Bonus Tahunan Karyawan BCA: Besaran, Jadwal, dan Cara Mencairkannya


Bonus Tahunan Karyawan BCA: Besaran, Jadwal, dan Cara Mencairkannya

Bonus tahunan merupakan salah satu bentuk apresiasi yang diberikan oleh perusahaan kepada para karyawannya atas kerja keras dan dedikasi mereka selama setahun. Bonus tahunan biasanya dibagikan pada akhir tahun, setelah perusahaan menutup buku keuangannya.

Bagi karyawan BCA, bonus tahunan merupakan salah satu hal yang paling ditunggu-tunggu. Pasalnya, bonus tahunan BCA dikenal cukup besar dan menggiurkan. Besaran bonus tahunan BCA sendiri bervariasi, tergantung pada jabatan, kinerja, dan masa kerja karyawan. Namun, rata-rata bonus tahunan BCA berkisar antara 1 hingga 3 kali gaji pokok.

Bagi Anda yang merupakan karyawan BCA, tentunya Anda penasaran dengan besaran bonus tahunan yang akan Anda terima. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang bonus tahunan BCA, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

bonus tahunan karyawan bca

Bonus tahunan karyawan BCA merupakan salah satu yang terbesar di Indonesia. Besarannya tergantung pada jabatan, kinerja, dan masa kerja karyawan.

  • Besar, menggiurkan
  • Tergantung jabatan
  • Berdasarkan kinerja
  • Masa kerja jadi faktor
  • Rata-rata 1-3 kali gaji
  • Dibagikan akhir tahun
  • Ditutupnya buku keuangan
  • Karyawan tetap dan kontrak
  • Karyawan magang tidak dapat
  • Pajak ditanggung penerima

Bonus tahunan karyawan BCA merupakan bentuk apresiasi perusahaan atas kerja keras dan dedikasi karyawan selama setahun.

Besar, menggiurkan

Bonus tahunan karyawan BCA dikenal besar dan menggiurkan. Besaran bonus tahunan BCA sendiri bervariasi, tergantung pada jabatan, kinerja, dan masa kerja karyawan. Namun, rata-rata bonus tahunan BCA berkisar antara 1 hingga 3 kali gaji pokok.

  • Besaran bonus tergantung jabatan

    Semakin tinggi jabatan karyawan, semakin besar bonus tahunan yang akan diterimanya. Hal ini karena karyawan dengan jabatan yang lebih tinggi biasanya memiliki tanggung jawab yang lebih besar dan berkontribusi lebih besar terhadap perusahaan.

  • Besaran bonus juga tergantung kinerja

    Karyawan dengan kinerja yang baik biasanya akan mendapatkan bonus tahunan yang lebih besar daripada karyawan dengan kinerja yang kurang baik. Kinerja karyawan dinilai berdasarkan berbagai faktor, seperti produktivitas, kualitas kerja, dan kedisiplinan.

  • Besaran bonus dipengaruhi masa kerja

    Karyawan dengan masa kerja yang lebih lama biasanya akan mendapatkan bonus tahunan yang lebih besar daripada karyawan dengan masa kerja yang lebih pendek. Hal ini karena karyawan dengan masa kerja yang lebih lama dianggap lebih berpengalaman dan berkontribusi lebih besar terhadap perusahaan.

  • Rata-rata bonus tahunan BCA 1-3 kali gaji pokok

    Berdasarkan data dari berbagai sumber, rata-rata bonus tahunan karyawan BCA berkisar antara 1 hingga 3 kali gaji pokok. Namun, perlu dicatat bahwa besaran bonus tahunan dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor yang telah disebutkan sebelumnya.

Bonus tahunan karyawan BCA merupakan salah satu yang terbesar di Indonesia. Hal ini tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi para pencari kerja untuk bergabung dengan BCA.

Tergantung jabatan

Besaran bonus tahunan karyawan BCA tergantung pada jabatan. Semakin tinggi jabatan karyawan, semakin besar bonus tahunan yang akan diterimanya. Hal ini karena karyawan dengan jabatan yang lebih tinggi biasanya memiliki tanggung jawab yang lebih besar dan berkontribusi lebih besar terhadap perusahaan.

  • Jabatan pimpinan

    Karyawan dengan jabatan pimpinan, seperti direktur, manajer, dan kepala cabang, biasanya mendapatkan bonus tahunan yang lebih besar daripada karyawan dengan jabatan yang lebih rendah. Hal ini karena karyawan dengan jabatan pimpinan memiliki tanggung jawab yang lebih besar dan berkontribusi lebih besar terhadap perusahaan.

  • Jabatan strategis

    Karyawan dengan jabatan strategis, seperti kepala divisi, kepala bagian, dan kepala seksi, juga biasanya mendapatkan bonus tahunan yang lebih besar daripada karyawan dengan jabatan yang lebih rendah. Hal ini karena karyawan dengan jabatan strategis memiliki peran penting dalam perusahaan dan berkontribusi besar terhadap pencapaian tujuan perusahaan.

  • Jabatan teknis

    Karyawan dengan jabatan teknis, seperti programmer, analis sistem, dan teknisi, juga berpotensi mendapatkan bonus tahunan yang besar. Hal ini karena karyawan dengan jabatan teknis memiliki keterampilan khusus yang dibutuhkan oleh perusahaan dan berkontribusi besar terhadap keberhasilan perusahaan.

  • Jabatan operasional

    Karyawan dengan jabatan operasional, seperti teller, customer service, dan marketing, juga bisa mendapatkan bonus tahunan yang cukup besar. Hal ini karena karyawan dengan jabatan operasional berperan penting dalam melayani pelanggan dan berkontribusi terhadap peningkatan pendapatan perusahaan.

Jadi, jika Anda ingin mendapatkan bonus tahunan yang besar, Anda bisa mempertimbangkan untuk bekerja di BCA dan menduduki jabatan yang tinggi.

Berdasarkan kinerja

Besaran bonus tahunan karyawan BCA juga tergantung pada kinerja. Karyawan dengan kinerja yang baik biasanya akan mendapatkan bonus tahunan yang lebih besarお勧め karyawan dengan kinerja yang kurang baik.

  • Kriteria penilaian kinerja

    K kinerja karyawan dinilai berdasarkan berbagai faktor, seperti produk červená, kualitas kerja, dan kedisiplinan. Karyawan yang produktif, menghasilkan kerja yang berkualitas, dan disiplin, biasanya akan mendapatkan bonus tahunan yang lebih besar.

  • Penilaian kinerja oleh atasan

    K kinerja karyawan dinilai oleh atasan langsung. Atasan akan menilai kinerja karyawan berdasarkan berbagai faktor yang telah ditentukan oleh perusahaan. Penilaian kinerja biasanya dilakukan secara berkala, seperti setiap tahun atau setiap semester.

  • K kinerja yang baik dihargai

    K kinerja yang baik akan dihargai oleh BCA dengan diberikannya bonus tahunan yang lebih besar. Hal ini tentunya menjadiモチ for karyawan untuk selalu bekerja dengan baik dan meningkatkan kinerjanya.

  • K kinerja yang kurang baik dapat diper memperbaiki

    K kinerja yang kurang baik bukan berarti tidak dapat diper memperbaiki. Karyawan yang kurang baik kinerjanya dapat melakukan perbaikan dengan bekerja lebih giat dan meningkatkan kualitas kerja. Dengan demikian, karyawan tersebut berpeluang mendapatkan bonus tahunan yang lebih besar pada tahun berikutnya.

Jika Anda ingin mendapatkan bonus tahunan yang besar dari BCA, maka Anda harus selalu bekerja dengan baik dan meningkatkan kinerja Anda.

Masa kerja jadi faktor

Masa kerja juga merupakan salah satu faktor yang memengaruhi besaran bonus tahunan karyawan BCA. Karyawan dengan masa kerja yang lebih lama biasanya akan mendapatkan bonus tahunan yang lebih besar daripada karyawan dengan masa kerja yang lebih pendek. Hal ini karena karyawan dengan masa kerja yang lebih lama dianggap lebih berpengalaman dan berkontribusi lebih besar terhadap perusahaan.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa masa kerja menjadi faktor dalam menentukan besaran bonus tahunan karyawan BCA:

  • Karyawan dengan masa kerja yang lebih lama memiliki lebih banyak pengalaman

    Karyawan dengan masa kerja yang lebih lama memiliki lebih banyak pengalaman dalam bidangnya. Mereka lebih memahami seluk-beluk pekerjaan dan lebih mampu menyelesaikan tugas-tugas dengan baik. Pengalaman yang dimiliki oleh karyawan dengan masa kerja yang lebih lama tentunya sangat berharga bagi perusahaan.

  • Karyawan dengan masa kerja yang lebih lama lebih berkomitmen terhadap perusahaan

    Karyawan dengan masa kerja yang lebih lama biasanya lebih berkomitmen terhadap perusahaan. Mereka telah melewati berbagai tantangan dan rintangan bersama perusahaan. Mereka juga lebih memahami budaya dan nilai-nilai perusahaan. Komitmen karyawan dengan masa kerja yang lebih lama tentunya sangat penting bagi perusahaan.

  • Karyawan dengan masa kerja yang lebih lama lebih produktif

    Karyawan dengan masa kerja yang lebih lama biasanya lebih produktif daripada karyawan dengan masa kerja yang lebih pendek. Mereka lebih terampil dan lebih berpengalaman dalam menyelesaikan tugas-tugas. Produktivitas karyawan dengan masa kerja yang lebih lama tentunya sangat menguntungkan bagi perusahaan.

  • Karyawan dengan masa kerja yang lebih lama lebih loyal terhadap perusahaan

    Karyawan dengan masa kerja yang lebih lama biasanya lebih loyal terhadap perusahaan. Mereka telah melewati berbagai suka dan duka bersama perusahaan. Mereka juga lebih memahami tujuan dan visi perusahaan. Loyalitas karyawan dengan masa kerja yang lebih lama tentunya sangat penting bagi perusahaan.

Jadi, jika Anda ingin mendapatkan bonus tahunan yang besar dari BCA, maka Anda harus bekerja dengan giat dan menunjukkan kinerja yang baik. Semakin lama Anda bekerja di BCA, semakin besar bonus tahunan yang akan Anda terima.

Rata-rata 1-3 kali gaji

Berdasarkan data dari berbagai sumber, rata-rata bonus tahunan karyawan BCA berkisar antara 1 hingga 3 kali gaji pokok. Namun, perlu dicatat bahwa besaran bonus tahunan dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor yang telah disebutkan sebelumnya, seperti jabatan, kinerja, dan masa kerja.

  • Bonus tahunan 1 kali gaji pokok

    Karyawan dengan jabatan yang lebih rendah, kinerja yang kurang baik, dan masa kerja yang lebih pendek, biasanya akan mendapatkan bonus tahunan sebesar 1 kali gaji pokok.

  • Bonus tahunan 2 kali gaji pokok

    Karyawan dengan jabatan yang lebih tinggi, kinerja yang baik, dan masa kerja yang lebih lama, biasanya akan mendapatkan bonus tahunan sebesar 2 kali gaji pokok.

  • Bonus tahunan 3 kali gaji pokok

    Karyawan dengan jabatan yang sangat tinggi, kinerja yang sangat baik, dan masa kerja yang sangat lama, biasanya akan mendapatkan bonus tahunan sebesar 3 kali gaji pokok. Bonus tahunan sebesar 3 kali gaji pokok ini sangat jarang diberikan, tetapi bukan tidak mungkin.

  • Bonus tahunan dapat lebih dari 3 kali gaji pokok

    Dalam beberapa kasus, karyawan BCA bisa mendapatkan bonus tahunan yang lebih dari 3 kali gaji pokok. Hal ini biasanya terjadi pada karyawan yang menduduki jabatan sangat tinggi, memiliki kinerja yang sangat baik, masa kerja yang sangat lama, dan memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap perusahaan.

Jadi, jika Anda ingin mendapatkan bonus tahunan yang besar dari BCA, maka Anda harus bekerja dengan giat, menunjukkan kinerja yang baik, dan memiliki masa kerja yang lama. Semakin tinggi jabatan Anda, semakin baik kinerja Anda, dan semakin lama masa kerja Anda, maka semakin besar bonus tahunan yang akan Anda terima.

Dibagikan akhir tahun

Bonus tahunan karyawan BCA dibagikan pada akhir tahun, setelah perusahaan menutup buku keuangannya. Hal ini dilakukan agar perusahaan dapat mengetahui jumlah keuntungan yang diperoleh selama setahun dan berapa bonus tahunan yang dapat dibagikan kepada karyawan.

  • Waktu pembagian bonus tahunan

    Bonus tahunan karyawan BCA biasanya dibagikan pada bulan Desember atau Januari. Namun, waktu pembagian bonus tahunan dapat berbeda-beda tergantung pada kebijakan perusahaan.

  • Cara pembagian bonus tahunan

    Bonus tahunan karyawan BCA dibagikan melalui transfer bank. Bonus tahunan akan ditransfer langsung ke rekening bank karyawan.

  • Pemotongan pajak

    Bonus tahunan karyawan BCA dikenakan pajak penghasilan (PPh). Besarnya PPh yang dikenakan tergantung pada besaran bonus tahunan yang diterima.

  • Sisa bonus tahunan setelah dipotong pajak

    Setelah dipotong pajak, sisa bonus tahunan yang diterima oleh karyawan BCA akan dikurangi dengan potongan biaya lainnya, seperti iuran BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.

Meskipun bonus tahunan karyawan BCA dipotong pajak dan biaya lainnya, namun bonus tahunan yang diterima oleh karyawan BCA tetaplah besar dan menggiurkan. Hal ini tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi para pencari kerja untuk bergabung dengan BCA.

Ditutupnya buku keuangan

Bonus tahunan karyawan BCA dibagikan setelah perusahaan menutup buku keuangannya. Penutupan buku keuangan dilakukan pada akhir tahun, biasanya pada bulan Desember. Pada saat penutupan buku keuangan, perusahaan akan menghitung keuntungan dan kerugian yang diperoleh selama setahun.

Setelah buku keuangan ditutup, perusahaan akan mengetahui berapa jumlah keuntungan yang diperolehnya. Dari keuntungan tersebut, sebagian akan disisihkan untuk dibagikan kepada karyawan sebagai bonus tahunan.

Besarnya bonus tahunan yang dibagikan kepada karyawan tergantung pada beberapa faktor, seperti keuntungan perusahaan, kebijakan perusahaan, dan kinerja karyawan. Namun, rata-rata bonus tahunan karyawan BCA berkisar antara 1 hingga 3 kali gaji pokok.

Pembagian bonus tahunan kepada karyawan BCA dilakukan melalui transfer bank. Bonus tahunan akan ditransfer langsung ke rekening bank karyawan. Karyawan akan menerima bonus tahunan setelah dipotong pajak penghasilan (PPh).

Jadi, jika Anda ingin mendapatkan bonus tahunan dari BCA, maka Anda harus bekerja dengan giat, menunjukkan kinerja yang baik, dan berharap bahwa perusahaan memperoleh keuntungan yang besar pada tahun tersebut.

Karyawan tetap dan kontrak

Bonus tahunan karyawan BCA diberikan kepada karyawan tetap dan karyawan kontrak. Namun, ada beberapa perbedaan dalam ketentuan pemberian bonus tahunan antara karyawan tetap dan karyawan kontrak.

  • Besaran bonus tahunan

    Besaran bonus tahunan karyawan tetap biasanya lebih besar daripada bonus tahunan karyawan kontrak. Hal ini karena karyawan tetap dianggap lebih berkomitmen terhadap perusahaan dan memiliki kinerja yang lebih baik daripada karyawan kontrak.

  • Syarat mendapatkan bonus tahunan

    Karyawan tetap biasanya hanya perlu memenuhi syarat bekerja selama setahun penuh untuk mendapatkan bonus tahunan. Sedangkan karyawan kontrak harus memenuhi syarat bekerja selama minimal 6 bulan untuk mendapatkan bonus tahunan.

  • Waktu pembagian bonus tahunan

    Bonus tahunan karyawan tetap dan karyawan kontrak dibagikan pada waktu yang sama, yaitu pada akhir tahun setelah perusahaan menutup buku keuangannya.

  • Cara pembagian bonus tahunan

    Bonus tahunan karyawan tetap dan karyawan kontrak dibagikan melalui transfer bank. Bonus tahunan akan ditransfer langsung ke rekening bank karyawan.

Jadi, jika Anda ingin mendapatkan bonus tahunan dari BCA, maka Anda harus menjadi karyawan tetap atau karyawan kontrak yang memenuhi syarat.

Karyawan magang tidak dapat

Karyawan magang tidak dapat menerima bonus tahunan dari BCA. Hal ini karena karyawan magang bukan merupakan karyawan tetap atau karyawan kontrak BCA.

Karyawan magang adalah mahasiswa atau siswa yang sedang menjalani kegiatan magang di BCA. Kegiatan magang biasanya dilakukan selama beberapa bulan dan bertujuan untuk memberikan pengalaman kerja kepada mahasiswa atau siswa tersebut.

Selama menjalani kegiatan magang, karyawan magang tidak menerima gaji atau upah dari BCA. Namun, karyawan magang biasanya diberikan uang saku atau tunjangan hidup dari perusahaan atau lembaga tempat mereka magang.

Karena karyawan magang bukan merupakan karyawan tetap atau karyawan kontrak BCA, maka mereka tidak berhak menerima bonus tahunan. Bonus tahunan hanya diberikan kepada karyawan tetap dan karyawan kontrak yang memenuhi syarat.

Jika Anda seorang mahasiswa atau siswa yang sedang menjalani kegiatan magang di BCA, maka Anda tidak perlu berkecil hati karena tidak mendapatkan bonus tahunan. Anggap saja kegiatan magang sebagai kesempatan untuk belajar dan mendapatkan pengalaman kerja yang berharga.

Pajak ditanggung penerima

Bonus tahunan karyawan BCA dikenakan pajak penghasilan (PPh). Besarnya PPh yang dikenakan tergantung pada besaran bonus tahunan yang diterima.

PPh atas bonus tahunan karyawan BCA dihitung menggunakan tarif progresif. Artinya, semakin besar bonus tahunan yang diterima, semakin tinggi tarif PPh yang dikenakan.

Berikut adalah tarif PPh atas bonus tahunan karyawan BCA:

  • Bonus tahunan sampai dengan Rp50 juta: 5%
  • Bonus tahunan di atas Rp50 juta sampai dengan Rp250 juta: 15%
  • Bonus tahunan di atas Rp250 juta sampai dengan Rp500 juta: 25%
  • Bonus tahunan di atas Rp500 juta: 30%

PPh atas bonus tahunan karyawan BCA dipotong langsung oleh perusahaan sebelum bonus tahunan ditransfer ke rekening bank karyawan.

Jadi, jika Anda menerima bonus tahunan dari BCA, maka Anda harus membayar PPh atas bonus tahunan tersebut. Besarnya PPh yang harus Anda bayar tergantung pada besaran bonus tahunan yang Anda terima.

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang gaji karyawan BCA:

Question 1: Berapa gaji karyawan BCA?
Answer 1: Gaji karyawan BCA bervariasi tergantung pada jabatan, kinerja, dan masa kerja. Namun, rata-rata gaji karyawan BCA berkisar antara Rp4.000.000 hingga Rp15.000.000 per bulan.

Question 2: Apakah karyawan BCA mendapatkan bonus?
Answer 2: Ya, karyawan BCA mendapatkan bonus tahunan. Besaran bonus tahunan karyawan BCA tergantung pada jabatan, kinerja, dan masa kerja. Namun, rata-rata bonus tahunan karyawan BCA berkisar antara 1 hingga 3 kali gaji pokok.

Question 3: Apakah karyawan BCA mendapatkan tunjangan?
Answer 3: Ya, karyawan BCA mendapatkan berbagai macam tunjangan, seperti tunjangan kesehatan, tunjangan transportasi, tunjangan makan, dan tunjangan perumahan. Besarnya tunjangan yang diberikan tergantung pada jabatan dan masa kerja karyawan.

Question 4: Apakah karyawan BCA mendapatkan fasilitas lainnya?
Answer 4: Ya, karyawan BCA mendapatkan berbagai macam fasilitas lainnya, seperti asuransi kesehatan, asuransi jiwa, dan kesempatan untuk mengikuti pelatihan dan pengembangan karier.

Question 5: Apakah gaji karyawan BCA kompetitif?
Answer 5: Ya, gaji karyawan BCA kompetitif dibandingkan dengan gaji karyawan bank lain di Indonesia. Selain itu, karyawan BCA juga mendapatkan berbagai macam tunjangan dan fasilitas lainnya yang menarik.

Question 6: Bagaimana cara melamar pekerjaan di BCA?
Answer 6: Untuk melamar pekerjaan di BCA, Anda dapat mengunjungi situs web resmi BCA atau mengirimkan lamaran kerja Anda melalui email. BCA membuka lowongan pekerjaan untuk berbagai posisi, mulai dari posisi entry level hingga posisi manajemen.

Demikian beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang gaji karyawan BCA. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Jika Anda tertarik untuk bekerja di BCA, ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan peluang Anda untuk diterima bekerja, seperti mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi tes dan wawancara, serta menunjukkan semangat dan motivasi yang tinggi.

Tips

Jika Anda ingin mendapatkan gaji yang tinggi di BCA, ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan:

1. Pilihlah posisi yang tepat
Pilihlah posisi yang sesuai dengan latar belakang pendidikan, keterampilan, dan pengalaman Anda. Posisi yang tepat akan memberi Anda kesempatan untuk mengembangkan karier Anda dan mendapatkan gaji yang lebih tinggi.

2. Tunjukkan kinerja yang baik
Tunjukkan kinerja yang baik dengan bekerja keras, memenuhi target, dan menyelesaikan tugas-tugas dengan baik. Kinerja yang baik akan membuat Anda lebih dihargai oleh perusahaan dan berpeluang untuk mendapatkan gaji yang lebih tinggi.

3. Tingkatkan kompetensi Anda
Tingkatkan kompetensi Anda dengan mengikuti pelatihan dan pengembangan karier yang disediakan oleh perusahaan. Dengan kompetensi yang tinggi, Anda akan lebih berharga bagi perusahaan dan berpeluang untuk mendapatkan gaji yang lebih tinggi.

4. Jalin hubungan yang baik dengan atasan dan rekan kerja
Jalin hubungan yang baik dengan atasan dan rekan kerja. Hubungan yang baik akan membuat Anda lebih dihargai dan didukung oleh rekan kerja dan atasan. Dengan demikian, Anda berpeluang untuk mendapatkan promosi dan gaji yang lebih tinggi.

Demikian beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan gaji yang tinggi di BCA. Semoga tips ini bermanfaat bagi Anda.

Jika Anda memiliki kerja keras, kinerja yang baik, kompetensi yang tinggi, dan hubungan yang baik dengan atasan dan rekan kerja, maka Anda berpeluang untuk mendapatkan gaji yang tinggi di BCA.

Conclusion

Gaji karyawan BCA bervariasi tergantung pada jabatan, kinerja, dan masa kerja. Namun, rata-rata gaji karyawan BCA berkisar antara Rp4.000.000 hingga Rp15.000.000 per bulan. Selain gaji, karyawan BCA juga mendapatkan bonus tahunan, tunjangan, dan fasilitas lainnya yang menarik.

Jika Anda ingin mendapatkan gaji yang tinggi di BCA, ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan, seperti memilih posisi yang tepat, menunjukkan kinerja yang baik, meningkatkan kompetensi, dan menjalin hubungan yang baik dengan atasan dan rekan kerja.

Dengan kerja keras, kinerja yang baik, kompetensi yang tinggi, dan hubungan yang baik dengan atasan dan rekan kerja, maka Anda berpeluang untuk mendapatkan gaji yang tinggi di BCA.

Demikian artikel tentang gaji karyawan BCA. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut tentang gaji karyawan BCA, silakan kunjungi situs web resmi BCA atau hubungi bagian SDM BCA.

Images References :

Check Also

karir mahfud md

Karier Mahfud MD: Dari Aktivis hingga Menteri

Mahfud MD merupakan salah satu tokoh hukum dan politik Indonesia yang paling dikenal. Ia pernah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *