Berapa Gaji Masinis KAI?


Berapa Gaji Masinis KAI?

Masinis KAI merupakan salah satu profesi yang cukup penting dan memiliki tanggung jawab yang besar. Mereka bertugas untuk mengoperasikan lokomotif kereta api dan memastikan keselamatan perjalanan kereta api. Dengan tanggung jawab yang besar tersebut, tentunya gaji yang diterima oleh masinis KAI juga cukup tinggi.

Gaji masinis KAI sendiri ditentukan berdasarkan beberapa faktor, seperti golongan pangkat, masa kerja, dan tunjangan-tunjangan yang diterima. Namun, secara umum, gaji pokok yang diterima oleh masinis KAI berkisar antara Rp2.500.000 hingga Rp6.000.000 per bulan. Selain gaji pokok, masinis KAI juga menerima berbagai tunjangan, seperti tunjangan jabatan, tunjangan kinerja, tunjangan makan, dan tunjangan perumahan.

Dengan gaji dan tunjangan yang diterima tersebut, masinis KAI dapat dikatakan sebagai salah satu profesi yang cukup menjanjikan. Namun, untuk menjadi seorang masinis KAI, tentunya tidak mudah. Selain harus memiliki pendidikan dan pelatihan khusus, calon masinis KAI juga harus lolos seleksi yang cukup ketat.

berapa gaji masinis kai

Pekerjaan penting, tanggung jawab besar.

  • Gaji pokok Rp2.500.000 – Rp6.000.000
  • Tunjangan jabatan, kinerja, makan, perumahan
  • Pendidikan dan pelatihan khusus
  • Seleksi ketat
  • Profesi menjanjikan
  • Jam kerja panjang
  • Risiko tinggi
  • Tanggung jawab besar
  • Kepuasan kerja
  • Kontribusi penting

Gaji masinis KAI cukup tinggi, namun pekerjaan ini juga memiliki jam kerja yang panjang, risiko yang tinggi, dan tanggung jawab yang besar. Namun, kepuasan kerja dan kontribusi penting yang diberikan membuat profesi ini tetap diminati.

Gaji pokok Rp2.500.000 – Rp6.000.000

Gaji pokok masinis KAI berkisar antara Rp2.500.000 hingga Rp6.000.000 per bulan. Nominal gaji yang diterima tergantung pada beberapa faktor, seperti golongan pangkat dan masa kerja.

  • Golongan pangkat

    Masinis KAI dibagi menjadi beberapa golongan pangkat, mulai dari golongan I hingga golongan IV. Semakin tinggi golongan pangkat, semakin tinggi pula gaji pokok yang diterima.

  • Masa kerja

    Masa kerja juga mempengaruhi gaji pokok masinis KAI. Semakin lama masa kerja, semakin tinggi pula gaji pokok yang diterima.

  • Prestasi kerja

    Masinis KAI yang memiliki prestasi kerja yang baik akan mendapatkan gaji pokok yang lebih tinggi.

  • Lokasi penempatan

    Gaji pokok masinis KAI juga dapat berbeda-beda tergantung pada lokasi penempatan. Masinis KAI yang ditempatkan di daerah terpencil atau daerah dengan biaya hidup yang tinggi akan mendapatkan gaji pokok yang lebih tinggi.

Selain gaji pokok, masinis KAI juga menerima berbagai tunjangan, seperti tunjangan jabatan, tunjangan kinerja, tunjangan makan, dan tunjangan perumahan. Dengan gaji pokok dan tunjangan-tunjangan tersebut, masinis KAI dapat dikatakan sebagai salah satu profesi yang cukup menjanjikan.

Tunjangan jabatan, kinerja, makan, perumahan

Selain gaji pokok, masinis KAI juga menerima berbagai tunjangan, seperti tunjangan jabatan, tunjangan kinerja, tunjangan makan, dan tunjangan perumahan.

Tunjangan jabatan diberikan kepada masinis KAI berdasarkan golongan pangkatnya. Semakin tinggi golongan pangkat, semakin tinggi pula tunjangan jabatan yang diterima.

Tunjangan kinerja diberikan kepada masinis KAI berdasarkan prestasi kerja. Masinis KAI yang memiliki prestasi kerja yang baik akan mendapatkan tunjangan kinerja yang lebih tinggi.

Tunjangan makan diberikan kepada masinis KAI untuk biaya makan selama bertugas. Tunjangan makan ini dibayarkan harian.

Tunjangan perumahan diberikan kepada masinis KAI untuk biaya sewa atau cicilan rumah. Tunjangan perumahan ini dibayarkan bulanan.

Besaran tunjangan-tunjangan tersebut bervariasi tergantung pada kebijakan perusahaan. Namun, secara umum, tunjangan-tunjangan tersebut dapat menambah penghasilan masinis KAI hingga 50% dari gaji pokok.

Dengan gaji pokok dan tunjangan-tunjangan tersebut, masinis KAI dapat dikatakan sebagai salah satu profesi yang cukup menjanjikan. Namun, untuk menjadi seorang masinis KAI, tentunya tidak mudah. Selain harus memiliki pendidikan dan pelatihan khusus, calon masinis KAI juga harus lolos seleksi yang cukup ketat.

Pendidikan dan pelatihan khusus

Untuk menjadi seorang masinis KAI, diperlukan pendidikan dan pelatihan khusus. Pendidikan dan pelatihan ini bertujuan untuk membekali calon masinis KAI dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menjalankan lokomotif kereta api dan memastikan keselamatan perjalanan kereta api.

Pendidikan dan pelatihan khusus untuk masinis KAI dilaksanakan oleh Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) KAI. Pusdiklat KAI berlokasi di Bandung, Jawa Barat.

Pendidikan dan pelatihan khusus untuk masinis KAI meliputi:

  • Teori dasar perkeretaapian, seperti sejarah perkeretaapian, peraturan perkeretaapian, dan struktur organisasi KAI.
  • Konstruksi dan perawatan lokomotif kereta api, seperti pengenalan komponen-komponen lokomotif, cara kerja lokomotif, dan perawatan lokomotif.
  • Operasional lokomotif kereta api, seperti cara mengoperasikan lokomotif, cara mengatasi gangguan lokomotif, dan cara mengemudikan kereta api.
  • Keselamatan perjalanan kereta api, seperti peraturan keselamatan perjalanan kereta api, cara mencegah kecelakaan kereta api, dan cara menangani kecelakaan kereta api.

Pendidikan dan pelatihan khusus untuk masinis KAI berlangsung selama kurang lebih 1 tahun. Setelah lulus pendidikan dan pelatihan khusus, calon masinis KAI akan menjalani masa magang selama 6 bulan sebelum akhirnya dapat bertugas sebagai masinis KAI.

Dengan pendidikan dan pelatihan khusus yang ketat, masinis KAI diharapkan dapat menjalankan lokomotif kereta api dengan aman dan selamat. Masinis KAI juga diharapkan dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada penumpang kereta api.

Seleksi ketat

Untuk menjadi seorang masinis KAI, calon masinis harus melalui seleksi yang ketat. Seleksi ini bertujuan untuk mendapatkan calon masinis yang terbaik dan memenuhi persyaratan yang dibutuhkan.

  • Persyaratan umum

    Calon masinis KAI harus memenuhi persyaratan umum, seperti batas usia, pendidikan minimal, dan kesehatan jasmani dan rohani yang baik.

  • Tes tertulis

    Calon masinis KAI harus mengikuti tes tertulis yang meliputi ujian pengetahuan umum, ujian matematika, ujian fisika, dan ujian bahasa Inggris.

  • Tes kesehatan

    Calon masinis KAI harus mengikuti tes kesehatan yang meliputi pemeriksaan fisik, pemeriksaan darah, dan pemeriksaan urine.

  • Tes psikologi

    Calon masinis KAI harus mengikuti tes psikologi untuk menilai kepribadian, kecerdasan, dan kestabilan emosi.

  • Tes praktik

    Calon masinis KAI harus mengikuti tes praktik yang meliputi pengoperasian lokomotif kereta api dan penanganan situasi darurat.

Calon masinis KAI yang dinyatakan lulus seleksi akan mengikuti pendidikan dan pelatihan khusus untuk masinis KAI. Setelah lulus pendidikan dan pelatihan khusus, calon masinis KAI akan menjalani masa magang selama 6 bulan sebelum akhirnya dapat bertugas sebagai masinis KAI.

Profesi menjanjikan

Profesi masinis KAI merupakan salah satu profesi yang menjanjikan. Hal ini karena masinis KAI memiliki gaji yang tinggi, tunjangan yang lengkap, dan kesempatan karier yang baik.

Gaji masinis KAI berkisar antara Rp2.500.000 hingga Rp6.000.000 per bulan. Selain gaji pokok, masinis KAI juga menerima berbagai tunjangan, seperti tunjangan jabatan, tunjangan kinerja, tunjangan makan, dan tunjangan perumahan. Dengan gaji pokok dan tunjangan-tunjangan tersebut, masinis KAI dapat dikatakan sebagai salah satu profesi yang cukup menjanjikan.

Masinis KAI juga memiliki kesempatan karier yang baik. Masinis KAI dapat naik pangkat hingga menjadi kepala stasiun atau bahkan direktur perusahaan kereta api. Selain itu, masinis KAI juga dapat mengikuti berbagai pelatihan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuannya.

Namun, untuk menjadi seorang masinis KAI, tentunya tidak mudah. Calon masinis KAI harus melalui seleksi yang ketat dan pendidikan dan pelatihan khusus. Selain itu, masinis KAI juga harus memiliki tanggung jawab yang besar karena keselamatan penumpang dan barang tergantung pada mereka.

Bagi yang berminat menjadi seorang masinis KAI, sebaiknya mempersiapkan diri dengan baik. Calon masinis KAI harus memiliki pendidikan dan pelatihan yang sesuai, serta memiliki fisik dan mental yang kuat.

Jam kerja panjang

Masinis KAI memiliki jam kerja yang panjang. Mereka harus siap bekerja selama berjam-jam, bahkan hingga 12 jam per hari. Hal ini karena perjalanan kereta api seringkali memakan waktu lama dan masinis KAI harus memastikan keselamatan penumpang selama perjalanan.

Jam kerja yang panjang ini tentunya dapat berdampak pada kesehatan dan kehidupan pribadi masinis KAI. Masinis KAI harus memiliki fisik yang kuat dan stamina yang baik untuk dapat bekerja selama berjam-jam. Selain itu, masinis KAI juga harus pandai mengatur waktu agar dapat memiliki waktu yang cukup untuk keluarga dan kehidupan pribadi.

Untuk mengatasi masalah jam kerja yang panjang, KAI biasanya mengatur jadwal kerja masinis KAI dengan sistem shift. Dengan sistem shift, masinis KAI dapat bekerja secara bergantian sehingga tidak harus bekerja selama berjam-jam setiap hari.

Namun, meskipun sudah diatur dengan sistem shift, jam kerja masinis KAI tetap saja panjang. Hal ini karena perjalanan kereta api seringkali tidak dapat diprediksi. Misalnya, jika terjadi gangguan perjalanan kereta api, maka masinis KAI harus bekerja lebih lama untuk menyelesaikan gangguan tersebut.

Bagi yang berminat menjadi seorang masinis KAI, sebaiknya mempersiapkan diri untuk bekerja dengan jam kerja yang panjang. Calon masinis KAI harus memiliki fisik yang kuat dan stamina yang baik, serta pandai mengatur waktu.

Risiko tinggi

Masinis KAI memiliki risiko kerja yang tinggi. Hal ini karena mereka harus mengoperasikan lokomotif kereta api yang membawa banyak penumpang dan barang. Selain itu, masinis KAI juga harus menghadapi berbagai kondisi cuaca dan medan yang berbeda-beda.

Berikut ini adalah beberapa risiko kerja yang dihadapi oleh masinis KAI:

  • Kecelakaan kereta api

    Kecelakaan kereta api dapat terjadi kapan saja dan di mana saja. Masinis KAI harus selalu waspada dan berhati-hati untuk mencegah terjadinya kecelakaan.

  • Gangguan perjalanan kereta api

    Gangguan perjalanan kereta api dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti cuaca buruk, kerusakan rel kereta api, atau adanya rintangan di rel kereta api. Masinis KAI harus sigap menghadapi gangguan perjalanan kereta api agar keselamatan penumpang dan barang tetap terjaga.

  • Serangan penyakit

    Masinis KAI seringkali bekerja di lingkungan yang kurang sehat, seperti di dalam lokomotif kereta api yang tertutup dan berdebu. Hal ini dapat membuat masinis KAI rentan terserang penyakit, seperti penyakit pernapasan dan penyakit kulit.

  • Stres kerja

    Masinis KAI memiliki tanggung jawab yang besar, yaitu keselamatan penumpang dan barang. Hal ini dapat menyebabkan stres kerja yang tinggi bagi masinis KAI.

Meskipun memiliki risiko kerja yang tinggi, masinis KAI tetap merupakan profesi yang penting dan dibutuhkan. Masinis KAI berperan penting dalam mengangkut penumpang dan barang dari satu tempat ke tempat lain dengan selamat dan tepat waktu.

Tanggung jawab besar

Masinis KAI memiliki tanggung jawab yang besar, yaitu keselamatan penumpang dan barang. Hal ini karena masinis KAI mengoperasikan lokomotif kereta api yang membawa banyak penumpang dan barang. Selain itu, masinis KAI juga harus memastikan perjalanan kereta api berjalan lancar dan tepat waktu.

  • Keselamatan penumpang dan barang

    Masinis KAI bertanggung jawab penuh atas keselamatan penumpang dan barang yang berada di dalam kereta api. Masinis KAI harus selalu waspada dan berhati-hati untuk mencegah terjadinya kecelakaan kereta api.

  • Kelancaran perjalanan kereta api

    Masinis KAI bertanggung jawab untuk memastikan perjalanan kereta api berjalan lancar dan tepat waktu. Masinis KAI harus pandai mengatur perjalanan kereta api agar tidak terjadi keterlambatan atau gangguan perjalanan.

  • Penanganan gangguan perjalanan kereta api

    Masinis KAI harus siap menghadapi gangguan perjalanan kereta api, seperti cuaca buruk, kerusakan rel kereta api, atau adanya rintangan di rel kereta api. Masinis KAI harus sigap mengambil tindakan untuk mengatasi gangguan perjalanan kereta api agar keselamatan penumpang dan barang tetap terjaga.

  • Ketepatan waktu perjalanan kereta api

    Masinis KAI bertanggung jawab untuk memastikan perjalanan kereta api tiba di stasiun tujuan tepat waktu. Masinis KAI harus pandai mengatur perjalanan kereta api agar tidak terjadi keterlambatan.

Tanggung jawab yang besar ini tentunya membuat profesi masinis KAI menjadi sangat penting. Masinis KAI merupakan ujung tombak keselamatan dan kelancaran perjalanan kereta api.

Kepuasan kerja

Meskipun memiliki jam kerja yang panjang, risiko kerja yang tinggi, dan tanggung jawab yang besar, namun banyak masinis KAI yang merasa puas dengan pekerjaannya. Hal ini karena profesi masinis KAI memiliki beberapa kelebihan, seperti:

  • Gaji dan tunjangan yang tinggi

    Masinis KAI memiliki gaji dan tunjangan yang tinggi dibandingkan dengan profesi lainnya. Hal ini tentunya menjadi salah satu faktor yang membuat masinis KAI merasa puas dengan pekerjaannya.

  • Pekerjaan yang menantang

    Pekerjaan masinis KAI sangat menantang. Masinis KAI harus selalu waspada dan berhati-hati untuk memastikan keselamatan penumpang dan barang. Selain itu, masinis KAI juga harus menghadapi berbagai kondisi cuaca dan medan yang berbeda-beda. Tantangan-tantangan inilah yang membuat pekerjaan masinis KAI menjadi menarik dan tidak membosankan.

  • Kesempatan untuk bertemu banyak orang

    Sebagai masinis KAI, setiap hari akan bertemu dengan banyak orang, mulai dari penumpang hingga sesama pekerja kereta api. Hal ini tentunya membuat pekerjaan masinis KAI menjadi lebih menyenangkan dan tidak monoton.

  • Peran penting dalam masyarakat

    Masinis KAI memiliki peran penting dalam masyarakat. Masinis KAI berperan penting dalam mengangkut penumpang dan barang dari satu tempat ke tempat lain dengan selamat dan tepat waktu. Kesadaran akan peran penting inilah yang membuat banyak masinis KAI merasa puas dengan pekerjaannya.

Kepuasan kerja merupakan salah satu faktor penting yang membuat masinis KAI betah bekerja di perusahaan kereta api. Masinis KAI yang merasa puas dengan pekerjaannya akan lebih produktif dan memberikan pelayanan yang lebih baik kepada penumpang.

Kontribusi penting

Masinis KAI memiliki kontribusi penting dalam pembangunan dan kemajuan negara. Masinis KAI berperan penting dalam mengangkut penumpang dan barang dari satu tempat ke tempat lain dengan selamat dan tepat waktu. Hal ini tentunya mendukung kegiatan ekonomi dan sosial masyarakat.

Berikut ini adalah beberapa kontribusi penting masinis KAI:

  • Mendukung kegiatan ekonomi

    Masinis KAI berperan penting dalam mendukung kegiatan ekonomi masyarakat. Masinis KAI mengangkut barang-barang produksi dari satu tempat ke tempat lain sehingga barang-barang tersebut dapat sampai ke tangan konsumen dengan cepat dan tepat waktu. Selain itu, masinis KAI juga mengangkut penumpang yang hendak melakukan perjalanan bisnis atau mencari pekerjaan.

  • Mendukung kegiatan sosial

    Masinis KAI juga berperan penting dalam mendukung kegiatan sosial masyarakat. Masinis KAI mengangkut penumpang yang hendak melakukan perjalanan untuk mengunjungi keluarga, teman, atau menghadiri acara-acara sosial lainnya. Selain itu, masinis KAI juga mengangkut barang-barang bantuan sosial, seperti makanan, pakaian, dan obat-obatan.

  • Memajukan pariwisata

    Masinis KAI berperan penting dalam memajukan pariwisata di Indonesia. Masinis KAI mengangkut wisatawan dari satu tempat wisata ke tempat wisata lainnya. Selain itu, masinis KAI juga mengangkut barang-barang kebutuhan wisatawan, seperti makanan, minuman, dan oleh-oleh.

  • Menciptakan lapangan kerja

    Masinis KAI juga berperan penting dalam menciptakan lapangan kerja. Masinis KAI bekerja sama dengan berbagai pihak, seperti perusahaan kereta api, stasiun kereta api, dan depo kereta api. Hal ini tentunya menciptakan lapangan kerja bagi banyak orang.

Kontribusi penting masinis KAI tersebut tentunya sangat bermanfaat bagi pembangunan dan kemajuan negara. Masinis KAI merupakan salah satu pahlawan transportasi yang默默貢献ingung di balik layar.

FAQ

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang gaji masinis KAI:

Question 1: Berapa gaji pokok masinis KAI?
Answer 1: Gaji pokok masinis KAI berkisar antara Rp2.500.000 hingga Rp6.000.000 per bulan. Nominal gaji yang diterima tergantung pada beberapa faktor, seperti golongan pangkat dan masa kerja.

Question 2: Apa saja tunjangan yang diterima masinis KAI?
Answer 2: Masinis KAI menerima berbagai tunjangan, seperti tunjangan jabatan, tunjangan kinerja, tunjangan makan, dan tunjangan perumahan.

Question 3: Berapa total gaji yang diterima masinis KAI?
Answer 3: Total gaji yang diterima masinis KAI tergantung pada gaji pokok, tunjangan-tunjangan, dan potongan-potongan. Namun, secara umum, total gaji yang diterima masinis KAI berkisar antara Rp4.000.000 hingga Rp8.000.000 per bulan.

Question 4: Apakah gaji masinis KAI cukup tinggi?
Answer 4: Gaji masinis KAI termasuk tinggi dibandingkan dengan upah minimum regional (UMR). Namun, gaji masinis KAI juga sebanding dengan tanggung jawab yang mereka emban.

Question 5: Apa saja faktor yang mempengaruhi gaji masinis KAI?
Answer 5: Gaji masinis KAI dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti golongan pangkat, masa kerja, prestasi kerja, dan lokasi penempatan.

Question 6: Bagaimana cara menjadi masinis KAI?
Answer 6: Untuk menjadi masinis KAI, calon masinis harus memenuhi persyaratan umum, mengikuti tes tertulis, tes kesehatan, tes psikologi, dan tes praktik. Setelah lulus seleksi, calon masinis KAI akan mengikuti pendidikan dan pelatihan khusus untuk masinis KAI.

Demikian beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang gaji masinis KAI. Semoga bermanfaat.

Bagi yang berminat menjadi masinis KAI, sebaiknya mempersiapkan diri dengan baik. Calon masinis KAI harus memiliki pendidikan dan pelatihan yang sesuai, serta memiliki fisik dan mental yang kuat.

Tips

Bagi yang berminat menjadi masinis KAI dan ingin mendapatkan gaji yang tinggi, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat diikuti:

Tip 1: Tingkatkan golongan pangkat
Golongan pangkat merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi gaji masinis KAI. Semakin tinggi golongan pangkat, semakin tinggi pula gaji yang diterima. Untuk meningkatkan golongan pangkat, masinis KAI harus mengikuti pendidikan dan pelatihan khusus, serta memiliki prestasi kerja yang baik.

Tip 2: Perpanjang masa kerja
Masa kerja juga mempengaruhi gaji masinis KAI. Semakin lama masa kerja, semakin tinggi pula gaji yang diterima. Oleh karena itu, masinis KAI sebaiknya bekerja di perusahaan kereta api yang sama dalam jangka waktu yang lama.

Tip 3: Tingkatkan prestasi kerja
Prestasi kerja merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi gaji masinis KAI. Masinis KAI yang memiliki prestasi kerja yang baik akan mendapatkan gaji yang lebih tinggi. Untuk meningkatkan prestasi kerja, masinis KAI harus selalu disiplin, bertanggung jawab, dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada penumpang.

Tip 4: Pilih lokasi penempatan yang tepat
Lokasi penempatan juga mempengaruhi gaji masinis KAI. Masinis KAI yang ditempatkan di daerah terpencil atau daerah dengan biaya hidup yang tinggi akan mendapatkan gaji yang lebih tinggi. Oleh karena itu, masinis KAI sebaiknya memilih lokasi penempatan yang tepat.

Demikian beberapa tips yang dapat diikuti oleh masinis KAI untuk mendapatkan gaji yang tinggi. Semoga bermanfaat.

Selain mengikuti tips-tips di atas, masinis KAI juga harus selalu bersyukur dengan gaji yang diterima. Gaji masinis KAI sudah termasuk tinggi dibandingkan dengan upah minimum regional (UMR). Oleh karena itu, masinis KAI sebaiknya bekerja dengan ikhlas dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada penumpang.

Conclusion

Gaji masinis KAI merupakan salah satu faktor yang menarik minat banyak orang untuk melamar pekerjaan sebagai masinis KAI. Namun, perlu diingat bahwa gaji yang tinggi tersebut sebanding dengan tanggung jawab yang besar yang harus diemban oleh seorang masinis KAI.

Masinis KAI bertanggung jawab penuh atas keselamatan penumpang dan barang yang berada di dalam kereta api. Selain itu, masinis KAI juga harus memastikan perjalanan kereta api berjalan lancar dan tepat waktu. Untuk dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab tersebut dengan baik, masinis KAI harus memiliki pendidikan dan pelatihan khusus, serta memiliki fisik dan mental yang kuat.

Bagi yang berminat menjadi masinis KAI, sebaiknya mempersiapkan diri dengan baik. Calon masinis KAI harus memiliki pendidikan dan pelatihan yang sesuai, serta memiliki fisik dan mental yang kuat. Selain itu, calon masinis KAI juga harus siap bekerja dengan jam kerja yang panjang, risiko kerja yang tinggi, dan tanggung jawab yang besar.

Namun, jika semua itu dapat dipenuhi, maka profesi masinis KAI dapat menjadi pilihan karier yang menjanjikan. Masinis KAI memiliki gaji yang tinggi, tunjangan yang lengkap, kesempatan karier yang baik, dan kontribusi penting dalam pembangunan dan kemajuan negara.

Images References :

Check Also

pengertian doa menurut bahasa dan istilah

Pengertian Doa Menurut Agama dan Istilahnya

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering mendengar dan mengucapkan kata “doa”. Doa merupakan salah satu cara …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *