Gaji Art di Jakarta: Berapa Besarannya dan Apa Saja Fasilitasnya?


Gaji Art di Jakarta: Berapa Besarannya dan Apa Saja Fasilitasnya?

Bekerja sebagai seorang seniman di Jakarta mungkin menjadi impian banyak orang. Selain karena potensi penghasilannya yang tinggi, bekerja di bidang seni juga menawarkan kesempatan untuk mengekspresikan kreativitas dan berkarya sesuai dengan minat dan bakat. Namun, sebelum memutuskan untuk terjun ke dunia seni, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu berapa besaran gaji art di Jakarta dan apa saja fasilitas yang biasanya diberikan.

Menurut data dari BPS DKI Jakarta, gaji art di Jakarta pada tahun 2020 berkisar antara Rp 4 juta hingga Rp 12 juta per bulan. Namun, perlu dicatat bahwa besaran gaji ini dapat bervariasi tergantung pada jenis pekerjaan, pengalaman, dan reputasi seniman tersebut. Misalnya, seorang seniman lukis dengan pengalaman yang tinggi dan karya-karya yang sudah diakui di tingkat nasional atau internasional, mungkin bisa mendapatkan gaji yang lebih tinggi dibandingkan dengan seorang seniman baru yang masih belum memiliki banyak pengalaman.

Selain gaji pokok, seniman di Jakarta juga biasanya mendapatkan berbagai fasilitas lainnya, seperti tunjangan kesehatan, tunjangan transportasi, dan tunjangan makan. Beberapa perusahaan atau galeri seni bahkan menyediakan fasilitas tambahan seperti asuransi kesehatan, asuransi jiwa, dan dana pensiun. Fasilitas-fasilitas ini tentu saja menjadi daya tarik tersendiri bagi para seniman untuk bekerja di Jakarta.

gaji art di jakarta

Berikut 10 poin penting tentang gaji art di Jakarta:

  • Rata-rata Rp4-12 juta per bulan
  • Bervariasi tergantung jenis pekerjaan
  • Tergantung pengalaman dan reputasi
  • Tunjangan kesehatan, transportasi, dan makan
  • Asuransi kesehatan dan jiwa
  • Dana pensiun
  • Potensi penghasilan tinggi
  • Peluang mengekspresikan kreativitas
  • Bekerja sesuai minat dan bakat
  • Daya tarik tersendiri

Demikian 10 poin penting tentang gaji art di Jakarta. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang ingin berkarier di bidang seni di Jakarta.

Rata-rata Rp4-12 juta per bulan

Menurut data dari BPS DKI Jakarta, gaji art di Jakarta pada tahun 2020 berkisar antara Rp 4 juta hingga Rp 12 juta per bulan. Namun, perlu dicatat bahwa besaran gaji ini dapat bervariasi tergantung pada jenis pekerjaan, pengalaman, dan reputasi seniman tersebut.

Untuk seniman yang baru memulai kariernya, gaji yang diterima mungkin masih berada di kisaran Rp 4 juta hingga Rp 6 juta per bulan. Namun, seiring dengan bertambahnya pengalaman dan reputasi, gaji yang diterima bisa meningkat hingga lebih dari Rp 12 juta per bulan.

Seniman yang bekerja di bidang seni lukis, seni patung, dan seni instalasi biasanya memiliki gaji yang lebih tinggi dibandingkan dengan seniman yang bekerja di bidang seni pertunjukan, seperti teater, tari, dan musik. Hal ini disebabkan karena karya seni lukis, seni patung, dan seni instalasi dapat dijual dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan karya seni pertunjukan.

Selain itu, seniman yang memiliki reputasi baik dan karyanya sudah diakui di tingkat nasional atau internasional juga cenderung mendapatkan gaji yang lebih tinggi. Reputasi seorang seniman dapat dibangun melalui berbagai cara, seperti mengikuti pameran seni, memenangkan penghargaan, atau diliput oleh media massa.

Demikian penjelasan tentang gaji art di Jakarta yang rata-rata berkisar antara Rp 4 juta hingga Rp 12 juta per bulan. Perlu diingat bahwa besaran gaji ini dapat bervariasi tergantung pada jenis pekerjaan, pengalaman, dan reputasi seniman tersebut.

Bervariasi tergantung jenis pekerjaan

Gaji art di Jakarta dapat bervariasi tergantung pada jenis pekerjaan yang dilakukan. Berikut adalah beberapa jenis pekerjaan art yang umum di Jakarta, beserta kisaran gaji yang dapat diterima:

  • Seniman lukis: Gaji seniman lukis di Jakarta dapat berkisar antara Rp 4 juta hingga Rp 12 juta per bulan, tergantung pada pengalaman, reputasi, dan jenis lukisan yang dibuat. Seniman lukis yang karyanya sudah diakui di tingkat nasional atau internasional biasanya mendapatkan gaji yang lebih tinggi.
  • Seniman patung: Gaji seniman patung di Jakarta juga dapat berkisar antara Rp 4 juta hingga Rp 12 juta per bulan. Seniman patung yang karyanya terbuat dari bahan-bahan mahal, seperti perunggu atau marmer, biasanya mendapatkan gaji yang lebih tinggi.
  • Seniman instalasi: Seniman instalasi adalah seniman yang menciptakan karya seni dengan menggunakan berbagai macam bahan dan media, seperti benda-benda bekas, bahan alam, atau teknologi. Gaji seniman instalasi di Jakarta dapat berkisar antara Rp 4 juta hingga Rp 15 juta per bulan, tergantung pada konsep dan kompleksitas karya seni yang dibuat.
  • Seniman pertunjukan: Seniman pertunjukan adalah seniman yang menampilkan karya seninya melalui pertunjukan langsung. Jenis-jenis seni pertunjukan meliputi teater, tari, musik, dan stand-up comedy. Gaji seniman pertunjukan di Jakarta dapat berkisar antara Rp 4 juta hingga Rp 8 juta per bulan, tergantung pada jenis pertunjukan, popularitas seniman, dan tempat pertunjukan.

Selain jenis pekerjaan, gaji art di Jakarta juga dapat bervariasi tergantung pada tempat kerja. Seniman yang bekerja di galeri seni atau museum biasanya mendapatkan gaji yang lebih tinggi dibandingkan dengan seniman yang bekerja di studio pribadi atau mengajar di sekolah seni.

Tergantung pengalaman dan reputasi

Gaji art di Jakarta juga tergantung pada pengalaman dan reputasi seniman tersebut. Seniman yang memiliki pengalaman lebih lama dan reputasi yang baik biasanya mendapatkan gaji yang lebih tinggi dibandingkan dengan seniman yang baru memulai kariernya.

Pengalaman seorang seniman dapat dinilai dari berbagai hal, seperti jumlah pameran seni yang pernah diikuti, penghargaan yang pernah diraih, dan publikasi karya seni di media massa. Semakin banyak pengalaman yang dimiliki seorang seniman, maka semakin tinggi pula nilai jual karya seninya dan semakin tinggi pula gaji yang dapat diterima.

Reputasi seorang seniman dapat dibangun melalui berbagai cara, seperti mengikuti pameran seni bergengsi, memenangkan penghargaan bergengsi, atau diliput oleh media massa. Seniman yang memiliki reputasi baik biasanya lebih dikenal oleh masyarakat dan karyanya lebih diminati oleh kolektor seni. Hal ini tentu saja berdampak pada peningkatan gaji yang diterima.

Selain pengalaman dan reputasi, gaji art di Jakarta juga dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor lain, seperti jenis pekerjaan, tempat kerja, dan kondisi ekonomi secara keseluruhan. Namun, pengalaman dan reputasi tetap menjadi faktor utama yang menentukan besaran gaji seorang seniman.

Demikian penjelasan tentang gaji art di Jakarta yang tergantung pada pengalaman dan reputasi seniman tersebut. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang ingin berkarier di bidang seni di Jakarta.

Tunjangan kesehatan, transportasi, dan makan

Selain gaji pokok, seniman di Jakarta juga biasanya mendapatkan berbagai tunjangan, seperti tunjangan kesehatan, tunjangan transportasi, dan tunjangan makan. Fasilitas-fasilitas ini tentu saja menjadi daya tarik tersendiri bagi para seniman untuk bekerja di Jakarta.

Tunjangan kesehatan biasanya meliputi biaya berobat jalan, biaya rawat inap, dan biaya obat-obatan. Tunjangan ini sangat penting bagi seniman, karena mereka sering bekerja dalam kondisi yang tidak menentu dan rentan terhadap berbagai penyakit.

Tunjangan transportasi biasanya diberikan dalam bentuk uang atau kendaraan dinas. Tunjangan ini sangat membantu seniman untuk memenuhi kebutuhan transportasi mereka, mengingat biaya transportasi di Jakarta yang cukup tinggi.

Tunjangan makan biasanya diberikan dalam bentuk uang atau kupon makan. Tunjangan ini sangat membantu seniman untuk memenuhi kebutuhan makan mereka, terutama bagi seniman yang bekerja di luar kantor atau memiliki jam kerja yang tidak menentu.

Besaran tunjangan kesehatan, transportasi, dan makan yang diberikan kepada seniman di Jakarta dapat bervariasi tergantung pada perusahaan atau galeri seni tempat mereka bekerja. Namun, secara umum, tunjangan-tunjangan ini cukup memadai untuk memenuhi kebutuhan seniman sehari-hari.

Asuransi kesehatan dan jiwa

Selain tunjangan kesehatan, transportasi, dan makan, seniman di Jakarta juga biasanya mendapatkan fasilitas asuransi kesehatan dan jiwa. Fasilitas-fasilitas ini tentu saja menjadi daya tarik tersendiri bagi para seniman untuk bekerja di Jakarta.

  • Asuransi kesehatan: Asuransi kesehatan biasanya meliputi biaya berobat jalan, biaya rawat inap, dan biaya obat-obatan. Asuransi kesehatan sangat penting bagi seniman, karena mereka sering bekerja dalam kondisi yang tidak menentu dan rentan terhadap berbagai penyakit.
  • Asuransi jiwa: Asuransi jiwa biasanya memberikan santunan kepada ahli waris seniman jika seniman tersebut meninggal dunia. Asuransi jiwa sangat penting untuk melindungi keluarga seniman dari kesulitan ekonomi jika seniman tersebut meninggal dunia.

Besaran premi asuransi kesehatan dan jiwa yang dibayarkan oleh perusahaan atau galeri seni dapat bervariasi tergantung pada jenis asuransi dan perusahaan asuransi yang dipilih. Namun, secara umum, premi asuransi kesehatan dan jiwa yang dibayarkan oleh perusahaan atau galeri seni cukup terjangkau bagi seniman.

Dana pensiun

Selain asuransi kesehatan dan jiwa, seniman di Jakarta juga biasanya mendapatkan fasilitas dana pensiun. Fasilitas ini tentu saja menjadi daya tarik tersendiri bagi para seniman untuk bekerja di Jakarta, mengingat profesi seniman seringkali tidak memiliki jaminan pensiun yang pasti.

Dana pensiun adalah sejumlah uang yang dibayarkan kepada seniman setelah mereka memasuki usia pensiun. Dana pensiun biasanya dibayarkan setiap bulan atau setiap tahun, tergantung pada ketentuan perusahaan atau galeri seni tempat seniman bekerja.

Besaran dana pensiun yang diterima oleh seniman dapat bervariasi tergantung pada lama bekerja, gaji pokok, dan kontribusi seniman terhadap perusahaan atau galeri seni tempat mereka bekerja. Namun, secara umum, dana pensiun yang diterima oleh seniman cukup memadai untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka setelah memasuki usia pensiun.

Dana pensiun sangat penting bagi seniman, karena profesi seniman seringkali tidak memiliki jaminan pensiun yang pasti. Dengan adanya dana pensiun, seniman dapat lebih tenang menjalani masa pensiun mereka tanpa khawatir akan masalah keuangan.

Demikian penjelasan tentang dana pensiun yang diberikan kepada seniman di Jakarta. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang ingin berkarier di bidang seni di Jakarta.

Potensi penghasilan tinggi

Meskipun gaji pokok seniman di Jakarta mungkin tidak terlalu tinggi dibandingkan dengan profesia lainnya yang dianggap lebih “stabil”, namun seniman memiliki potensi penghasilan yang sangat tinggi

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh seniman untuk meningkatkan penghasilan mereka di Jakarta.

Cara yang pertama adalah dengan menjual karya seni mereka.
Cara kedua adalah dengan mengikuti pameran seni dan memenangkan hadiah.
Cara ketiga adalah dengan mengajar seni di sekolah atau lembaga pendidikan lainnya.
Cara keempat adalah dengan bekerja sama dengan perusahaan atau klien untuk membuat karya seni sesuai pesanan.
Cara kelima adalah dengan membuat dan menjual produk seni seperti kaos oblong , tote bag , dan merchandise lainnya.
Jika seorang seniman berhasil menjual karya seninya dengan harga yang tinggi atau memenangkan hadiah besar dalam pameran seni bergengsi maka penghasilan mereka bisa melebihi gaji pokok yang diterima oleh pekerja kantoran.
Hal ini membuat profesia seniman menjadi salah satu profesia dengan potensi penghasilan tinggi di Jakarta.

Peluang mengekspresikan kreativitas

Bagi banyak orang, bekerja sebagai seniman merupakan salah satu cara untuk mengekspresikan kreativitas dan menyalurkan bakat seni yang dimiliki. Jakarta sebagai kota metropolitan yang dinamis dan penuh dengan kreativitas, menawarkan banyak peluang bagi para seniman untuk mengekspresikan kreativitas mereka.

Di Jakarta, terdapat banyak galeri seni, museum, dan ruang pameran yang menyediakan ruang bagi para seniman untuk memamerkan karya-karya mereka. Selain itu, Jakarta juga memiliki banyak komunitas seni yang aktif dan terbuka bagi siapa saja yang ingin bergabung.

Dengan demikian, seniman di Jakarta memiliki banyak kesempatan untuk mengekspresikan kreativitas mereka dan berbagi karya-karya seni mereka dengan masyarakat luas.

Peluang untuk mengekspresikan kreativitas ini menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi banyak orang untuk bekerja sebagai seniman di Jakarta. Bagi mereka, bekerja sebagai seniman bukan hanya sekedar mencari nafkah, tetapi juga merupakan cara untuk menyalurkan bakat dan kreativitas mereka.

Bekerja sesuai minat dan bakat

Bagi banyak orang, bekerja sesuai dengan minat dan bakat merupakan salah satu faktor penting dalam memilih pekerjaan. Bekerja sesuai dengan minat dan bakat dapat membuat seseorang merasa lebih bahagia dan produktif dalam pekerjaannya.

  • Peluang untuk mengembangkan bakat: Bekerja sebagai seniman di Jakarta memberikan peluang bagi seseorang untuk mengembangkan bakat seninya. Dengan adanya berbagai fasilitas dan dukungan yang tersedia di Jakarta, seniman dapat lebih mudah untuk belajar dan mengembangkan bakat seninya.
  • Kepuasan batin: Bekerja sesuai dengan minat dan bakat dapat memberikan kepuasan batin bagi seseorang. Ketika seseorang bekerja sesuai dengan minat dan bakatnya, mereka lebih cenderung merasa senang dan bersemangat dalam pekerjaannya. Hal ini dapat berdampak positif pada produktivitas dan kreativitas seniman.
  • Kesempatan untuk berkontribusi: Bekerja sebagai seniman di Jakarta juga memberikan kesempatan bagi seseorang untuk berkontribusi terhadap perkembangan seni dan budaya di Jakarta. Dengan berkarya seni, seniman dapat menyampaikan pesan dan ide-ide mereka kepada masyarakat luas. Hal ini dapat membantu untuk memperkaya khazanah seni dan budaya di Jakarta.
  • Membangun jaringan: Bekerja sebagai seniman di Jakarta juga memungkinkan seseorang untuk membangun jaringan dengan seniman dan pelaku seni lainnya. Hal ini dapat membuka peluang untuk kolaborasi dan proyek-proyek seni yang lebih besar.

Demikian beberapa keuntungan bekerja sesuai minat dan bakat bagi seniman di Jakarta. Dengan bekerja sesuai dengan minat dan bakatnya, seniman dapat lebih produktif, kreatif, dan merasa lebih bahagia dalam pekerjaannya.

Daya tarik tersendiri

Selain gaji pokok, tunjangan, fasilitas, dan peluang yang telah disebutkan sebelumnya, bekerja sebagai seniman di Jakarta juga memiliki daya tarik tersendiri bagi banyak orang. Berikut adalah beberapa daya tarik bekerja sebagai seniman di Jakarta:

  • Lingkungan yang kreatif: Jakarta merupakan kota yang memiliki lingkungan yang sangat kreatif. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya galeri seni, museum, dan ruang pameran yang tersedia di Jakarta. Selain itu, Jakarta juga memiliki banyak komunitas seni yang aktif dan terbuka bagi siapa saja yang ingin bergabung.
  • Kesempatan untuk bertemu dengan orang-orang kreatif: Bekerja sebagai seniman di Jakarta memberikan kesempatan bagi seseorang untuk bertemu dengan banyak orang kreatif lainnya. Hal ini dapat menjadi sumber inspirasi dan motivasi bagi seniman untuk terus berkarya seni.
  • Potensi untuk menjadi terkenal: Jakarta merupakan kota metropolitan yang menjadi pusat perhatian banyak orang. Hal ini membuat seniman yang berkarya di Jakarta memiliki potensi untuk menjadi terkenal dan dikenal oleh masyarakat luas.
  • Gaya hidup yang menarik: Bekerja sebagai seniman di Jakarta memungkinkan seseorang untuk menjalani gaya hidup yang menarik dan penuh dengan kreativitas. Seniman dapat mengekspresikan kreativitas mereka melalui karya seni mereka dan bertemu dengan banyak orang-orang kreatif lainnya.

Demikian beberapa daya tarik bekerja sebagai seniman di Jakarta. Bagi banyak orang, daya tarik-daya tarik inilah yang membuat mereka tertarik untuk bekerja sebagai seniman di Jakarta.

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan mengenai gaji seniman di Jakarta:

Question 1: Berapa gaji rata-rata seniman di Jakarta?
Answer 1: Gaji rata-rata seniman di Jakarta berkisar antara Rp 4 juta hingga Rp 12 juta per bulan. Namun, perlu dicatat bahwa besaran gaji ini dapat bervariasi tergantung pada jenis pekerjaan, pengalaman, dan reputasi seniman tersebut.

Question 2: Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi gaji seniman di Jakarta?
Answer 2: Faktor-faktor yang mempengaruhi gaji seniman di Jakarta antara lain jenis pekerjaan, pengalaman, reputasi, tunjangan, fasilitas, dan daya tarik tersendiri.

Question 3: Jenis pekerjaan seni apa yang memiliki gaji tertinggi di Jakarta?
Answer 3: Jenis pekerjaan seni yang memiliki gaji tertinggi di Jakarta antara lain seniman lukis, seniman patung, seniman instalasi, dan seniman pertunjukan.

Question 4: Bagaimana cara meningkatkan gaji sebagai seniman di Jakarta?
Answer 4: Untuk meningkatkan gaji sebagai seniman di Jakarta, Anda dapat meningkatkan pengalaman, membangun reputasi, mengikuti pameran seni, memenangkan penghargaan, dan bekerja sama dengan perusahaan atau klien untuk membuat karya seni sesuai pesanan.

Question 5: Apa saja tunjangan dan fasilitas yang biasanya diberikan kepada seniman di Jakarta?
Answer 5: Tunjangan dan fasilitas yang biasanya diberikan kepada seniman di Jakarta antara lain tunjangan kesehatan, tunjangan transportasi, tunjangan makan, asuransi kesehatan, asuransi jiwa, dan dana pensiun.

Question 6: Apa saja daya tarik bekerja sebagai seniman di Jakarta?
Answer 6: Daya tarik bekerja sebagai seniman di Jakarta antara lain lingkungan yang kreatif, kesempatan untuk bertemu dengan orang-orang kreatif, potensi untuk menjadi terkenal, dan gaya hidup yang menarik.

Demikian beberapa pertanyaan yang sering diajukan mengenai gaji seniman di Jakarta. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang ingin berkarier di bidang seni di Jakarta.

Setelah membahas mengenai gaji seniman di Jakarta, selanjutnya kita akan membahas beberapa tips bagi Anda yang ingin berkarier di bidang seni di Jakarta.

Tips

Berikut adalah beberapa tips bagi Anda yang ingin berkarier di bidang seni di Jakarta dan mendapatkan gaji yang tinggi:

1. Tingkatkan pengalaman dan bangun reputasi: Semakin banyak pengalaman yang Anda miliki, semakin tinggi reputasi Anda sebagai seniman, dan semakin tinggi pula gaji yang dapat Anda terima. Untuk meningkatkan pengalaman dan membangun reputasi, Anda dapat mengikuti pameran seni, memenangkan penghargaan, dan bekerja sama dengan perusahaan atau klien untuk membuat karya seni sesuai pesanan.

2. Pilih jenis pekerjaan seni yang tepat: Tidak semua jenis pekerjaan seni memiliki gaji yang tinggi. Jika Anda ingin mendapatkan gaji yang tinggi, pilihlah jenis pekerjaan seni yang memiliki permintaan tinggi di pasaran, seperti seniman lukis, seniman patung, seniman instalasi, dan seniman pertunjukan.

3. Tingkatkan keterampilan dan pengetahuan Anda: Untuk menjadi seniman yang sukses dan mendapatkan gaji yang tinggi, Anda perlu terus meningkatkan keterampilan dan pengetahuan Anda. Anda dapat mengikuti kelas seni, membaca buku tentang seni, dan mengunjungi museum dan galeri seni untuk belajar dari karya-karya seniman lain.

4. Jangan takut untuk mempromosikan diri Anda: Di era digital ini, penting bagi Anda untuk mempromosikan diri Anda dan karya-karya seni Anda secara online. Anda dapat membuat website atau blog untuk memamerkan karya-karya Anda, dan menggunakan media sosial untuk mempromosikan diri Anda dan terhubung dengan calon klien.

Demikian beberapa tips bagi Anda yang ingin berkarier di bidang seni di Jakarta dan mendapatkan gaji yang tinggi. Semoga tips-tips ini bermanfaat untuk Anda.

Setelah membahas mengenai gaji seniman di Jakarta dan tips-tips untuk mendapatkan gaji yang tinggi, selanjutnya kita akan memberikan kesimpulan.

Conclusion

Gaji seniman di Jakarta dapat bervariasi tergantung pada jenis pekerjaan, pengalaman, dan reputasi seniman tersebut. Namun, secara umum, gaji seniman di Jakarta cukup tinggi dibandingkan dengan gaji pekerja kantoran pada umumnya.

Selain gaji pokok, seniman di Jakarta juga biasanya mendapatkan berbagai tunjangan dan fasilitas, seperti tunjangan kesehatan, tunjangan transportasi, tunjangan makan, asuransi kesehatan, asuransi jiwa, dan dana pensiun. Fasilitas-fasilitas ini tentu saja menjadi daya tarik tersendiri bagi para seniman untuk bekerja di Jakarta.

Bekerja sebagai seniman di Jakarta juga memiliki banyak keuntungan lainnya, seperti lingkungan yang kreatif, kesempatan untuk bertemu dengan orang-orang kreatif, potensi untuk menjadi terkenal, dan gaya hidup yang menarik.

Bagi Anda yang ingin berkarier di bidang seni di Jakarta, ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan gaji yang tinggi. Pertama, tingkatkan pengalaman dan bangun reputasi Anda sebagai seniman. Kedua, pilih jenis pekerjaan seni yang tepat. Ketiga, tingkatkan keterampilan dan pengetahuan Anda. Keempat, jangan takut untuk mempromosikan diri Anda dan karya-karya seni Anda.

Demikian pembahasan tentang gaji seniman di Jakarta. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang ingin berkarier di bidang seni di Jakarta.

Images References :

Check Also

karir mahfud md

Karier Mahfud MD: Dari Aktivis hingga Menteri

Mahfud MD merupakan salah satu tokoh hukum dan politik Indonesia yang paling dikenal. Ia pernah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *