Gaji PJL Kereta Api: Besaran, Tunjangan, dan Fasilitas


Gaji PJL Kereta Api: Besaran, Tunjangan, dan Fasilitas

Bekerja sebagai petugas pelayanan jasa layanan (PJL) kereta api merupakan salah satu pekerjaan yang banyak diminati, terutama bagi yang memiliki hobi di bidang perkeretaapian. PJL kereta api bertugas untuk membantu penumpang dalam berbagai hal, seperti memberikan informasi, membantu naik turun kereta, dan menjaga keamanan dan ketertiban di stasiun.

Selain gaji pokok, PJL kereta api juga mendapatkan berbagai tunjangan dan fasilitas yang cukup menarik. Tunjangan tersebut antara lain tunjangan jabatan, tunjangan kinerja, tunjangan makan, dan tunjangan transportasi. Selain itu, PJL kereta api juga mendapatkan fasilitas kesehatan, fasilitas perumahan, dan fasilitas pendidikan.

Dengan gaji pokok, tunjangan, dan fasilitas yang cukup menarik tersebut, tidak heran jika banyak yang tertarik untuk bekerja sebagai PJL kereta api. Namun, perlu diingat bahwa menjadi PJL kereta api bukanlah pekerjaan yang mudah. PJL kereta api harus memiliki fisik yang kuat, mental yang tangguh, dan harus siap bekerja dalam kondisi yang kurang nyaman.

gaji pjl kereta api

Besaran, tunjangan, fasilitas, menarik, fisik kuat, mental tangguh, siap kerja, kondisi kurang nyaman

  • Gaji pokok kompetitif
  • Tunjangan jabatan dan kinerja
  • Tunjangan makan dan transportasi
  • Fasilitas kesehatan, perumahan, dan pendidikan
  • Fisik kuat dan mental tangguh
  • Siap kerja dalam kondisi kurang nyaman
  • Peluang karier yang baik
  • Menjadi bagian dari perusahaan transportasi terkemuka
  • Berkontribusi terhadap pelayanan publik

Demikianlah 9 poin penting tentang gaji PJL kereta api yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantu Anda dalam mengambil keputusan untuk bekerja sebagai PJL kereta api.

Gaji pokok kompetitif

Gaji pokok PJL kereta api cukup kompetitif jika dibandingkan dengan gaji karyawan di perusahaan lain yang bergerak di bidang transportasi. Gaji pokok PJL kereta api dapat bervariasi tergantung pada golongan dan masa kerja.

  • Gaji pokok golongan I

    Gaji pokok golongan I untuk PJL kereta api berkisar antara Rp2.500.000 hingga Rp3.000.000 per bulan.

  • Gaji pokok golongan II

    Gaji pokok golongan II untuk PJL kereta api berkisar antara Rp3.000.000 hingga Rp3.500.000 per bulan.

  • Gaji pokok golongan III

    Gaji pokok golongan III untuk PJL kereta api berkisar antara Rp3.500.000 hingga Rp4.000.000 per bulan.

  • Gaji pokok golongan IV

    Gaji pokok golongan IV untuk PJL kereta api berkisar antara Rp4.000.000 hingga Rp4.500.000 per bulan.

Selain gaji pokok, PJL kereta api juga mendapatkan berbagai tunjangan dan fasilitas yang cukup menarik. Tunjangan tersebut antara lain tunjangan jabatan, tunjangan kinerja, tunjangan makan, dan tunjangan transportasi. Selain itu, PJL kereta api juga mendapatkan fasilitas kesehatan, fasilitas perumahan, dan fasilitas pendidikan.

Tunjangan jabatan dan kinerja

Selain gaji pokok, PJL kereta api juga mendapatkan tunjangan jabatan dan tunjangan kinerja. Tunjangan jabatan diberikan berdasarkan golongan PJL kereta api, sedangkan tunjangan kinerja diberikan berdasarkan prestasi kerja.

  • Tunjangan jabatan golongan I

    Tunjangan jabatan golongan I untuk PJL kereta api berkisar antara Rp500.000 hingga Rp750.000 per bulan.

  • Tunjangan jabatan golongan II

    Tunjangan jabatan golongan II untuk PJL kereta api berkisar antara Rp750.000 hingga Rp1.000.000 per bulan.

  • Tunjangan jabatan golongan III

    Tunjangan jabatan golongan III untuk PJL kereta api berkisar antara Rp1.000.000 hingga Rp1.250.000 per bulan.

  • Tunjangan jabatan golongan IV

    Tunjangan jabatan golongan IV untuk PJL kereta api berkisar antara Rp1.250.000 hingga Rp1.500.000 per bulan.

  • Tunjangan kinerja

    Tunjangan kinerja untuk PJL kereta api diberikan berdasarkan penilaian kinerja tahunan. Besaran tunjangan kinerja dapat bervariasi tergantung pada penilaian kinerja masing-masing PJL kereta api.

Tunjangan jabatan dan tunjangan kinerja merupakan bagian penting dari gaji PJL kereta api. Kedua tunjangan ini dapat meningkatkan pendapatan PJL kereta api secara signifikan.

Tunjangan makan dan transportasi

Tunjangan makan dan transportasi merupakan bagian penting dari gaji PJL kereta api. Kedua tunjangan ini diberikan untuk membantu PJL kereta api memenuhi kebutuhan makan dan transportasi selama bekerja.

Tunjangan makan untuk PJL kereta api diberikan dalam bentuk uang tunai. Besaran tunjangan makan bervariasi tergantung pada golongan PJL kereta api. Rata-rata, tunjangan makan untuk PJL kereta api golongan I berkisar antara Rp200.000 hingga Rp300.000 per bulan, sedangkan untuk golongan IV berkisar antara Rp400.000 hingga Rp500.000 per bulan.

Tunjangan transportasi untuk PJL kereta api juga diberikan dalam bentuk uang tunai. Besaran tunjangan transportasi bervariasi tergantung pada lokasi kerja PJL kereta api. Rata-rata, tunjangan transportasi untuk PJL kereta api yang bekerja di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, dan Bandung berkisar antara Rp300.000 hingga Rp400.000 per bulan, sedangkan untuk PJL kereta api yang bekerja di kota-kota kecil berkisar antara Rp200.000 hingga Rp300.000 per bulan.

Tunjangan makan dan transportasi sangat membantu PJL kereta api dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kedua tunjangan ini dapat meringankan beban pengeluaran PJL kereta api, terutama bagi yang bekerja di kota-kota besar dengan biaya hidup yang tinggi.

Demikianlah penjelasan tentang tunjangan makan dan transportasi PJL kereta api. Semoga informasi ini bermanfaat.

Fasilitas kesehatan, perumahan, dan pendidikan

Selain gaji pokok dan tunjangan, PJL kereta api juga mendapatkan berbagai fasilitas menarik, seperti fasilitas kesehatan, perumahan, dan pendidikan.

  • Fasilitas kesehatan

    PJL kereta api dan keluarganya berhak mendapatkan fasilitas kesehatan gratis di klinik atau rumah sakit milik PT KAI. Fasilitas kesehatan ini meliputi pemeriksaan kesehatan, pengobatan umum, dan perawatan inap.

  • Fasilitas perumahan

    PJL kereta api yang belum memiliki rumah dapat mengajukan permohonan untuk mendapatkan rumah dinas. Rumah dinas yang disediakan oleh PT KAI biasanya berupa rumah sederhana dengan fasilitas lengkap.

  • Fasilitas pendidikan

    Anak-anak PJL kereta api berhak mendapatkan bantuan biaya pendidikan dari PT KAI. Bantuan biaya pendidikan ini diberikan dalam bentuk beasiswa atau uang saku.

  • Fasilitas lainnya

    Selain fasilitas kesehatan, perumahan, dan pendidikan, PJL kereta api juga mendapatkan fasilitas lainnya, seperti potongan harga tiket kereta api, pinjaman kendaraan bermotor, dan rekreasi keluarga.

Fasilitas-fasilitas tersebut diberikan oleh PT KAI sebagai bentuk penghargaan dan kesejahteraan bagi PJL kereta api. Dengan adanya fasilitas-fasilitas tersebut, PJL kereta api dapat bekerja dengan lebih tenang dan nyaman.

Fisik kuat dan mental tangguh

PJL kereta api harus memiliki fisik yang kuat dan mental yang tangguh. Pekerjaan PJL kereta api menuntut fisik yang kuat untuk dapat bekerja berjam-jam dengan berdiri dan berjalan. Selain itu, PJL kereta api juga harus memiliki mental yang tangguh untuk dapat menghadapi berbagai situasi yang tidak terduga, seperti adanya gangguan keamanan atau keterlambatan kereta.

  • Fisik kuat

    PJL kereta api harus memiliki fisik yang kuat untuk dapat bekerja berjam-jam dengan berdiri dan berjalan. Selain itu, PJL kereta api juga harus mampu mengangkat barang-barang berat, seperti koper dan tas penumpang.

  • Mental tangguh

    PJL kereta api harus memiliki mental yang tangguh untuk dapat menghadapi berbagai situasi yang tidak terduga. Misalnya, PJL kereta api harus tetap tenang dan mampu mengambil keputusan yang tepat ketika terjadi gangguan keamanan atau keterlambatan kereta.

  • Sabar dan ramah

    PJL kereta api harus memiliki sifat sabar dan ramah. PJL kereta api harus mampu melayani penumpang dengan baik, meskipun penumpang tersebut sedang dalam keadaan marah atau tidak puas.

  • Disiplin dan bertanggung jawab

    PJL kereta api harus memiliki sifat disiplin dan bertanggung jawab. PJL kereta api harus dapat bekerja sesuai dengan peraturan dan prosedur yang berlaku. Selain itu, PJL kereta api juga harus bertanggung jawab atas keselamatan penumpang dan barang bawaan mereka.

Demikianlah penjelasan tentang fisik kuat dan mental tangguh yang harus dimiliki oleh PJL kereta api. Semoga informasi ini bermanfaat.

Siap kerja dalam kondisi kurang nyaman

PJL kereta api harus siap bekerja dalam kondisi yang kurang nyaman. Misalnya, PJL kereta api harus siap bekerja di tempat yang panas, dingin, atau berisik. Selain itu, PJL kereta api juga harus siap bekerja dengan jam kerja yang panjang dan tidak menentu.

  • Bekerja di tempat yang panas, dingin, atau berisik

    PJL kereta api seringkali harus bekerja di tempat yang panas, dingin, atau berisik. Misalnya, PJL kereta api yang bekerja di stasiun kereta api harus siap bekerja di tempat yang panas dan berisik. Sedangkan PJL kereta api yang bekerja di kereta api harus siap bekerja di tempat yang dingin.

  • Bekerja dengan jam kerja yang panjang dan tidak menentu

    PJL kereta api seringkali harus bekerja dengan jam kerja yang panjang dan tidak menentu. Misalnya, PJL kereta api yang bekerja di stasiun kereta api harus siap bekerja lembur ketika terjadi kepadatan penumpang. Sedangkan PJL kereta api yang bekerja di kereta api harus siap bekerja selama berhari-hari tanpa pulang ke rumah.

  • Bekerja dengan risiko kecelakaan yang tinggi

    Pekerjaan PJL kereta api memiliki risiko kecelakaan yang tinggi. Misalnya, PJL kereta api yang bekerja di stasiun kereta api harus siap menghadapi risiko tertabrak kereta api. Sedangkan PJL kereta api yang bekerja di kereta api harus siap menghadapi risiko kecelakaan kereta api.

  • Bekerja dengan tekanan yang tinggi

    Pekerjaan PJL kereta api memiliki tekanan yang tinggi. Misalnya, PJL kereta api yang bekerja di stasiun kereta api harus siap menghadapi tekanan dari penumpang yang sedang marah atau tidak puas. Sedangkan PJL kereta api yang bekerja di kereta api harus siap menghadapi tekanan dari atasan atau rekan kerja.

Demikianlah penjelasan tentang siap kerja dalam kondisi kurang nyaman yang harus dimiliki oleh PJL kereta api. Semoga informasi ini bermanfaat.

Peluang karier yang baik

PJL kereta api memiliki peluang karier yang baik. PJL kereta api dapat naik jabatan menjadi asisten kepala stasiun, kepala stasiun, atau bahkan manajer stasiun. Selain itu, PJL kereta api juga dapat pindah ke bagian lain di PT KAI, seperti bagian operasional, bagian teknik, atau bagian keuangan.

Berikut ini adalah beberapa contoh peluang karier yang dapat diraih oleh PJL kereta api:

  • Asisten kepala stasiun

    Asisten kepala stasiun bertugas membantu kepala stasiun dalam mengelola stasiun kereta api. Asisten kepala stasiun biasanya bertanggung jawab atas bagian pelayanan penumpang, bagian keamanan, atau bagian kebersihan stasiun.

  • Kepala stasiun

    Kepala stasiun bertugas memimpin dan mengelola stasiun kereta api. Kepala stasiun bertanggung jawab atas seluruh kegiatan yang berlangsung di stasiun kereta api, termasuk pelayanan penumpang, keamanan, kebersihan, dan perawatan stasiun.

  • Manajer stasiun

    Manajer stasiun bertugas mengawasi dan mengendalikan beberapa stasiun kereta api. Manajer stasiun bertanggung jawab atas kinerja stasiun-stasiun yang berada di bawah pengawasannya.

  • Kepala bagian operasional

    Kepala bagian operasional bertugas merencanakan dan mengatur perjalanan kereta api. Kepala bagian operasional bertanggung jawab atas keselamatan dan ketepatan waktu perjalanan kereta api.

  • Kepala bagian teknik

    Kepala bagian teknik bertugas memelihara dan memperbaiki sarana dan prasarana kereta api. Kepala bagian teknik bertanggung jawab atas keselamatan dan keandalan sarana dan prasarana kereta api.

  • Kepala bagian keuangan

    Kepala bagian keuangan bertugas mengelola keuangan PT KAI. Kepala bagian keuangan bertanggung jawab atas pendapatan, belanja, dan laba PT KAI.

Demikianlah penjelasan tentang peluang karier yang baik bagi PJL kereta api. Semoga informasi ini bermanfaat.

Dengan adanya peluang karier yang baik tersebut, tidak heran jika banyak orang yang tertarik untuk bekerja sebagai PJL kereta api.

Menjadi bagian dari perusahaan transportasi terkemuka

Bekerja sebagai PJL kereta api berarti menjadi bagian dari PT KAI, salah satu perusahaan transportasi terkemuka di Indonesia. PT KAI memiliki sejarah panjang dan merupakan salah satu perusahaan transportasi terbesar di Indonesia.

  • Perusahaan transportasi terbesar di Indonesia

    PT KAI merupakan perusahaan transportasi terbesar di Indonesia. PT KAI mengoperasikan lebih dari 7.000 kilometer jalur kereta api dan melayani lebih dari 100 juta penumpang setiap tahunnya.

  • Perusahaan transportasi dengan sejarah panjang

    PT KAI memiliki sejarah panjang. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1867 dan telah mengalami berbagai perubahan nama dan struktur organisasi. Namun, PT KAI tetap menjadi perusahaan transportasi yang penting bagi Indonesia.

  • Perusahaan transportasi yang modern dan inovatif

    PT KAI merupakan perusahaan transportasi yang modern dan inovatif. PT KAI terus berupaya untuk meningkatkan kualitas layanan dan keselamatan perjalanan kereta api. PT KAI juga telah mengembangkan berbagai inovasi, seperti kereta api cepat dan kereta api ramah lingkungan.

  • Perusahaan transportasi yang memiliki peran penting dalam pembangunan nasional

    PT KAI memiliki peran penting dalam pembangunan nasional. PT KAI menghubungkan berbagai wilayah di Indonesia dan memudahkan masyarakat untuk bepergian. PT KAI juga mendukung pertumbuhan ekonomi dengan mengangkut barang-barang dan hasil produksi dari satu daerah ke daerah lain.

Demikianlah penjelasan tentang menjadi bagian dari perusahaan transportasi terkemuka yang dapat diperoleh jika bekerja sebagai PJL kereta api. Semoga informasi ini bermanfaat.

Berkontribusi terhadap pelayanan publik

Bekerja sebagai PJL kereta api berarti berkontribusi terhadap pelayanan publik. PJL kereta api membantu masyarakat untuk bepergian dengan aman, nyaman, dan tepat waktu. PJL kereta api juga membantu masyarakat untuk mengangkut barang-barang mereka dari satu tempat ke tempat lain.

Berikut ini adalah beberapa contoh kontribusi PJL kereta api terhadap pelayanan publik:

  • Membantu masyarakat untuk bepergian dengan aman, nyaman, dan tepat waktu

    PJL kereta api membantu masyarakat untuk bepergian dengan aman, nyaman, dan tepat waktu dengan memberikan pelayanan yang baik. PJL kereta api memastikan bahwa kereta api berangkat dan tiba sesuai jadwal, serta memberikan informasi yang jelas dan akurat kepada penumpang.

  • Membantu masyarakat untuk mengangkut barang-barang mereka dari satu tempat ke tempat lain

    PJL kereta api membantu masyarakat untuk mengangkut barang-barang mereka dari satu tempat ke tempat lain dengan menyediakan layanan pengiriman barang. PJL kereta api memastikan bahwa barang-barang tersebut sampai ke tujuan dengan selamat dan tepat waktu.

  • Menghubungkan berbagai wilayah di Indonesia

    PJL kereta api membantu menghubungkan berbagai wilayah di Indonesia dengan menyediakan layanan kereta api. PJL kereta api memastikan bahwa kereta api dapat beroperasi dengan lancar dan aman, sehingga masyarakat dapat bepergian dari satu wilayah ke wilayah lain dengan mudah.

  • Mendukung pertumbuhan ekonomi

    PJL kereta api membantu mendukung pertumbuhan ekonomi dengan mengangkut barang-barang dan hasil produksi dari satu daerah ke daerah lain. PJL kereta api memastikan bahwa barang-barang tersebut sampai ke tujuan dengan selamat dan tepat waktu, sehingga dapat mendukung kegiatan ekonomi di berbagai daerah.

Demikianlah penjelasan tentang berkontribusi terhadap pelayanan publik yang dapat dilakukan oleh PJL kereta api. Semoga informasi ini bermanfaat.

Dengan bekerja sebagai PJL kereta api, Anda dapat berkontribusi terhadap pelayanan publik dan membantu masyarakat untuk bepergian dengan aman, nyaman, dan tepat waktu.

FAQ

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan mengenai gaji PJL kereta api:

Question 1: Berapa gaji pokok PJL kereta api?
Answer 1: Gaji pokok PJL kereta api berkisar antara Rp2.500.000 hingga Rp4.500.000 per bulan, tergantung pada golongan dan masa kerja.

Question 2: Apa saja tunjangan yang diterima PJL kereta api?
Answer 2: PJL kereta api menerima berbagai tunjangan, antara lain tunjangan jabatan, tunjangan kinerja, tunjangan makan, dan tunjangan transportasi.

Question 3: Apakah PJL kereta api mendapatkan fasilitas kesehatan?
Answer 3: Ya, PJL kereta api dan keluarganya berhak mendapatkan fasilitas kesehatan gratis di klinik atau rumah sakit PT KAI.

Question 4: Apakah PJL kereta api mendapatkan fasilitas perumahan?
Answer 4: Ya, PJL kereta api yang belum memiliki rumah dapat mengajukan permohonan untuk mendapatkan rumah dinas yang disediakan oleh PT KAI.

Question 5: Apakah PJL kereta api mendapatkan fasilitas pendidikan?
Answer 5: Ya, anak-anak PJL kereta api berhak mendapatkan bantuan biaya pendidikan dari PT KAI dalam bentuk beasiswa atau uang saku.

Question 6: Apakah PJL kereta api mendapatkan fasilitas lainnya?
Answer 6: Ya, PJL kereta api mendapatkan fasilitas lainnya, seperti potongan harga tiket kereta api, pinjaman kendaraan bermotor, dan rekreasi keluarga.

Demikianlah penjelasan mengenai gaji PJL kereta api. Semoga informasi ini bermanfaat.

Jika Anda tertarik untuk bekerja sebagai PJL kereta api, ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk memperbesar peluang Anda diterima bekerja, seperti:

Tips

Jika Anda tertarik untuk bekerja sebagai PJL kereta api, ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk memperbesar peluang Anda diterima bekerja:

Tip 1: Lengkapi persyaratan administrasi dengan baik
Pastikan Anda melengkapi semua persyaratan administrasi yang dibutuhkan, seperti fotokopi ijazah, fotokopi KTP, dan surat keterangan sehat. Pastikan juga bahwa semua dokumen tersebut masih berlaku dan dalam kondisi yang baik.

Tip 2: Bersiaplah untuk mengikuti tes dan wawancara
Setelah Anda melengkapi persyaratan administrasi, Anda akan dipanggil untuk mengikuti tes dan wawancara. Tes yang diberikan biasanya meliputi tes tertulis, tes fisik, dan tes kesehatan. Sedangkan wawancara biasanya dilakukan untuk mengetahui motivasi dan kesiapan Anda bekerja sebagai PJL kereta api.

Tip 3: Pelajari tentang PT KAI dan pekerjaan PJL kereta api
Sebelum mengikuti tes dan wawancara, sebaiknya Anda mempelajari tentang PT KAI dan pekerjaan PJL kereta api. Anda dapat mencari informasi tentang PT KAI dan pekerjaan PJL kereta api di internet atau bertanya kepada orang yang pernah bekerja sebagai PJL kereta api.

Tip 4: Tunjukkan sikap yang baik dan disiplin
Selama mengikuti tes dan wawancara, tunjukkan sikap yang baik dan disiplin. Hal ini akan menunjukkan kepada pewawancara bahwa Anda adalah orang yang tepat untuk bekerja sebagai PJL kereta api.

Demikianlah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk memperbesar peluang Anda diterima bekerja sebagai PJL kereta api. Semoga informasi ini bermanfaat.

Jika Anda mengikuti tips-tips di atas, peluang Anda untuk diterima bekerja sebagai PJL kereta api akan semakin besar. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk bekerja di perusahaan transportasi terkemuka seperti PT KAI.

Conclusion

Gaji PJL kereta api cukup kompetitif jika dibandingkan dengan gaji karyawan di perusahaan lain yang bergerak di bidang transportasi. Selain gaji pokok, PJL kereta api juga mendapatkan berbagai tunjangan dan fasilitas yang cukup menarik. Tunjangan tersebut antara lain tunjangan jabatan, tunjangan kinerja, tunjangan makan, dan tunjangan transportasi. Selain itu, PJL kereta api juga mendapatkan fasilitas kesehatan, fasilitas perumahan, dan fasilitas pendidikan.

Pekerjaan PJL kereta api memiliki peluang karier yang baik. PJL kereta api dapat naik jabatan menjadi asisten kepala stasiun, kepala stasiun, atau bahkan manajer stasiun. Selain itu, PJL kereta api juga dapat pindah ke bagian lain di PT KAI, seperti bagian operasional, bagian teknik, atau bagian keuangan.

Bekerja sebagai PJL kereta api berarti menjadi bagian dari perusahaan transportasi terkemuka di Indonesia. PT KAI memiliki sejarah panjang dan merupakan salah satu perusahaan transportasi terbesar di Indonesia. PT KAI terus berupaya untuk meningkatkan kualitas layanan dan keselamatan perjalanan kereta api. PT KAI juga telah mengembangkan berbagai inovasi, seperti kereta api cepat dan kereta api ramah lingkungan.

Dengan bekerja sebagai PJL kereta api, Anda dapat berkontribusi terhadap pelayanan publik dan membantu masyarakat untuk bepergian dengan aman, nyaman, dan tepat waktu.

Demikianlah penjelasan mengenai gaji PJL kereta api. Semoga informasi ini bermanfaat. Jika Anda tertarik untuk bekerja sebagai PJL kereta api, jangan lewatkan kesempatan untuk bergabung dengan PT KAI.

Images References :

Check Also

karir mahfud md

Karier Mahfud MD: Dari Aktivis hingga Menteri

Mahfud MD merupakan salah satu tokoh hukum dan politik Indonesia yang paling dikenal. Ia pernah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *