihitung berdasarkan jumlah mobil yang berhasil dijual. Besaran komisi bervariasi tergantung pada kebijakan masing-masing dealer mobil. Namun, umumnya komisi penjualan berkisar antara 1% hingga 5% dari harga jual mobil.

Selain itu, beberapa dealer mobil juga memberikan bonus penjualan bagi sales yang berhasil mencapai target penjualan tertentu. Bonus ini biasanya berupa uang tunai atau hadiah lainnya.

Komisi penjualan dapat menjadi sumber pendapatan yang besar bagi sales mobil. Namun, untuk mendapatkan komisi yang besar, sales mobil harus bekerja keras dan cerdas. Mereka harus mampu memahami kebutuhan pelanggan dan menawarkan mobil yang sesuai dengan keinginan pelanggan.

Selain itu, sales mobil juga harus pandai bernegosiasi dengan pelanggan agar mendapatkan harga jual yang terbaik. Semakin tinggi harga jual mobil, semakin besar pula komisi yang akan diterima oleh sales mobil.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang komisi penjualan dalam gaji sales mobil. Semoga informasi ini bermanfaat.

Bonus penjualan

Bonus penjualan adalah salah satu komponen tambahan dari gaji sales mobil. Bonus ini diberikan kepada sales yang berhasil mencapai target penjualan tertentu. Besaran bonus penjualan bervariasi tergantung pada kebijakan masing-masing dealer mobil. Namun, umumnya bonus penjualan berkisar antara 1% hingga 10% dari total penjualan.

Bonus penjualan dapat menjadi sumber pendapatan yang besar bagi sales mobil. Namun, untuk mendapatkan bonus ini, sales mobil harus bekerja keras dan cerdas. Mereka harus mampu memahami kebutuhan pelanggan dan menawarkan mobil yang sesuai dengan keinginan pelanggan.

Selain itu, sales mobil juga harus pandai bernegosiasi dengan pelanggan agar mendapatkan harga jual yang terbaik. Semakin tinggi harga jual mobil, semakin besar pula bonus penjualan yang akan diterima oleh sales mobil.

Selain itu, beberapa dealer mobil juga memberikan bonus penjualan khusus untuk sales yang berhasil menjual mobil tertentu. Misalnya, bonus penjualan untuk mobil mewah atau mobil listrik biasanya lebih besar daripada bonus penjualan untuk mobil biasa.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang bonus penjualan dalam gaji sales mobil. Semoga informasi ini bermanfaat.

Gaji pokok

Gaji pokok adalah komponen tetap dari gaji sales mobil. Gaji pokok ini dibayarkan setiap bulan, terlepas dari apakah sales mobil berhasil menjual mobil atau tidak. Besaran gaji pokok sales mobil bervariasi tergantung pada kebijakan masing-masing dealer mobil. Namun, umumnya gaji pokok sales mobil berkisar antara Rp2.000.000 hingga Rp5.000.000 per bulan.

Gaji pokok sales mobil biasanya dihitung berdasarkan jam kerja atau jumlah hari kerja. Namun, ada juga beberapa dealer mobil yang membayar gaji pokok sales mobil berdasarkan gaji bulanan tetap.

Gaji pokok sales mobil dapat menjadi sumber pendapatan yang stabil bagi sales mobil. Namun, untuk mendapatkan gaji pokok yang besar, sales mobil harus bekerja keras dan cerdas. Mereka harus mampu memahami kebutuhan pelanggan dan menawarkan mobil yang sesuai dengan keinginan pelanggan.

Selain itu, sales mobil juga harus pandai bernegosiasi dengan pelanggan agar mendapatkan harga jual yang terbaik. Semakin tinggi harga jual mobil, semakin besar pula komisi dan bonus penjualan yang akan diterima oleh sales mobil.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang gaji pokok dalam gaji sales mobil. Semoga informasi ini bermanfaat.

Tunjangan

Tunjangan adalah komponen tambahan dari gaji sales mobil yang diberikan oleh dealer mobil kepada sales mobil. Tunjangan ini diberikan sebagai bentuk penghargaan atas kinerja sales mobil dan untuk membantu sales mobil memenuhi kebutuhan hidupnya.

  • Tunjangan transportasi

    Tunjangan transportasi diberikan kepada sales mobil untuk membantu mereka memenuhi biaya transportasi dalam menjalankan pekerjaannya. Besaran tunjangan transportasi bervariasi tergantung pada kebijakan masing-masing dealer mobil. Namun, umumnya tunjangan transportasi berkisar antara Rp300.000 hingga Rp1.000.000 per bulan.

  • Tunjangan makan

    Tunjangan makan diberikan kepada sales mobil untuk membantu mereka memenuhi biaya makan selama bekerja. Besaran tunjangan makan bervariasi tergantung pada kebijakan masing-masing dealer mobil. Namun, umumnya tunjangan makan berkisar antara Rp200.000 hingga Rp500.000 per bulan.

  • Tunjangan komunikasi

    Tunjangan komunikasi diberikan kepada sales mobil untuk membantu mereka memenuhi biaya komunikasi dalam menjalankan pekerjaannya. Besaran tunjangan komunikasi bervariasi tergantung pada kebijakan masing-masing dealer mobil. Namun, umumnya tunjangan komunikasi berkisar antara Rp100.000 hingga Rp300.000 per bulan.

  • Tunjangan kesehatan

    Tunjangan kesehatan diberikan kepada sales mobil untuk membantu mereka memenuhi biaya kesehatan. Besaran tunjangan kesehatan bervariasi tergantung pada kebijakan masing-masing dealer mobil. Namun, umumnya tunjangan kesehatan berkisar antara Rp100.000 hingga Rp200.000 per bulan.

Itulah beberapa jenis tunjangan yang biasa diberikan kepada sales mobil. Semoga informasi ini bermanfaat.

Insentif

Insentif adalah komponen tambahan dari gaji sales mobil yang diberikan oleh dealer mobil kepada sales mobil sebagai bentuk penghargaan atas kinerja mereka. Insentif ini biasanya diberikan dalam bentuk uang tunai atau hadiah lainnya.

  • Insentif penjualan

    Insentif penjualan diberikan kepada sales mobil yang berhasil menjual mobil dalam jumlah tertentu. Besaran insentif penjualan bervariasi tergantung pada kebijakan masing-masing dealer mobil. Namun, umumnya insentif penjualan berkisar antara Rp1.000.000 hingga Rp5.000.000 per mobil.

  • Insentif target

    Insentif target diberikan kepada sales mobil yang berhasil mencapai target penjualan yang ditetapkan oleh dealer mobil. Besaran insentif target bervariasi tergantung pada kebijakan masing-masing dealer mobil. Namun, umumnya insentif target berkisar antara Rp2.000.000 hingga Rp10.000.000 per bulan.

  • Insentif loyalitas

    Insentif loyalitas diberikan kepada sales mobil yang telah bekerja di dealer mobil tersebut selama jangka waktu tertentu. Besaran insentif loyalitas bervariasi tergantung pada kebijakan masing-masing dealer mobil. Namun, umumnya insentif loyalitas berkisar antara Rp500.000 hingga Rp2.000.000 per tahun.

  • Insentif khusus

    Insentif khusus diberikan kepada sales mobil yang berhasil menjual mobil tertentu atau yang berhasil mencapai prestasi tertentu. Misalnya, insentif khusus untuk penjualan mobil mewah atau insentif khusus untuk sales mobil yang berhasil memenangkan kompetisi penjualan.

Itulah beberapa jenis insentif yang biasa diberikan kepada sales mobil. Semoga informasi ini bermanfaat.

Potongan

Potongan adalah komponen pengurang dari gaji sales mobil. Potongan ini biasanya berupa potongan pajak, potongan iuran BPJS, dan potongan lainnya.

  • Potongan pajak

    Potongan pajak adalah potongan yang dikenakan kepada sales mobil atas penghasilannya. Besaran potongan pajak bervariasi tergantung pada gaji sales mobil dan status pajaknya. Potongan pajak dihitung berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

  • Potongan iuran BPJS

    Potongan iuran BPJS adalah potongan yang dikenakan kepada sales mobil untuk membayar iuran BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. Besaran potongan iuran BPJS bervariasi tergantung pada gaji sales mobil dan kelas BPJS yang dipilihnya.

  • Potongan lainnya

    Potongan lainnya adalah potongan yang dikenakan kepada sales mobil untuk membayar biaya-biaya tertentu, seperti potongan untuk membayar uang muka mobil dinas, potongan untuk membayar biaya perawatan mobil dinas, dan potongan untuk membayar biaya seragam.

Itulah beberapa jenis potongan yang biasa dikenakan kepada sales mobil. Semoga informasi ini bermanfaat.

Pajak

Pajak adalah potongan yang dikenakan kepada sales mobil atas penghasilannya. Besaran potongan pajak bervariasi tergantung pada gaji sales mobil dan status pajaknya.

Untuk sales mobil yang berstatus karyawan, pajak yang dikenakan adalah Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 21. PPh Pasal 21 dihitung berdasarkan gaji bruto sales mobil dikurangi dengan Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP).

PTKP untuk sales mobil yang belum menikah adalah Rp4.500.000 per bulan. Sedangkan PTKP untuk sales mobil yang sudah menikah dan memiliki istri/suami yang tidak bekerja adalah Rp5.400.000 per bulan.

Jika gaji bruto sales mobil melebihi PTKP, maka sales mobil tersebut wajib membayar PPh Pasal 21. Tarif PPh Pasal 21 untuk sales mobil adalah sebagai berikut:

  • 0% untuk penghasilan sampai dengan Rp4.500.000 per bulan
  • 5% untuk penghasilan di atas Rp4.500.000 sampai dengan Rp12.500.000 per bulan
  • 15% untuk penghasilan di atas Rp12.500.000 sampai dengan Rp50.000.000 per bulan
  • 25% untuk penghasilan di atas Rp50.000.000 per bulan

Itulah penjelasan mengenai pajak yang dikenakan kepada sales mobil. Semoga informasi ini bermanfaat.

FAQ

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan mengenai gaji sales mobil:

Question 1: Berapa gaji pokok sales mobil?
Answer 1: Gaji pokok sales mobil bervariasi tergantung pada kebijakan masing-masing dealer mobil. Namun, umumnya gaji pokok sales mobil berkisar antara Rp2.000.000 hingga Rp5.000.000 per bulan.

Question 2: Berapa komisi penjualan sales mobil?
Answer 2: Komisi penjualan sales mobil bervariasi tergantung pada kebijakan masing-masing dealer mobil. Namun, umumnya komisi penjualan berkisar antara 1% hingga 5% dari harga jual mobil.

Question 3: Berapa bonus penjualan sales mobil?
Answer 3: Bonus penjualan sales mobil bervariasi tergantung pada kebijakan masing-masing dealer mobil. Namun, umumnya bonus penjualan berkisar antara 1% hingga 10% dari total penjualan.

Question 4: Apa saja tunjangan yang diberikan kepada sales mobil?
Answer 4: Tunjangan yang diberikan kepada sales mobil biasanya meliputi tunjangan transportasi, tunjangan makan, tunjangan komunikasi, dan tunjangan kesehatan.

Question 5: Apa saja insentif yang diberikan kepada sales mobil?
Answer 5: Insentif yang diberikan kepada sales mobil biasanya meliputi insentif penjualan, insentif target, insentif loyalitas, dan insentif khusus.

Question 6: Apa saja potongan yang dikenakan kepada sales mobil?
Answer 6: Potongan yang dikenakan kepada sales mobil biasanya meliputi potongan pajak, potongan iuran BPJS, dan potongan lainnya.

Question 7: Bagaimana cara menghitung gaji sales mobil?
Answer 7: Gaji sales mobil dihitung dengan cara menjumlahkan gaji pokok, komisi penjualan, bonus penjualan, tunjangan, dan insentif, kemudian dikurangi dengan potongan.

Demikian beberapa pertanyaan yang sering diajukan mengenai gaji sales mobil. Semoga informasi ini bermanfaat.

Jika Anda tertarik untuk menjadi seorang sales mobil, ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan gaji Anda. Pertama, pastikan Anda memiliki pengetahuan yang baik tentang mobil dan teknik penjualan. Kedua, bangun hubungan baik dengan pelanggan Anda. Ketiga, jangan takut untuk bekerja keras dan cerdas. Keempat, selalu update dengan perkembangan terbaru di dunia otomotif.

Tips

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan gaji Anda sebagai sales mobil:

Tip 1: Tingkatkan pengetahuan Anda tentang mobil dan teknik penjualan.

Semakin banyak pengetahuan yang Anda miliki tentang mobil dan teknik penjualan, semakin baik pula kinerja Anda sebagai sales mobil. Anda dapat meningkatkan pengetahuan Anda dengan membaca buku, artikel, dan blog tentang otomotif. Anda juga dapat mengikuti kursus atau pelatihan tentang penjualan mobil.

Tip 2: Bangun hubungan baik dengan pelanggan Anda.

Pelanggan adalah aset yang sangat penting bagi seorang sales mobil. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk membangun hubungan baik dengan pelanggan Anda. Anda dapat membangun hubungan baik dengan pelanggan dengan cara memberikan pelayanan yang terbaik, ramah, dan jujur. Anda juga dapat memberikan informasi yang jelas dan lengkap tentang mobil yang Anda jual.

Tip 3: Jangan takut untuk bekerja keras dan cerdas.

Untuk menjadi seorang sales mobil yang sukses, Anda harus bekerja keras dan cerdas. Anda harus siap untuk bekerja lembur dan meluangkan waktu ekstra untuk belajar dan meningkatkan keterampilan Anda. Anda juga harus kreatif dalam mencari cara untuk menarik pelanggan dan meningkatkan penjualan.

Tip 4: Selalu update dengan perkembangan terbaru di dunia otomotif.

Dunia otomotif terus berkembang pesat. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk selalu update dengan perkembangan terbaru di dunia otomotif. Anda dapat mengikuti berita dan informasi terbaru tentang mobil melalui media massa, internet, dan pameran otomotif. Dengan demikian, Anda dapat memberikan informasi yang terkini dan akurat kepada pelanggan Anda.

Demikian beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan gaji Anda sebagai sales mobil. Semoga informasi ini bermanfaat.

Jika Anda mengikuti tips-tips tersebut, Anda akan memiliki peluang yang lebih besar untuk menjadi seorang sales mobil yang sukses dengan gaji yang tinggi.

Conclusion

Gaji sales mobil dapat menjadi sumber pendapatan yang besar bagi mereka yang bekerja keras dan cerdas. Namun, sebelum memutuskan untuk menjadi seorang sales mobil, sebaiknya Anda memahami terlebih dahulu sistem gaji yang berlaku di profesi ini.

Pada umumnya, gaji sales mobil terdiri dari gaji pokok, komisi penjualan, bonus penjualan, tunjangan, dan insentif. Gaji pokok sales mobil biasanya dihitung berdasarkan jam kerja atau jumlah hari kerja, sedangkan komisi penjualan dihitung berdasarkan jumlah mobil yang berhasil dijual.

Besaran gaji sales mobil dapat bervariasi tergantung pada kebijakan masing-masing dealer mobil. Namun, secara umum, gaji sales mobil berkisar antara Rp2.000.000 hingga Rp10.000.000 per bulan.

Jika Anda tertarik untuk menjadi seorang sales mobil, ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan gaji Anda. Pertama, pastikan Anda memiliki pengetahuan yang baik tentang mobil dan teknik penjualan. Kedua, bangun hubungan baik dengan pelanggan Anda. Ketiga, jangan takut untuk bekerja keras dan cerdas. Keempat, selalu update dengan perkembangan terbaru di dunia otomotif.

Dengan mengikuti tips-tips tersebut, Anda akan memiliki peluang yang lebih besar untuk menjadi seorang sales mobil yang sukses dengan gaji yang tinggi.

Demikian informasi tentang gaji sales mobil. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang tertarik untuk terjun ke dalam dunia otomotif.

Images References :

Check Also

karir mahfud md

Karier Mahfud MD: Dari Aktivis hingga Menteri

Mahfud MD merupakan salah satu tokoh hukum dan politik Indonesia yang paling dikenal. Ia pernah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *