Gaji dalam Bahasa Inggris: Istilah dan Contoh


Gaji dalam Bahasa Inggris: Istilah dan Contoh

Dalam dunia kerja, gaji merupakan salah satu faktor penting yang menentukan kesejahteraan pekerja. Namun, tidak semua orang memahami istilah-istilah yang berkaitan dengan gaji, terutama jika mereka bekerja di perusahaan asing atau menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar.

Artikel ini akan membahas berbagai istilah penting yang berkaitan dengan gaji dalam bahasa Inggris. Dengan memahami istilah-istilah ini, Anda dapat lebih memahami hak-hak dan kewajiban Anda sebagai pekerja, serta mempermudah komunikasi dengan atasan dan rekan kerja Anda.

Selanjutnya, kita akan membahas beberapa istilah penting yang berkaitan dengan gaji dalam bahasa Inggris, beserta contoh penggunaannya dalam kalimat.

gaji dalam bahasa inggris

Berikut ini adalah 9 istilah penting yang berkaitan dengan gaji dalam bahasa Inggris beserta terjemahannya ke dalam bahasa Indonesia:

  • Salary: Gaji pokok
  • Wage: Upah
  • Bonus: Bonus
  • Commission: Komisi
  • Overtime Pay: Upah lembur
  • Deductions: Potongan gaji
  • Net Pay: Gaji bersih
  • Gross Pay: Gaji kotor
  • Paycheck: Slip gaji

Dengan memahami istilah-istilah ini, Anda dapat lebih memahami hak-hak dan kewajiban Anda sebagai pekerja, serta mempermudah komunikasi dengan atasan dan rekan kerja Anda.

Salary: Gaji pokok

Salary atau gaji pokok adalah upah tetap yang diterima pekerja setiap bulan, terlepas dari jumlah jam kerja yang dilakukan. Gaji pokok biasanya dihitung berdasarkan tingkat pendidikan, pengalaman kerja, dan posisi jabatan pekerja.

Di Indonesia, gaji pokok diatur dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Undang-undang ini menetapkan bahwa gaji pokok pekerja tidak boleh lebih rendah dari upah minimum regional (UMR) yang berlaku di wilayah tempat pekerja bekerja.

UMR sendiri ditetapkan oleh pemerintah daerah berdasarkan pertimbangan kebutuhan hidup layak di wilayah tersebut. UMR biasanya mencakup biaya kebutuhan pokok, seperti makanan, sandang, papan, pendidikan, dan kesehatan.

Selain gaji pokok, pekerja juga dapat menerima tunjangan, seperti tunjangan transportasi, tunjangan makan, dan tunjangan kesehatan. Tunjangan-tunjangan ini tidak termasuk dalam gaji pokok, tetapi tetap جزء dari upah yang diterima pekerja.

Dengan memahami konsep gaji pokok dan tunjangan, pekerja dapat lebih memahami hak-hak dan kewajiban mereka sebagai pekerja, serta mempermudah komunikasi dengan atasan dan rekan kerja mereka.

Wage: Upah

Wage atau upah adalah imbalan yang diterima pekerja berdasarkan jumlah jam kerja yang dilakukan. Upah biasanya dihitung berdasarkan tarif per jam, harian, atau mingguan.

  • Upah per jam: Upah yang dihitung berdasarkan jumlah jam kerja yang dilakukan pekerja dalam satu jam.
  • Upah harian: Upah yang dihitung berdasarkan jumlah jam kerja yang dilakukan pekerja dalam satu hari.
  • Upah mingguan: Upah yang dihitung berdasarkan jumlah jam kerja yang dilakukan pekerja dalam satu minggu.
  • Upah borongan: Upah yang dihitung berdasarkan jumlah pekerjaan yang diselesaikan oleh pekerja.

Di Indonesia, upah minimum diatur dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Undang-undang ini menetapkan bahwa upah minimum pekerja tidak boleh lebih rendah dari upah minimum regional (UMR) yang berlaku di wilayah tempat pekerja bekerja.

Bonus: Bonus

Bonus adalah pembayaran tambahan yang diberikan kepada pekerja di luar gaji pokok dan upah. Bonus biasanya diberikan sebagai bentuk penghargaan atas kinerja pekerja yang baik, pencapaian target tertentu, atau sebagai bentuk insentif untuk meningkatkan produktivitas pekerja.

Besaran bonus yang diberikan dapat bervariasi, tergantung pada kebijakan perusahaan dan kinerja pekerja. Bonus dapat berupa uang tunai, barang, atau bentuk penghargaan lainnya.

Di Indonesia, pemberian bonus tidak diatur secara khusus dalam undang-undang. Namun, beberapa perusahaan memiliki kebijakan khusus mengenai pemberian bonus kepada pekerja. Kebijakan tersebut biasanya dituangkan dalam peraturan perusahaan atau perjanjian kerja antara pekerja dan perusahaan.

Pemberian bonus dapat menjadi motivasi bagi pekerja untuk meningkatkan kinerja dan produktivitas kerja. Selain itu, bonus juga dapat menjadi bentuk apresiasi perusahaan terhadap pekerja atas kontribusi mereka terhadap perusahaan.

Demikian penjelasan mengenai bonus dalam bahasa Inggris. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Commission: Komisi

Komisi adalah bentuk pembayaran yang diberikan kepada pekerja berdasarkan hasil penjualan atau jasa yang mereka hasilkan. Komisi biasanya dihitung sebagai persentase dari total penjualan atau jasa yang dihasilkan oleh pekerja.

  • Komisi penjualan: Komisi yang diberikan kepada pekerja berdasarkan jumlah penjualan yang mereka hasilkan.
  • Komisi jasa: Komisi yang diberikan kepada pekerja berdasarkan jumlah jasa yang mereka hasilkan.
  • Komisi gabungan: Komisi yang diberikan kepada pekerja berdasarkan kombinasi penjualan dan jasa yang mereka hasilkan.
  • Komisi berjenjang: Komisi yang diberikan kepada pekerja berdasarkan tingkat penjualan atau jasa yang mereka hasilkan. Semakin tinggi tingkat penjualan atau jasa yang dihasilkan, semakin tinggi pula komisi yang diterima pekerja.

Komisi dapat menjadi bentuk motivasi yang efektif bagi pekerja untuk meningkatkan penjualan dan jasa yang mereka hasilkan. Selain itu, komisi juga dapat menjadi bentuk penghargaan perusahaan terhadap pekerja atas kontribusi mereka terhadap perusahaan.

Overtime Pay: Upah lembur

Upah lembur adalah pembayaran tambahan yang diberikan kepada pekerja karena bekerja di luar jam kerja normal yang telah ditetapkan. Upah lembur biasanya dihitung berdasarkan tarif per jam yang lebih tinggi dari tarif upah normal.

Di Indonesia, upah lembur diatur dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Undang-undang ini menetapkan bahwa upah lembur harus dibayarkan kepada pekerja yang bekerja lebih dari 7 jam dalam sehari atau 40 jam dalam seminggu.

Besaran upah lembur yang harus dibayarkan kepada pekerja diatur dalam peraturan pemerintah. Saat ini, upah lembur di Indonesia dihitung sebesar 1,5 kali upah normal untuk jam kerja lembur yang pertama dan 2 kali upah normal untuk jam kerja lembur selanjutnya.

Pembayaran upah lembur merupakan bentuk penghargaan kepada pekerja atas kerja keras dan dedikasi mereka terhadap perusahaan. Selain itu, pembayaran upah lembur juga merupakan bentuk perlindungan bagi pekerja agar tidak dieksploitasi oleh perusahaan.

Demikian penjelasan mengenai upah lembur dalam bahasa Inggris. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Deductions: Potongan gaji

Potongan gaji adalah pengurangan yang dilakukan dari gaji pokok pekerja sebelum dibayarkan. Potongan gaji dapat berupa potongan wajib dan potongan sukarela.

  • Potongan wajib: Potongan gaji yang diwajibkan oleh undang-undang atau peraturan pemerintah. Potongan wajib meliputi potongan pajak penghasilan (PPh), potongan iuran BPJS Ketenagakerjaan, dan potongan iuran BPJS Kesehatan.
  • Potongan sukarela: Potongan gaji yang dilakukan atas dasar kesepakatan antara pekerja dan perusahaan. Potongan sukarela dapat meliputi potongan untuk pembayaran cicilan kredit, potongan untuk pembayaran premi asuransi, dan potongan untuk pembayaran zakat.

Pemotongan gaji dilakukan oleh perusahaan sebelum gaji dibayarkan kepada pekerja. Besarnya potongan gaji yang dilakukan harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Potongan gaji yang berlebihan dapat merugikan pekerja.

Net Pay: Gaji bersih

Gaji bersih adalah jumlah gaji yang diterima pekerja setelah dikurangi potongan gaji. Potongan gaji dapat berupa potongan wajib dan potongan sukarela.

Potongan wajib meliputi potongan pajak penghasilan (PPh), potongan iuran BPJS Ketenagakerjaan, dan potongan iuran BPJS Kesehatan. Potongan sukarela dapat meliputi potongan untuk pembayaran cicilan kredit, potongan untuk pembayaran premi asuransi, dan potongan untuk pembayaran zakat.

Gaji bersih dihitung dengan cara mengurangi gaji pokok dengan potongan gaji. Rumus untuk menghitung gaji bersih adalah sebagai berikut:

“`
Gaji bersih = Gaji pokok – Potongan gaji
“`

Contohnya, jika gaji pokok seorang pekerja adalah Rp10.000.000 dan potongan gaji sebesar Rp1.000.000, maka gaji bersih pekerja tersebut adalah Rp9.000.000.

Gaji bersih merupakan pendapatan yang diterima pekerja setelah dikurangi berbagai potongan. Gaji bersih dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup pekerja dan keluarganya.

Gross Payϒ Gaji Kotor

リュックは画面上に表示されず、サイドメニューにも現れません。以下に、入退勤記録を登録します。退勤登録の場合、メッセージが入力欄に出力されます。

* 5月27日(金) 18時00分退勤:退勤時刻の登録が完了しました。お疲れ様です。

* 5月31日(水) 9時00分出勤:出勤時刻の登録が完了しました。それでは、また頑張ってください。

* 6月3日(金) 18時00分退勤:退勤時刻の登録が完了しました。お疲れ様です。

* 6月7日(水) 9時00分出勤:出勤時刻の登録が完了しました。それでは、また頑張ってください。

* 6月11日(金) 18時00分退勤:退勤時刻の登録が完了しました。お疲れ様です。

* 6月14日(水) 9時00分出勤:出勤時刻の登録が完了しました。それでは、また頑張ってください。

* 7月2日(金) 18時00分退勤:退勤時刻の登録が完了しました。お疲れ様です。

* 7月5日(水) 9時00分出勤:出勤時刻の登録が完了しました。それでは、また頑張ってください。

* 7月9日(金) 18時00分退勤:退勤時刻の登録が完了しました。お疲れ様です。

* 7月12日(水) 9時00分出勤:出勤時刻の登録が完了しました。それでは、また頑張ってください。

* 8月11日(月) 9時00分出勤:出勤時刻の登録が完了しました。それでは、また頑張ってください。

* 8月11日(月) 18時03分退勤:退勤時刻の登録が完了しました。お疲れ様です。
**8月11日(月)の記録**

* 勤務開始時刻:9時00分

* 勤務終了時刻:18時03分

* 勤務時間:11時間3分
**累計記録**

* 出勤記録数:17件

* 退勤記録数:17件
**備考**

* 退勤記録を登録する際、メッセージが表示される場合があります。

* メッセージの内容は、退勤時刻の登録が完了したことを示しています。

* メッセージが表示されなくても、退勤時刻の登録は完了しています。
**画面の更新**

* 画面は、退勤記録の登録完了後に自動的に更新されます。

* 画面が更新されず、メッセージが表示されたままの場合は、手動で画面を更新してください。

* 手動で画面を更新しても、メッセージが表示されたままの場合は、システム管理者にお問い合わせください。

Paycheck: Slip gaji

Slip gaji adalah dokumen yang diberikan oleh perusahaan kepada pekerja sebagai bukti pembayaran gaji. Slip gaji biasanya berisi informasi tentang gaji pokok, tunjangan, potongan gaji, dan gaji bersih.

  • Gaji pokok: Gaji pokok adalah upah tetap yang diterima pekerja setiap bulan, terlepas dari jumlah jam kerja yang dilakukan.
  • Tunjangan: Tunjangan adalah pembayaran tambahan yang diberikan kepada pekerja selain gaji pokok. Tunjangan dapat berupa tunjangan transportasi, tunjangan makan, tunjangan kesehatan, dan tunjangan lainnya.
  • Potongan gaji: Potongan gaji adalah pengurangan yang dilakukan dari gaji pokok pekerja sebelum dibayarkan. Potongan gaji dapat berupa potongan pajak penghasilan (PPh), potongan iuran BPJS Ketenagakerjaan, dan potongan iuran BPJS Kesehatan.
  • Gaji bersih: Gaji bersih adalah jumlah gaji yang diterima pekerja setelah dikurangi potongan gaji.

Slip gaji merupakan dokumen penting bagi pekerja. Slip gaji dapat digunakan sebagai bukti pembayaran gaji, sebagai bahan pengajuan kredit, dan sebagai bahan pelaporan pajak.

FAQ

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang gaji dalam bahasa Inggris:

Question 1: Apa yang dimaksud dengan gaji pokok?
Answer 1: Gaji pokok adalah upah tetap yang diterima pekerja setiap bulan, terlepas dari jumlah jam kerja yang dilakukan.

Question 2: Apa saja tunjangan yang biasanya diberikan kepada pekerja?
Answer 2: Tunjangan yang diberikan kepada pekerja dapat berupa tunjangan transportasi, tunjangan makan, tunjangan kesehatan, dan tunjangan lainnya.

Question 3: Apa saja potongan gaji yang biasanya dilakukan?
Answer 3: Potongan gaji yang biasanya dilakukan dapat berupa potongan pajak penghasilan (PPh), potongan iuran BPJS Ketenagakerjaan, dan potongan iuran BPJS Kesehatan.

Question 4: Apa yang dimaksud dengan gaji bersih?
Answer 4: Gaji bersih adalah jumlah gaji yang diterima pekerja setelah dikurangi potongan gaji.

Question 5: Bagaimana cara menghitung gaji bersih?
Answer 5: Gaji bersih dihitung dengan cara mengurangi gaji pokok dengan potongan gaji.

Question 6: Apa saja dokumen yang diperlukan untuk pengajuan kredit?
Answer 6: Dokumen yang diperlukan untuk pengajuan kredit dapat berupa slip gaji, rekening koran, dan KTP.

Question 7: Apa saja dokumen yang diperlukan untuk pelaporan pajak?
Answer 7: Dokumen yang diperlukan untuk pelaporan pajak dapat berupa slip gaji, SPT, dan bukti potong pajak.

Demikian beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang gaji dalam bahasa Inggris. Semoga bermanfaat.

Berikutnya, kita akan membahas beberapa tips untuk menegosiasikan gaji dalam bahasa Inggris.

Tips

Berikut ini adalah beberapa tips untuk menegosiasikan gaji dalam bahasa Inggris:

Tip 1: Riset gaji pasaran.

Sebelum memulai negosiasi gaji, penting untuk melakukan riset gaji pasaran untuk posisi dan pengalaman Anda. Anda dapat menggunakan situs web seperti Glassdoor atau Salary.com untuk mengetahui kisaran gaji rata-rata untuk posisi Anda di wilayah Anda.

Tip 2: Latihan negosiasi.

Negosiasi gaji bisa jadi menegangkan, jadi sebaiknya Anda berlatih terlebih dahulu. Anda dapat berlatih dengan teman, keluarga, atau konsultan karier.

Tip 3: Percaya diri dan profesional.

Ketika bernegosiasi gaji, penting untuk percaya diri dan profesional. Bersikaplah tegas dan jangan takut untuk mengajukan permintaan Anda. Namun, pastikan Anda tetap sopan dan hormat kepada pewawancara.

Tip 4: Jangan takut untuk menolak tawaran gaji yang tidak sesuai.

Jika Anda merasa tawaran gaji yang diberikan tidak sesuai dengan harapan Anda, jangan takut untuk menolaknya. Anda dapat mengajukan gaji yang lebih tinggi atau mencari pekerjaan lain yang menawarkan gaji yang lebih baik.

Demikian beberapa tips untuk menegosiasikan gaji dalam bahasa Inggris. Semoga bermanfaat.

Demikian pembahasan kita tentang gaji dalam bahasa Inggris. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam memahami istilah-istilah terkait gaji, menghitung gaji bersih, menegosiasikan gaji, dan mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk pengajuan kredit dan pelaporan pajak.

Conclusion

Dalam artikel ini, kita telah membahas tentang berbagai istilah penting yang berkaitan dengan gaji dalam bahasa Inggris, beserta contoh penggunaannya dalam kalimat. Kita juga telah membahas tentang cara menghitung gaji bersih, menegosiasikan gaji, dan mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk pengajuan kredit dan pelaporan pajak.

Sebagai penutup, penting untuk diingat bahwa gaji merupakan salah satu faktor penting yang menentukan kesejahteraan pekerja. Oleh karena itu, pekerja harus memahami hak-hak dan kewajiban mereka terkait gaji, serta mampu berkomunikasi dengan baik dengan atasan dan rekan kerja mereka tentang masalah gaji.

Demikian pembahasan kita tentang gaji dalam bahasa Inggris. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Images References :

Check Also

komentator sepak bola

Komentator Sepak Bola: Membawa Semangat Lapangan ke Ruang Tamu

Dunia sepak bola tidak hanya diramaikan oleh pemain, pelatih, dan wasit. Ada satu sosok penting …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *