Gaji Bintara Brimob: Besaran dan Tunjangannya


Gaji Bintara Brimob: Besaran dan Tunjangannya

Bintara Brimob merupakan salah satu kesatuan elit Polri yang bertugas untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Karier sebagai Bintara Brimob pun menjadi pilihan bagi banyak orang yang ingin mengabdi kepada negara. Tak hanya karena prestasinya, gaji Bintara Brimob juga cukup menjanjikan.

Besaran gaji Bintara Brimob ditentukan oleh pangkat dan golongan mereka. Namun, secara umum, gaji pokok Bintara Brimob berkisar antara Rp2.800.000 hingga Rp4.500.000 per bulan. Selain gaji pokok, Bintara Brimob juga mendapatkan berbagai tunjangan, seperti tunjangan kinerja, tunjangan risiko, dan tunjangan keluarga.

Tunjangan kinerja Bintara Brimob diberikan berdasarkan prestasi kerja mereka. Besaran tunjangan kinerja Bintara Brimob bervariasi, tergantung pada pangkat dan golongan mereka. Sedangkan tunjangan risiko diberikan kepada Bintara Brimob yang bertugas di daerah rawan konflik atau daerah bencana alam. Besaran tunjangan risiko Bintara Brimob juga bervariasi, tergantung pada tingkat risiko daerah tugas mereka.

gaji bintara brimob

Besaran gaji dan tunjangan menggiurkan.

  • Gaji pokok Rp2.800.000 – Rp4.500.000.
  • Tunjangan kinerja hingga Rp5.000.000.
  • Tunjangan risiko hingga Rp2.000.000.
  • Tunjangan keluarga hingga Rp1.000.000.
  • Fasilitas kesehatan gratis.
  • Asuransi jiwa dan kecelakaan.
  • Cuti tahunan dan cuti sakit.
  • Peluang karier yang luas.
  • Penghargaan dan kenaikan pangkat.

Dengan berbagai kelebihan tersebut, gaji bintara Brimob menjadi salah satu yang tertinggi di lingkungan Polri.

Gaji pokok Rp2.800.000 – Rp4.500.000.

Gaji pokok Bintara Brimob terdiri dari gaji pokok golongan dan gaji pokok pangkat. Gaji pokok golongan Bintara Brimob berkisar antara Rp2.579.200 hingga Rp4.236.400, tergantung pada pangkat dan golongan mereka. Sedangkan gaji pokok pangkat Bintara Brimob berkisar antara Rp100.800 hingga Rp500.400, juga tergantung pada pangkat dan golongan mereka.

Secara umum, gaji pokok Bintara Brimob dengan pangkat Brigadir dan golongan IIA adalah sebesar Rp2.808.000. Sedangkan gaji pokok Bintara Brimob dengan pangkat Ajun Komisaris Polisi (AKP) dan golongan IVD adalah sebesar Rp4.500.000.

Selain gaji pokok, Bintara Brimob juga mendapatkan tunjangan kinerja. Besaran tunjangan kinerja Bintara Brimob bervariasi, tergantung pada pangkat dan golongan mereka. Namun, secara umum, tunjangan kinerja Bintara Brimob berkisar antara Rp2.000.000 hingga Rp5.000.000.

Dengan demikian, total gaji Bintara Brimob, termasuk gaji pokok dan tunjangan kinerja, berkisar antara Rp4.800.000 hingga Rp9.500.000 per bulan. Ini merupakan gaji yang cukup menjanjikan bagi seorang anggota Polri.

Selain gaji pokok dan tunjangan kinerja, Bintara Brimob juga mendapatkan berbagai tunjangan lainnya, seperti tunjangan risiko, tunjangan keluarga, fasiltas kesehatan gratis, asuransi jiwa dan kecelakaan, cuti tahunan dan cuti sakit, peluang karier yang luas, penghargaan dan kenaikan pangkat.

Tunjangan kinerja hingga Rp5.000.000.

Tunjangan kinerja merupakan salah satu komponen gaji Bintara Brimob yang cukup besar. Besaran tunjangan kinerja Bintara Brimob bervariasi, tergantung pada pangkat dan golongan mereka, serta daerah penugasan mereka.

  • Tunjangan kinerja daerah

    Tunjangan kinerja daerah diberikan kepada Bintara Brimob yang bertugas di daerah tertentu yang ditetapkan oleh pemerintah. Besaran tunjangan kinerja daerah bervariasi, tergantung pada tingkat kesulitan daerah penugasan.

  • Tunjangan kinerja jabatan

    Tunjangan kinerja jabatan diberikan kepada Bintara Brimob yang menduduki jabatan tertentu, seperti jabatan komandan regu, komandan peleton, atau komandan kompi. Besaran tunjangan kinerja jabatan bervariasi, tergantung pada pangkat dan golongan serta jabatan yang diemban.

  • Tunjangan kinerja prestasi

    Tunjangan kinerja prestasi diberikan kepada Bintara Brimob yang berprestasi dalam melaksanakan tugasnya. Besaran tunjangan kinerja prestasi bervariasi, tergantung pada tingkat prestasi yang dicapai.

  • Tunjangan kinerja khusus

    Tunjangan kinerja khusus diberikan kepada Bintara Brimob yang bertugas dalam operasi tertentu, seperti operasi penanggulangan terorisme, operasi pembebasan sandera, atau operasi penumpasan narkoba. Besaran tunjangan kinerja khusus bervariasi, tergantung pada tingkat risiko operasi yang dilaksanakan.

Dengan demikian, tunjangan kinerja Bintara Brimob dapat mencapai hingga Rp5.000.000 per bulan. Ini merupakan tunjangan yang cukup besar dan dapat meningkatkan kesejahteraan Bintara Brimob dan keluarganya.

Tunjangan risiko hingga Rp2.000.000.

Tunjangan risiko merupakan salah satu komponen gaji Bintara Brimob yang diberikan kepada Bintara Brimob yang bertugas di daerah rawan konflik atau daerah bencana alam. Besaran tunjangan risiko Bintara Brimob bervariasi, tergantung pada tingkat risiko daerah tugas mereka.

Daerah rawan konflik yang dimaksud meliputi daerah yang sedang terjadi atau berpotensi terjadi konflik, seperti daerah perbatasan, daerah konflik sosial, dan daerah konflik politik. Sedangkan daerah bencana alam yang dimaksud meliputi daerah yang sering terjadi bencana alam, seperti daerah gempa bumi, daerah banjir, daerah tanah longsor, dan daerah tsunami.

Besaran tunjangan risiko Bintara Brimob yang bertugas di daerah rawan konflik berkisar antara Rp1.000.000 hingga Rp2.000.000 per bulan. Sedangkan besaran tunjangan risiko Bintara Brimob yang bertugas di daerah bencana alam berkisar antara Rp500.000 hingga Rp1.000.000 per bulan.

Tunjangan risiko ini diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada Bintara Brimob yang bertugas di daerah yang penuh dengan risiko. Tunjangan risiko ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan Bintara Brimob dan keluarganya.

Selain tunjangan risiko, Bintara Brimob juga mendapatkan berbagai tunjangan lainnya, seperti tunjangan kinerja, tunjangan keluarga, fasiltas kesehatan gratis, asuransi jiwa dan kecelakaan, cuti tahunan dan cuti sakit, peluang karier yang luas, penghargaan dan kenaikan pangkat.

Tunjangan keluarga hingga Rp1.000.000.

Tunjangan keluarga merupakan salah satu komponen gaji Bintara Brimob yang diberikan kepada Bintara Brimob yang sudah berkeluarga. Besaran tunjangan keluarga Bintara Brimob bervariasi, tergantung pada jumlah anggota keluarga.

Tunjangan keluarga diberikan untuk membantu memenuhi kebutuhan hidup keluarga Bintara Brimob. Tunjangan keluarga ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan Bintara Brimob dan keluarganya.

Besaran tunjangan keluarga Bintara Brimob untuk istri/suami adalah sebesar Rp250.000 per bulan. Sedangkan besaran tunjangan keluarga Bintara Brimob untuk anak adalah sebesar Rp100.000 per bulan. Dengan demikian, total tunjangan keluarga Bintara Brimob yang memiliki istri/suami dan dua anak adalah sebesar Rp550.000 per bulan.

Tunjangan keluarga ini diberikan setiap bulan bersamaan dengan gaji pokok dan tunjangan kinerja. Tunjangan keluarga ini juga tidak dikenakan pajak penghasilan (PPh).

Selain tunjangan keluarga, Bintara Brimob juga mendapatkan berbagai tunjangan lainnya, seperti tunjangan kinerja, tunjangan risiko, fasiltas kesehatan gratis, asuransi jiwa dan kecelakaan, cuti tahunan dan cuti sakit, peluang karier yang luas, penghargaan dan kenaikan pangkat.

Fasilitas kesehatan gratis.

Bintara Brimob mendapatkan fasilitas kesehatan gratis untuk dirinya sendiri dan keluarganya. Fasilitas kesehatan gratis ini meliputi biaya pengobatan, biaya perawatan, dan biaya persalinan.

Bintara Brimob dapat menggunakan fasilitas kesehatan gratis ini di rumah sakit Polri, klinik Polri, atau puskesmas yang bekerja sama dengan Polri. Bintara Brimob juga dapat menggunakan fasilitas kesehatan gratis ini di rumah sakit swasta, namun dengan ketentuan tertentu.

Untuk menggunakan fasilitas kesehatan gratis, Bintara Brimob harus menunjukkan kartu anggota Polri dan kartu keluarga. Bintara Brimob juga harus membayar biaya pendaftaran sebesar Rp5.000 untuk setiap kali berobat.

Fasilitas kesehatan gratis ini merupakan salah satu bentuk kesejahteraan yang diberikan kepada Bintara Brimob dan keluarganya. Fasilitas kesehatan gratis ini diharapkan dapat membantu Bintara Brimob dan keluarganya untuk tetap sehat dan produktif.

Selain fasilitas kesehatan gratis, Bintara Brimob juga mendapatkan berbagai tunjangan lainnya, seperti tunjangan kinerja, tunjangan risiko, tunjangan keluarga, asuransi jiwa dan kecelakaan, cuti tahunan dan cuti sakit, peluang karier yang luas, penghargaan dan kenaikan pangkat.

Asuransi jiwa dan kecelakaan.

Bintara Brimob mendapatkan asuransi jiwa dan kecelakaan yang menanggung risiko kematian, cacat tetap, dan biaya pengobatan akibat kecelakaan.

Besaran santunan asuransi jiwa Bintara Brimob adalah sebesar Rp250.000.000. Santunan asuransi jiwa ini diberikan kepada ahli waris Bintara Brimob yang meninggal dunia karena sakit atau kecelakaan.

Besaran santunan asuransi kecelakaan Bintara Brimob bervariasi, tergantung pada tingkat cacat yang dialami. Santunan asuransi kecelakaan ini diberikan kepada Bintara Brimob yang mengalami cacat tetap akibat kecelakaan.

Selain itu, Bintara Brimob juga mendapatkan biaya pengobatan akibat kecelakaan hingga sebesar Rp10.000.000. Biaya pengobatan ini diberikan kepada Bintara Brimob yang mengalami kecelakaan dan harus menjalani perawatan di rumah sakit.

Asuransi jiwa dan kecelakaan ini merupakan salah satu bentuk perlindungan yang diberikan kepada Bintara Brimob dan keluarganya. Asuransi jiwa dan kecelakaan ini diharapkan dapat memberikan rasa aman dan ketenangan kepada Bintara Brimob dan keluarganya.

Cuti tahunan dan cuti sakit.

Bintara Brimob mendapatkan cuti tahunan dan cuti sakit sesuai dengan peraturan yang berlaku di Polri.

Cuti tahunan Bintara Brimob diberikan selama 12 hari kerja dalam setahun. Cuti tahunan ini dapat diambil secara sekaligus atau dibagi-bagi menjadi beberapa kali.

Cuti sakit Bintara Brimob diberikan selama 90 hari kerja dalam setahun. Cuti sakit ini dapat diambil jika Bintara Brimob sakit atau mengalami kecelakaan dan harus menjalani perawatan di rumah sakit.

Selama cuti tahunan atau cuti sakit, Bintara Brimob tetap mendapatkan gaji pokok dan tunjangan kinerja. Namun, Bintara Brimob tidak mendapatkan tunjangan risiko dan tunjangan keluarga selama cuti.

Cuti tahunan dan cuti sakit merupakan salah satu bentuk kesejahteraan yang diberikan kepada Bintara Brimob. Cuti tahunan dan cuti sakit ini diharapkan dapat memberikan kesempatan bagi Bintara Brimob untuk beristirahat dan memulihkan kesehatan.

Peluang karier yang luas.

Bintara Brimob memiliki peluang karier yang luas di lingkungan Polri. Bintara Brimob dapat naik pangkat hingga perwira tinggi dan menduduki berbagai jabatan strategis.

  • Karier di bidang operasional

    Bintara Brimob dapat berkarir di bidang operasional, seperti menjadi anggota Satuan Gegana, Satuan Penjinak Bom, atau Satuan Anti Teror. Bintara Brimob yang berkarir di bidang operasional bertugas untuk menangani berbagai operasi kepolisian yang bersifat khusus.

  • Karier di bidang reserse

    Bintara Brimob dapat berkarir di bidang reserse, seperti menjadi anggota Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim), Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba), atau Satuan Reserse Korupsi (Satreskor). Bintara Brimob yang berkarir di bidang reserse bertugas untuk melakukan penyelidikan dan penyidikan tindak pidana.

  • Karier di bidang lalu lintas

    Bintara Brimob dapat berkarir di bidang lalu lintas, seperti menjadi anggota Satuan Lalu Lintas (Satlantas). Bintara Brimob yang berkarir di bidang lalu lintas bertugas untuk mengatur lalu lintas dan menangani kecelakaan lalu lintas.

  • Karier di bidang pembinaan masyarakat (binmas)

    Bintara Brimob dapat berkarir di bidang pembinaan masyarakat (binmas), seperti menjadi anggota Satuan Binmas. Bintara Brimob yang berkarir di bidang binmas bertugas untuk melakukan pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat.

Selain itu, Bintara Brimob juga dapat berkarir di bidang lainnya, seperti bidang pendidikan, bidang kesehatan, atau bidang teknologi informasi.

Penghargaan dan kenaikan pangkat.

Bintara Brimob yang berprestasi dalam melaksanakan tugasnya dapat memperoleh penghargaan dan kenaikan pangkat.

Penghargaan yang dapat diberikan kepada Bintara Brimob meliputi piagam penghargaan, kenaikan pangkat luar biasa, atau pemberian tanda kehormatan. Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi atas prestasi dan dedikasi Bintara Brimob dalam melaksanakan tugasnya.

Kenaikan pangkat Bintara Brimob dilakukan berdasarkan sistem merit, yaitu berdasarkan prestasi dan kinerja Bintara Brimob. Kenaikan pangkat Bintara Brimob juga mempertimbangkan masa kerja dan pendidikan yang telah ditempuh.

Bintara Brimob yang naik pangkat akan mendapatkan gaji dan tunjangan yang lebih tinggi. Kenaikan pangkat juga membuka peluang bagi Bintara Brimob untuk menduduki jabatan yang lebih tinggi dan berkarir lebih jauh di lingkungan Polri.

Penghargaan dan kenaikan pangkat merupakan salah satu bentuk motivasi bagi Bintara Brimob untuk terus berprestasi dan meningkatkan kinerjanya. Penghargaan dan kenaikan pangkat juga merupakan salah satu bentuk kesejahteraan yang diberikan kepada Bintara Brimob dan keluarganya.

FAQ

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan mengenai gaji Bintara Brimob:

Question 1: Berapa gaji pokok Bintara Brimob?
Answer 1: Gaji pokok Bintara Brimob berkisar antara Rp2.800.000 hingga Rp4.500.000 per bulan, tergantung pada pangkat dan golongan mereka.

Question 2: Berapa tunjangan kinerja Bintara Brimob?
Answer 2: Tunjangan kinerja Bintara Brimob bervariasi, tergantung pada pangkat, golongan, dan daerah penugasan mereka. Namun, secara umum, tunjangan kinerja Bintara Brimob berkisar antara Rp2.000.000 hingga Rp5.000.000 per bulan.

Question 3: Berapa tunjangan risiko Bintara Brimob?
Answer 3: Tunjangan risiko Bintara Brimob diberikan kepada Bintara Brimob yang bertugas di daerah rawan konflik atau daerah bencana alam. Besaran tunjangan risiko Bintara Brimob bervariasi, tergantung pada tingkat risiko daerah tugas mereka. Namun, secara umum, tunjangan risiko Bintara Brimob berkisar antara Rp1.000.000 hingga Rp2.000.000 per bulan.

Question 4: Berapa tunjangan keluarga Bintara Brimob?
Answer 4: Tunjangan keluarga Bintara Brimob diberikan kepada Bintara Brimob yang sudah berkeluarga. Besaran tunjangan keluarga Bintara Brimob bervariasi, tergantung pada jumlah anggota keluarga. Namun, secara umum, total tunjangan keluarga Bintara Brimob yang memiliki istri/suami dan dua anak adalah sebesar Rp550.000 per bulan.

Question 5: Apa saja fasilitas yang diberikan kepada Bintara Brimob?
Answer 5: Bintara Brimob mendapatkan berbagai fasilitas, seperti fasilitas kesehatan gratis, asuransi jiwa dan kecelakaan, cuti tahunan dan cuti sakit, peluang karier yang luas, penghargaan dan kenaikan pangkat.

Question 6: Bagaimana cara menjadi Bintara Brimob?
Answer 6: Untuk menjadi Bintara Brimob, seseorang harus mengikuti seleksi penerimaan Bintara Polri. Seleksi penerimaan Bintara Polri dibuka setiap tahun dan informasi mengenai seleksi ini dapat diperoleh di website resmi Polri.

Demikian penjelasan mengenai gaji dan tunjangan Bintara Brimob. Semoga informasi ini bermanfaat.

Selain informasi mengenai gaji dan tunjangan, berikut ini kami berikan beberapa tips bagi Anda yang ingin menjadi Bintara Brimob:

Tips

Berikut ini adalah beberapa tips bagi Anda yang ingin menjadi Bintara Brimob:

Tip 1: Persiapkan diri dengan baik.
Sebelum mengikuti seleksi penerimaan Bintara Polri, sebaiknya persiapkan diri Anda dengan baik. Ini termasuk mempersiapkan fisik, mental, dan pengetahuan. Anda dapat mempersiapkan fisik dengan berolahraga secara teratur, mempersiapkan mental dengan belajar bela diri, dan mempersiapkan pengetahuan dengan belajar tentang kepolisian dan hukum.

Tip 2: Ikuti informasi seleksi penerimaan Bintara Polri.
Informasi mengenai seleksi penerimaan Bintara Polri biasanya diumumkan melalui website resmi Polri. Pastikan Anda mengikuti informasi ini dengan baik agar tidak ketinggalan pendaftaran.

Tip 3: Berikan yang terbaik saat seleksi.
Saat mengikuti seleksi penerimaan Bintara Polri, berikan yang terbaik. Tunjukkan kemampuan terbaik Anda, baik dalam hal fisik, mental, maupun pengetahuan. Jangan menyerah meskipun seleksi berlangsung ketat.

Tip 4: Jaga kesehatan dan tetap semangat.
Selama mengikuti seleksi penerimaan Bintara Polri, jaga kesehatan Anda dan tetap semangat. Jangan biarkan rasa lelah atau stres mengalahkan Anda. Tetap fokus dan terus berjuang hingga akhir seleksi.

Demikian beberapa tips bagi Anda yang ingin menjadi Bintara Brimob. Semoga tips ini bermanfaat dan membantu Anda untuk berhasil dalam seleksi penerimaan Bintara Polri.

Setelah mengikuti tips-tips di atas, Anda diharapkan dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk mengikuti seleksi penerimaan Bintara Polri dan menjadi bagian dari keluarga besar Brimob Polri.

Conclusion

Gaji Bintara Brimob merupakan salah satu yang tertinggi di lingkungan Polri. Bintara Brimob mendapatkan gaji pokok, tunjangan kinerja, tunjangan risiko, tunjangan keluarga, serta berbagai fasilitas lainnya. Dengan gaji dan tunjangan yang menjanjikan tersebut, Bintara Brimob dapat hidup sejahtera bersama keluarganya.

Selain gaji dan tunjangan, Bintara Brimob juga mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier mereka. Bintara Brimob dapat naik pangkat hingga perwira tinggi dan menduduki berbagai jabatan strategis di lingkungan Polri. Bintara Brimob juga memiliki peluang untuk mengikuti berbagai pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan mereka.

Bagi Anda yang ingin menjadi Bintara Brimob, persiapkan diri Anda dengan baik. Ikuti informasi seleksi penerimaan Bintara Polri dan berikan yang terbaik saat seleksi. Jangan menyerah meskipun seleksi berlangsung ketat. Dengan kerja keras dan tekad yang kuat, Anda pasti bisa menjadi bagian dari keluarga besar Brimob Polri.

Images References :

Check Also

karir mahfud md

Karier Mahfud MD: Dari Aktivis hingga Menteri

Mahfud MD merupakan salah satu tokoh hukum dan politik Indonesia yang paling dikenal. Ia pernah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *