Berapa kisaran Gaji Pegawai BUMN di Indonesia?


Berapa kisaran Gaji Pegawai BUMN di Indonesia?

BUMN atau perusahaan milik negara merupakan salah satu lembaga atau instansi pemerintah yang bergerak di bidang usaha atau bisnis. Sebagai perusahaan milik negara, tentu saja gaji pegawai BUMN Indonesia menjadi salah satu hal yang penting untuk diketahui. Tidak sedikit orang yang tertarik untuk bekerja di perusahaan BUMN, salah satu alasannya karena gaji pegawai BUMN yang cukup menjanjikan dan memiliki tunjangan yang cukup banyak.

Besaran gaji pegawai BUMN bervariasi tergantung pada jenis perusahaan, jabatan, dan kualifikasi. Namun, secara umum, gaji pegawai BUMN dapat tergolong tinggi dibandingkan dengan gaji pegawai di perusahaan swasta. Selain gaji pokok, pegawai BUMN juga berhak mendapatkan berbagai tunjangan, seperti tunjangan jabatan, tunjangan kinerja, tunjangan transportasi, dan tunjangan kesehatan.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa gaji pegawai BUMN sangat bervariasi dan dipengaruhi oleh faktor usia, masa kerja, jabatan, pendidikan, dan lainnya. Namun, gaji pegawai BUMN pada umumnya lebih tinggi dari gaji UMR dan gaji pegawai pemerintah lainnya.

berapa gaji pegawai bumn

Gaji pegawai BUMN bervariasi, dipengaruhi beberapa faktor.

  • Jenis perusahaan
  • Jabatan
  • Masa kerja
  • Kualifikasi
  • Usia
  • Pendidikan
  • Lokasi
  • Tunjangan

Secara umum, gaji pegawai BUMN lebih tinggi dari UMR dan gaji pegawai pemerintah lainnya.

Jenis perusahaan

Jenis perusahaan BUMN sangat beragam, mulai dari perusahaan yang bergerak di bidang perbankan, keuangan, energi, telekomunikasi, hingga infrastruktur.

  • Perusahaan BUMN yang bergerak di bidang perbankan dan keuangan

    Contoh: Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia, Bank Negara Indonesia. Gaji pegawai BUMN di bidang ini umumnya tinggi, karena perusahaan perbankan dan keuangan memiliki keuntungan yang besar.

  • Perusahaan BUMN yang bergerak di bidang energi

    Contoh: Pertamina, Perusahaan Listrik Negara (PLN), Perusahaan Gas Negara (PGN). Gaji pegawai BUMN di bidang ini juga cukup tinggi, karena perusahaan energi merupakan perusahaan yang strategis dan penting bagi negara.

  • Perusahaan BUMN yang bergerak di bidang telekomunikasi

    Contoh: Telkom Indonesia, Telkomsel, Indosat. Gaji pegawai BUMN di bidang ini juga cukup tinggi, karena perusahaan telekomunikasi merupakan perusahaan yang berkembang pesat dan memiliki prospek yang cerah.

  • Perusahaan BUMN yang bergerak di bidang infrastruktur

    Contoh: PT Pembangunan Perumahan (PP), PT Wijaya Karya (WIKA), PT Jasa Marga. Gaji pegawai BUMN di bidang ini juga cukup tinggi, karena perusahaan infrastruktur merupakan perusahaan yang penting bagi pembangunan negara.

Selain keempat jenis perusahaan BUMN tersebut, masih banyak perusahaan BUMN lainnya yang bergerak di berbagai bidang usaha. Gaji pegawai BUMN di perusahaan-perusahaan tersebut juga bervariasi, tergantung pada jenis perusahaan, jabatan, dan kualifikasi.

Jabatan

Jabatan juga merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi gaji pegawai BUMN. Semakin tinggi jabatan seseorang, maka semakin tinggi pula gajinya. Berikut ini adalah beberapa jabatan tertinggi di perusahaan BUMN beserta kisaran gajinya:

Direktur Utama
Gaji: Rp100 juta – Rp500 juta per bulan

Direktur
Gaji: Rp50 juta – Rp250 juta per bulan

Kepala Divisi
Gaji: Rp25 juta – Rp100 juta per bulan

Kepala Bagian
Gaji: Rp15 juta – Rp50 juta per bulan

Kepala Sub Bagian
Gaji: Rp10 juta – Rp30 juta per bulan

Staff
Gaji: Rp5 juta – Rp20 juta per bulan

Perlu dicatat bahwa kisaran gaji tersebut hanya merupakan perkiraan dan dapat bervariasi tergantung pada jenis perusahaan, jabatan, dan kualifikasi.

Selain jabatan pokok, pegawai BUMN juga dapat menduduki jabatan rangkap atau jabatan komisaris di perusahaan BUMN lainnya. Jabatan rangkap dan jabatan komisaris ini juga dapat mempengaruhi gaji pegawai BUMN.

Masa kerja

Masa kerja juga merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi gaji pegawai BUMN. Semakin lama masa kerja seseorang, maka semakin tinggi pula gajinya. Hal ini karena pegawai dengan masa kerja yang lama dianggap lebih berpengalaman dan memiliki kompetensi yang lebih tinggi.

  • Pegawai BUMN dengan masa kerja kurang dari 5 tahun

    Gaji: Rp5 juta – Rp20 juta per bulan

  • Pegawai BUMN dengan masa kerja 5-10 tahun

    Gaji: Rp10 juta – Rp30 juta per bulan

  • Pegawai BUMN dengan masa kerja 10-15 tahun

    Gaji: Rp15 juta – Rp50 juta per bulan

  • Pegawai BUMN dengan masa kerja 15-20 tahun

    Gaji: Rp20 juta – Rp75 juta per bulan

Perlu dicatat bahwa kisaran gaji tersebut hanya merupakan perkiraan dan dapat bervariasi tergantung pada jenis perusahaan, jabatan, dan kualifikasi.

Selain gaji pokok, pegawai BUMN dengan masa kerja yang lama juga berhak mendapatkan tunjangan masa kerja. Tunjangan masa kerja ini diberikan sebagai penghargaan atas dedikasi dan loyalitas pegawai BUMN terhadap perusahaan.

Kualifikasi

Kualifikasi juga merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi gaji pegawai BUMN. Semakin tinggi kualifikasi seseorang, maka semakin tinggi pula gajinya. Hal ini karena pegawai dengan kualifikasi yang tinggi dianggap lebih kompeten dan memiliki keterampilan yang lebih baik.

Berikut ini adalah beberapa kualifikasi yang umumnya dibutuhkan untuk bekerja di perusahaan BUMN:

  • Pendidikan minimal D3 atau S1
  • IPK minimal 3,00
  • Menguasai bahasa Inggris dengan baik
  • Memiliki pengalaman kerja yang relevan
  • Memiliki sertifikasi atau keterampilan khusus

Pegawai BUMN dengan kualifikasi yang tinggi umumnya akan ditempatkan pada posisi-posisi yang strategis dan penting. Posisi-posisi tersebut biasanya memiliki gaji yang lebih tinggi dibandingkan dengan posisi-posisi yang lebih rendah.

Selain gaji pokok, pegawai BUMN dengan kualifikasi yang tinggi juga berhak mendapatkan tunjangan pendidikan. Tunjangan pendidikan ini diberikan sebagai penghargaan atas upaya pegawai BUMN dalam meningkatkan kompetensinya.

Bagi lulusan baru yang ingin bekerja di perusahaan BUMN, ada baiknya untuk mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Pastikan untuk memiliki kualifikasi yang dibutuhkan dan mengikuti seleksi dengan serius. Dengan demikian, peluang untuk diterima bekerja di perusahaan BUMN akan semakin besar.

Usia

Usia juga merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi gaji pegawai BUMN. Semakin tua usia seseorang, maka semakin tinggi pula gajinya. Hal ini karena pegawai dengan usia yang lebih tua dianggap lebih berpengalaman dan memiliki kompetensi yang lebih tinggi.

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa usia mempengaruhi gaji pegawai BUMN:

  • Pegawai dengan usia yang lebih tua umumnya memiliki lebih banyak pengalaman kerja.
  • Pegawai dengan usia yang lebih tua umumnya memiliki pendidikan yang lebih tinggi.
  • Pegawai dengan usia yang lebih tua umumnya memiliki jaringan yang lebih luas.
  • Pegawai dengan usia yang lebih tua umumnya lebih dihormati dan disegani oleh rekan kerja dan atasannya.

Namun, perlu dicatat bahwa usia bukanlah satu-satunya faktor yang mempengaruhi gaji pegawai BUMN. Faktor-faktor lain seperti jenis perusahaan, jabatan, masa kerja, dan kualifikasi juga turut mempengaruhi besarnya gaji.

Bagi pegawai BUMN yang berusia muda, tidak perlu berkecil hati. Dengan努力 dan dedikasi kerja yang tinggi, serta terus meningkatkan kompetensi, bukan tidak mungkin untuk mendapatkan gaji yang tinggi.

Perlu dicatat bahwa ada beberapa perusahaan BUMN yang memiliki peraturan khusus mengenai usia pegawai. Misalnya, ada beberapa perusahaan BUMN yang membatasi usia pelamar kerja maksimal 35 tahun. Oleh karena itu, bagi pelamar kerja yang berusia di atas 35 tahun, sebaiknya mencari informasi terlebih dahulu mengenai peraturan usia pegawai di perusahaan BUMN yang dilamar.

Pendidikan

Pendidikan juga merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi gaji pegawai BUMN. Semakin tinggi pendidikan seseorang, maka semakin tinggi pula gajinya. Hal ini karena pegawai dengan pendidikan yang lebih tinggi dianggap lebih kompeten dan memiliki keterampilan yang lebih baik.

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa pendidikan mempengaruhi gaji pegawai BUMN:

  • Pegawai dengan pendidikan yang lebih tinggi umumnya memiliki lebih banyak pengetahuan dan keterampilan.
  • Pegawai dengan pendidikan yang lebih tinggi umumnya lebih mudah beradaptasi dengan perubahan.
  • Pegawai dengan pendidikan yang lebih tinggi umumnya lebih mampu berpikir kritis dan menyelesaikan masalah.
  • Pegawai dengan pendidikan yang lebih tinggi umumnya lebih memiliki jiwa kepemimpinan dan manajemen.

Di perusahaan BUMN, ada beberapa posisi yang mengharuskan pegawainya memiliki pendidikan minimal D3 atau S1. Misalnya, posisi seperti akuntan, dokter, insinyur, dan pengacara. Pegawai BUMN dengan pendidikan yang lebih tinggi dari yang dipersyaratkan juga akan mendapatkan gaji yang lebih tinggi.

Bagi pegawai BUMN yang ingin meningkatkan gajinya, salah satu caranya adalah dengan meningkatkan pendidikannya. Misalnya, dengan mengambil kuliah S2 atau S3. Dengan demikian, peluang untuk mendapatkan posisi yang lebih tinggi dan gaji yang lebih besar akan semakin terbuka.

Perlu dicatat bahwa pendidikan bukanlah satu-satunya faktor yang mempengaruhi gaji pegawai BUMN. Faktor-faktor lain seperti jenis perusahaan, jabatan, masa kerja, dan usia juga turut mempengaruhi besarnya gaji.

Lokasi

Lokasi perusahaan BUMN juga mempengaruhi gaji pegawai BUMN. Pegawai BUMN yang bekerja di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, dan Medan umumnya mendapatkan gaji yang lebih tinggi dibandingkan dengan pegawai BUMN yang bekerja di kota-kota kecil.

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa lokasi perusahaan BUMN mempengaruhi gaji pegawai BUMN:

  • Kota-kota besar umumnya memiliki biaya hidup yang lebih tinggi daripada kota-kota kecil.
  • Perusahaan BUMN yang berlokasi di kota-kota besar umumnya lebih besar dan memiliki keuntungan yang lebih besar daripada perusahaan BUMN yang berlokasi di kota-kota kecil.
  • Perusahaan BUMN yang berlokasi di kota-kota besar umumnya lebih kompetitif dalam hal gaji dan tunjangan.

Namun, perlu dicatat bahwa lokasi perusahaan BUMN bukanlah satu-satunya faktor yang mempengaruhi gaji pegawai BUMN. Faktor-faktor lain seperti jenis perusahaan, jabatan, masa kerja, kualifikasi, dan usia juga turut mempengaruhi besarnya gaji.

Bagi pegawai BUMN yang ingin mendapatkan gaji yang lebih tinggi, salah satu caranya adalah dengan bekerja di perusahaan BUMN yang berlokasi di kota-kota besar. Namun, perlu diingat bahwa biaya hidup di kota-kota besar juga umumnya lebih tinggi.

Perlu dicatat bahwa ada beberapa perusahaan BUMN yang memiliki kantor cabang di berbagai kota di Indonesia. Pegawai BUMN yang bekerja di kantor cabang umumnya mendapatkan gaji yang sama dengan pegawai BUMN yang bekerja di kantor pusat. Namun, ada beberapa perusahaan BUMN yang memberikan tunjangan khusus bagi pegawai yang bekerja di kantor cabang, misalnya tunjangan kemahalan.

Tunjangan

Tunjangan juga merupakan salah satu komponen gaji pegawai BUMN. Tunjangan diberikan sebagai tambahan gaji pokok dan berfungsi untuk memenuhi berbagai kebutuhan pegawai BUMN.

Berikut ini adalah beberapa jenis tunjangan yang umum diberikan kepada pegawai BUMN:

  • Tunjangan jabatan
  • Tunjangan kinerja
  • Tunjangan transportasi
  • Tunjangan kesehatan
  • Tunjangan perumahan
  • Tunjangan makan
  • Tunjangan keluarga
  • Tunjangan pendidikan
  • Tunjangan kemahalan

Besaran tunjangan yang diberikan kepada pegawai BUMN bervariasi tergantung pada jenis tunjangan, jabatan, golongan, dan lokasi kerja.

Tunjangan jabatan diberikan kepada pegawai BUMN yang menduduki jabatan tertentu. Besaran tunjangan jabatan tergantung pada jenis jabatan dan golongan.

Tunjangan kinerja diberikan kepada pegawai BUMN yang menunjukkan kinerja yang baik. Besaran tunjangan kinerja tergantung pada penilaian kinerja.

Tunjangan transportasi diberikan kepada pegawai BUMN yang menggunakan kendaraan pribadi untuk keperluan dinas. Besaran tunjangan transportasi tergantung pada jenis kendaraan dan jarak tempuh.

Tunjangan kesehatan diberikan kepada pegawai BUMN dan keluarganya untuk biaya kesehatan. Besaran tunjangan kesehatan tergantung pada jenis layanan kesehatan dan kelas perawatan.

FAQ

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang gaji pegawai BUMN:

Pertanyaan 1: Berapa gaji pegawai BUMN?
Jawaban: Gaji pegawai BUMN bervariasi tergantung pada jenis perusahaan, jabatan, masa kerja, kualifikasi, usia, dan lokasi.

Pertanyaan 2: Apa saja jenis tunjangan yang diberikan kepada pegawai BUMN?
Jawaban: Jenis tunjangan yang diberikan kepada pegawai BUMN antara lain tunjangan jabatan, tunjangan kinerja, tunjangan transportasi, tunjangan kesehatan, tunjangan perumahan, tunjangan makan, tunjangan keluarga, tunjangan pendidikan, dan tunjangan kemahalan.

Pertanyaan 3: Bagaimana cara meningkatkan gaji pegawai BUMN?
Jawaban: Ada beberapa cara untuk meningkatkan gaji pegawai BUMN, di antaranya dengan meningkatkan jabatan, meningkatkan kinerja, meningkatkan kualifikasi, dan meningkatkan usia.

Pertanyaan 4: Apa saja faktor yang mempengaruhi gaji pegawai BUMN?
Jawaban: Faktor-faktor yang mempengaruhi gaji pegawai BUMN antara lain jenis perusahaan, jabatan, masa kerja, kualifikasi, usia, dan lokasi.

Pertanyaan 5: Apakah gaji pegawai BUMN lebih tinggi dari gaji pegawai pemerintah lainnya?
Jawaban: Secara umum, gaji pegawai BUMN lebih tinggi dari gaji pegawai pemerintah lainnya.

Pertanyaan 6: Bagaimana cara mengetahui informasi tentang gaji pegawai BUMN?
Jawaban: Informasi tentang gaji pegawai BUMN dapat diperoleh dari berbagai sumber, seperti situs web resmi perusahaan BUMN, media massa, dan lembaga penelitian.

Pertanyaan 7: Apakah ada perbedaan gaji antara pegawai BUMN pria dan wanita?
Jawaban: Secara umum, tidak ada perbedaan gaji antara pegawai BUMN pria dan wanita.

Demikian beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang gaji pegawai BUMN. Semoga bermanfaat.

Selain informasi tentang gaji pegawai BUMN, berikut ini adalah beberapa tips untuk mendapatkan gaji yang lebih tinggi di perusahaan BUMN:

Tips

Berikut ini adalah beberapa tips untuk mendapatkan gaji yang lebih tinggi di perusahaan BUMN:

1. Pilih perusahaan BUMN yang tepat

Setiap perusahaan BUMN memiliki kebijakan gaji yang berbeda-beda. Oleh karena itu, penting untuk memilih perusahaan BUMN yang tepat yang menawarkan gaji yang kompetitif.

2. Tingkatkan jabatan

Salah satu cara untuk meningkatkan gaji di perusahaan BUMN adalah dengan meningkatkan jabatan. Semakin tinggi jabatan seseorang, semakin tinggi pula gajinya.

3. Tingkatkan kinerja

Pegawai BUMN yang menunjukkan kinerja yang baik biasanya akan mendapatkan gaji yang lebih tinggi. Oleh karena itu, penting untuk selalu menunjukkan kinerja yang baik dan berusaha untuk melampaui target.

4. Tingkatkan kualifikasi

Pegawai BUMN yang memiliki kualifikasi yang tinggi biasanya akan mendapatkan gaji yang lebih tinggi. Oleh karena itu, penting untuk terus belajar dan meningkatkan kualifikasi.

5. Negosiasikan gaji

Ketika melamar pekerjaan di perusahaan BUMN, jangan takut untuk menegosiasikan gaji. Pastikan untuk mengajukan gaji yang sesuai dengan pengalaman, kualifikasi, dan kompetensi.

Demikian beberapa tips untuk mendapatkan gaji yang lebih tinggi di perusahaan BUMN. Semoga bermanfaat.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat meningkatkan peluang untuk mendapatkan gaji yang lebih tinggi di perusahaan BUMN.

Conclusion

Gaji pegawai BUMN bervariasi tergantung pada jenis perusahaan, jabatan, masa kerja, kualifikasi, usia, dan lokasi. Namun, secara umum, gaji pegawai BUMN lebih tinggi dari gaji pegawai pemerintah lainnya.

Selain gaji pokok, pegawai BUMN juga berhak mendapatkan berbagai tunjangan, seperti tunjangan jabatan, tunjangan kinerja, tunjangan transportasi, tunjangan kesehatan, tunjangan perumahan, tunjangan makan, tunjangan keluarga, tunjangan pendidikan, dan tunjangan kemahalan.

Untuk mendapatkan gaji yang lebih tinggi di perusahaan BUMN, pegawai BUMN dapat meningkatkan jabatan, meningkatkan kinerja, meningkatkan kualifikasi, dan meningkatkan usia.

Demikian informasi tentang gaji pegawai BUMN. Semoga bermanfaat.

Jika Anda tertarik untuk bekerja di perusahaan BUMN, ada baiknya untuk mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Pastikan untuk memiliki kualifikasi yang dibutuhkan dan mengikuti seleksi dengan serius. Dengan demikian, peluang untuk diterima bekerja di perusahaan BUMN akan semakin besar.

Images References :

Check Also

gaji pegawai rumah sakit

Gaji Pegawai Rumah Sakit: Berapa Nominalnya dan Faktor yang Memengaruhinya

Sebagai salah satu profesi yang sangat penting dalam sektor kesehatan, gaji pegawai rumah sakit menjadi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *